May
18
2022
     20:40

Sinar Mas Land Jalin Kemitraan Strategis dengan Palari Group Kembangkan Real Estate

Sinar Mas Land Jalin Kemitraan Strategis dengan Palari Group Kembangkan Real Estate
ILUSTRASI. Sinar Mas Land melebarkan sayap ke Amerika Serikat melalui kemitraan dengan Palari Group untuk mengembangkan proyek hunian berkelanjutan.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Sinarmas Land Limited yang terdaftar di Bursa Efek Singapura melakukan ekspansi ke Amerika Serikat melalui perjanjian usaha patungan atau joint venture agreement bersama Palari Group dalam mengembangkan komunitas hunian cerdas yang berkelanjutan dan berbasis teknologi di California. Perjanjian usaha patungan tersebut diresmikan melalui penandatanganan kemitraan strategis yang dilakukan Michael Widjaja (Group CEO Sinar Mas Land) dan Basil Starr (CEO Palari) pada 29 April 2022.

Kedua perusahaan tersebut bekerja sama untuk mengembangkan proyek hunian yang berkelanjutan serta mengakselerasi pengembangan yang telah didirikan oleh Palari sejak 2014, termasuk 3D-Printed Zero Net Energy Community pertama di dunia yang berlokasi di Greater Palm Springs, California. Untuk kepemilikan, Sinar Mas Land mengakuisisi sebesar 40% saham dari pengembangan proyek tersebut. Sinar Mas Land akan membawa pengalaman mengembangkan kota mandiri BSD City dan sebagai pelopor dalam pengembangan klaster perumahan ke sejumlah proyek Palari di Amerika Serikat.

Group CEO Sinar Mas Land, Michael Widjaja menjelaskan, “Sinar Mas Land fokus untuk memberikan solusi inovatif dan berkelanjutan dalam pengembangannya. Kami terus mencari mitra yang selaras untuk merealisasikan upaya ini. Kemitraan dengan Palari membuka peluang bagi Sinar Mas Land untuk memperluas jejak internasional kami dalam membangun kota cerdas yang berkelanjutan dan bebas karbon ke pasar perumahan terbesar di Amerika Serikat.”

Pada kesempatan yang sama, CEO Palari – Basil Starr menambahkan, “Kami sangat senang mengumumkan kemitraan strategis kami dengan Sinar Mas Land. Pengalaman mereka yang sukses dan sarat akan rekam pengembangan kota yang pintar, berkelanjutan, dan terjangkau sangat sesuai dengan visi Palari untuk menjadi pengembang terkemuka di Amerika Serikat bagi komunitas yang berfokus pada teknologi berkelanjutan.”

Perumahan di Amerika Serikat saat ini mengalami defisit, sebagian besar disebabkan oleh konstruksi tradisional tidak berkembang selama berabad-abad, membuat konstruksi tersebut tidak dapat diprediksi, lambat, dan mahal. Selain itu, kekurangan tenaga kerja dan harga bahan juga telah meningkat dengan cepat yang belum pernah terjadi sebelumnya. Walau dunia semakin peduli dengan pemberdayaan energi, proses konstruksi bangunan masih menyumbang hampir 40% emisi karbon dan konstruksi tradisional sangat boros hingga 30% bahan yang terbuang sia-sia.

Dalam kerja sama ini, kedua belah pihak berkomitmen untuk menghadirkan teknologi pembangunan modular yang akan mempercepat konstruksi dan mengurangi emisi karbon saat proses pembangunan. Kolaborasi antara Palari dan Sinar Mas Land Group akan mengatasi kekurangan perumahan dengan cara mengembangkan rumah modern, berkelanjutan, dan terjangkau di berbagai pasar yang sedang berkembang, dimulai dari California.

Tentang Sinar Mas Land

Sinar Mas Land adalah pengembang properti di Indonesia dengan pengalaman 50 tahun. Sinar Mas Land tercatat di bursa saham Indonesia atas nama PT. Bumi Serpong Damai Tbk, (BSDE). Awal tahun 2011, BSDE telah merampungkan proses akuisisi perusahaan terafiliasi yakni PT Duta Pertiwi Tbk, PT Sinar Mas Teladan dan PT Sinar Mas Wisesa. Akuisisi ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja BSDE terutama portofolio pendapatan dan diversifikasi usaha BSDE.

Sinar Mas Land telah mengembangkan lebih dari 50 proyek di Indonesia. Keberhasilan Sinar Mas Land dengan mengembangkan property & real estate di Indonesia juga diakui oleh lembaga yang kredibel dan independent di dunia dengan mendapatkan berbagai macam penghargaan International yang prestigious seperti MIPIM Award in France (2018), ASEAN Energy Awards (2019), Asia Pacific Property Award (2021), Cambridge IFA’s Global Good Governance Award (2021), Asia Pacific Property Award (2021) dan FIABCI World Prix d’Excellence Awards (2021).

Dengan dukungan tim manajemen yang solid Sinar Mas Land juga dikenal sebagai pengembang kota mandiri (Melalui BSD City Development), serta menjadi pelopor dalam pengembangan konsep perumahan klaster / clustered residential (Kota Wisata, Legenda Wisata, Grand Wisata, dan lain-lain). Disamping itu, Sinar Mas Land juga merupakan pionir pengembangan proyek inovatif Strata Mall / Trade Center (ITC) di Indonesia.

Sinar Mas Land sebagai pengembang properti berupaya untuk mewujudkan kepedulian terhadap masalah pelestarian lingkungan melalui penerapan visi green di setiap proyeknya. Kesadaran perusahaan untuk bertanggung jawab melestarikan lingkungan hidup diwujudkan melalui berbagai program, seperti pembangunan kawasan hijau Green Office Park, sertifikasi Green Building, Mall tanpa dinding yang ramah lingkungan ‘The Breeze’, jalur-jalur pejalan kaki yang nyaman serta berbagai acara untuk membangun kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menjaga kelestarian lingkungan salah satunya melalui penyelenggaraan acara Festival Hijau yang diselenggarakan setiap tahun.

Sejauh ini Sinar Mas Land telah menanam lebih dari tiga juta pohon di area komersial, pedestrian, median jalan, taman lingkungan, dan mengembangkan taman kota serta hutan kota. Inisiatif dan komitmen terhadap masalah sosial juga terus dilakukan melalui program-program CSR yang memberi kesempatan masyarakat sekitar dan usaha kecil dengan dapat menikmati pembangunan yang dilakukan Sinar Mas Land seperti penyediaan tempat usaha untuk 3.000 pelaku UMKM di Pasar-pasar tradisional dan taman jajan kaki lima serta program-program CSR lainnya.

Sinar Mas Land memiliki mitra strategis yang kuat seperti Sojitz Japan, Aeon, Itochu-Japan yang sudah berlangsung selama 25 tahun, Mitsubishi Corporation, Hongkong Land serta mitra lokal seperti Kompas Gramedia dan Kalbe.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2022 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved