July
31
2024
     17:27

Sinergi ONE Pertamina, PTK Dukung Pertamina Lubricants Perkuat Distribusi Pelumas

Sinergi ONE Pertamina, PTK Dukung Pertamina Lubricants Perkuat Distribusi Pelumas
ILUSTRASI. PTK dan PT Pertamina Lubricants (PTPL) tingkatkan sinergi ONE Pertamina melalui kontrak kerjasama untuk memperkuat kegiatan jasa kelautan dan jasa kepelabuhan untuk muatan tanker base oil, yang merupakan bahan baku pelumas Pertamina.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - PT Pertamina Trans Kontinental (PTK) dan PT Pertamina Lubricants (PTPL) tingkatkan sinergi ONE Pertamina melalui kontrak kerjasama untuk memperkuat kegiatan jasa kelautan dan jasa kepelabuhan untuk muatan tanker base oil, yang merupakan bahan baku pelumas Pertamina.

Kerjasama antara dua entitas Pertamina Group ini mencakup jasa ship provider atau penyediaan kapal seperti penyediaan kapal – kapal ringan (KKR), logistic services berupa jasa terminal operator termasuk mooring unmooring dalam mendukung bongkar buat muatan Tanker Lube Oil Base (LBO), jasa marine services seperti Oil Spill Response untuk mengantisipasi adanya tumpahan minyak saat bongkar muat berlangsung, dan jasa kelautan lainnya.

Perjanjian kerjasama ini ditandatangani langsung oleh Direktur Utama PTPL, Werry Prayogi dengan Direktur Utama PTK, I Ketut Laba pada selasa (30/7) siang di Jakarta.

Direktur Utama PTK, I Ketut Laba optimis atas kolaborasi yang terjalin dan memastikan services PTK dilakukan dengan excellence serta mematuhi aspek Health, Safety, Security, and Environment (HSSE).

“Kerjasama ini sejalan dengan komitmen PTK dalam melakukan penyediaan kapal dan operator terminal yang handal, didukung oleh armada dan kru kapal yang professional, berintegritas, dan patuh pada aspek HSSE. Juga menciptakan mutual effect bagi dua entitas Pertamina dan menguatkan ONE PERTAMINA sebagai wujud optimalisasi resources dan kapabilitas BUMN untuk mencapai tujuan bersama,” ujar I Ketut Laba.

Kerjasama ini merupakan tonggak penting dalam memperkuat dan meningkatkan efisiensi layanan dalam rantai pasok energi nasional terutama bagi PTPL sebagai bagian dari Sub Holding Commercial & Trading (SH C&T). PTK yang merupakan bagian dari Sub Holding Integrated Marine Logistics (SH IML) yang berkomitmen untuk memanfaatkan dan mengembangkan kekuatan dalam industri kepelabuhan, layanan marine logistik terdepan di dunia.

“Adanya kerjasama ini mencerminkan komitmen Pertamina Lubricants untuk mempercepat rantai proses distribusi dengan bekerja sama dengan PT Pertamina Trans Kontinental. Semoga dengan pengalaman PTK di jasa kelautan dapat meningkatkan kehandalan sarana terminal, percepatan integrated port time, serta kepatuhan terhadap aspek HSSE dan perijinan di pelabuhan". Ujar Direktur Utama Pertamina Lubricants, Werry Prayogi.

Kolaborasi antara PTK dan PTPL ini diharapkan dapat mendukung efisiensi operasional dan mempercepat layanan pelumas bagi para customer.  Kerjasama ini juga diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata bagi Industri dan masyarakat, serta menciptakan Value Creation di Pertamina Group dalam memperkuat posisi sebagai perusahaan yang unggul di sektor energi.

Tentang PT Pertamina Trans Kontinental (PTK)

PT Pertamina Trans Kontinental (“PTK”) didirikan pada tanggal 9 September 1969 dengan nama PT Pertamina Tongkang dan berganti  nama  menjadi  PT  Pertamina  Trans  Kontinental pada  29  November  2011.  PTK  merupakan  Anak  Usaha  dari  PT Pertamina International Shipping (PIS) bagian dari Subholding Integrated Marine Logistic (IML) yang berpengalaman dalam bisnis Pelayaran, Jasa Maritim, Kepelabuhanan dan Logistik dengan bisnis yang didukung oleh Region / Area Kerja yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia dan mengelola 104 pelabuhan Pertamina serta 370 armada kapal yang terus bertransformasi dan tumbuh menjadi perusahaan jasa maritim yang terintegrasi dengan skala global.

Tentang PT Pertamina Lubricants (PTPL)

PT Pertamina Lubricants merupakan anak perusahaan PT Pertamina Patra Niaga Sub Holding Commercial & Trading (C&T) Pertamina yang bergerak dalam bidang produksi, pengolahan, pengangkutan, penyimpanan, penyaluran, dan pemasaran pelumas, grease, dan specialities chemicals berkelas dunia. Pertamina Lubricants mengoperasikan 3 unit produksi di Gresik, Cilacap, dan Jakarta serta 1 unit produksi di Thailand dengan total kapasitas lebih dari 535 juta liter per tahun. Selain memenuhi kebutuhan pasar pelumas di Indonesia yang terus berkembang pesat, saat ini, Pertamina Lubricants juga sudah berekspansi secara global di 14 negara di dunia. Mengembangkan pasar luar negeri merupakan tujuan utama untuk menjadi global champion industri pelumas.

Baca Juga: RUPST Tahun Buku 2023, PTK Cetak Laba Rp1,05 Triliun

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved