August
22
2024
     18:44

Simak UMKM Kuliner Pemenang Ajang Terbukti NYAM! 2024 di Tokopedia dan ShopTokopedia

Simak UMKM Kuliner Pemenang Ajang Terbukti NYAM! 2024 di Tokopedia dan ShopTokopedia
ILUSTRASI. Para pelaku usaha makanan dan minuman lokal yang terpilih sebagai UMKM kuliner pemenang ?Terbukti NYAM! 2024? untuk 10 kategori, yaitu Kopi Paling Hype, Snack Ter-Hits, Dessert Ter-Populer, Makanan Sehat Ter-Enak, Roti Pilihan Terbaik, Kuliner Paling Disukai, Minuman Ter-Inovatif/Ter-Segar, Hampers Ter-Favorit, Oleh-Oleh Ter-Istimewa, dan Cokelat Lokal Ter-Nikmat.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Tokopedia dan ShopTokopedia melalui ajang apresiasi Terbukti NYAM! 2024 kembali mengumumkan 10 pelaku usaha kuliner pilihan masyarakat yang ditentukan berdasarkan berbagai kriteria, termasuk voting yang dikumpulkan lewat halaman Tokopedia NYAM! sepanjang 8 Juli-9 Agustus 2024 lalu.

Menurut Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2023, kontribusi industri makanan dan minuman (makmin) terhadap PDB nasional terus menunjukkan tren positif, terbukti dari peningkatan yang mencapai 6,5%. “UMKM lokal merupakan salah satu motor penggerak industri makanan dan minuman hingga keseluruhan ekonomi Indonesia. Tokopedia dan ShopTokopedia terus berupaya membantu dengan memberikan panggung luas kepada pelaku usaha lokal makanan dan minuman untuk meraja di negeri sendiri, salah satunya dengan kembali menggelar Terbukti NYAM! 2024,” ungkap Category Development Senior Lead Tokopedia dan ShopTokopedia, Sherine Pranata.

“Melalui Terbukti NYAM! 2024, Tokopedia dan ShopTokopedia ingin membuat produk kuliner UMKM lokal semakin dikenal dan menjadi pilihan utama masyarakat. Kami sangat mengapresiasi antusiasme tinggi masyarakat yang telah memberikan voting pada pelaku usaha lokal kuliner pilihannya. Tahun ini, jumlah votes yang terkumpul 7 kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan tahun lalu,” kata  Sherine.

Kriteria usaha kuliner terbaik Terbukti NYAM! 2024 dan manfaat bagi pelaku usaha pemenang
Ada 10 kategori nominasi di Terbukti NYAM! 2024, yaitu Kopi Paling Hype, Snack Ter-Hits, Dessert Ter-Populer, Makanan Sehat Ter-Enak, Roti Pilihan Terbaik, Kuliner Paling Disukai, Minuman Ter-Inovatif/Ter-Segar, Hampers Ter-Favorit, Oleh-Oleh Ter-Istimewa, dan Cokelat Lokal Ter-Nikmat. (Daftar pemenang selengkapnya terlampir).

Selain melalui voting masyarakat sepanjang 8 Juli-9 Agustus 2024 lalu, 10 pemenang Terbukti NYAM! 2024 dipilih berdasarkan berbagai kriteria, mulai dari peningkatan penjualan yang signifikan di Tokopedia, pelaku usaha aktif selama setidaknya 1 bulan, memiliki produk terlaris, serta konsistensi menyertakan deskripsi dan foto produk yang relevan, ringkas dan jelas.

Para pemenang Terbukti NYAM! 2024 juga mendapatkan berbagai manfaat untuk menunjang usaha. Selain plakat apresiasi, pemenang bisa memperoleh badge dengan logo Terbukti NYAM! yang dapat meningkatkan kepercayaan pembeli, dukungan pemasaran seperti TopAds dan merchant voucher, peningkatan exposure pada platform Tokopedia yang bisa meningkatkan penjualan dengan sangat signifikan, dan masih banyak lagi. Bahkan pemenang Terbukti NYAM! 2024 juga akan mendapatkan exposure lebih karena akan direkomendasikan oleh para affiliator yang bekerja sama dengan Tokopedia.

Tren belanja online produk makanan dan minuman meningkat berkat ragam inisiatif Tokopedia dan ShopTokopedia
Selain lewat Terbukti NYAM! 2024, Tokopedia dan ShopTokopedia terus berupaya menghadirkan berbagai inisiatif untuk mendukung pengembangan usaha bagi lebih dari 21 juta penjual, termasuk UMKM makanan dan minuman. "Contohnya, kami terus menggencarkan kampanye online Beli Lokal untuk mengusung brand lokal agar menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia. Kampanye Beli Lokal bisa ditemukan baik di aplikasi/situs Tokopedia maupun ShopTokopedia di dalam aplikasi TikTok," jelas Sherine.

"Tokopedia mencatat rata-rata kenaikan penjualan pelaku usaha makanan dan minuman yang ikut kampanye Beli Lokal di Tokopedia mencapai lebih dari 9 kali lipat, jika dibandingkan dengan sebelum bergabung kampanye tersebut. Di sisi lain, volume pesanan yang terjadi di kampanye Beli Lokal di ShopTokopedia meningkat 2,5 kali lipat," jelas Sherine.*

"Tokopedia mencatat penjualan produk makanan dan minuman seperti kopi bubuk naik hampir 2 kali lipat lewat Beli Lokal, jika dibandingkan dengan periode sebelum kampanye berlangsung.

Sedangkan di ShopTokopedia berkat kampanye Beli Lokal, kopi, keripik, coklat dan snack coklat, kue dan hotpot instan adalah produk-produk yang paling diburu masyarakat pada kategori Makanan dan Minuman di ShopTokopedia.

Tokopedia dan ShopTokopedia juga telah menghadirkan Tokopedia Coffee Fest untuk memungkinkan masyarakat mendapatkan beragam produk kopi, mulai dari biji kopi, kopi literan, kopi kapsul, drip bag dan produk olahan kopi lainnya. Lewat Tokopedia Coffee Fest, Tokopedia juga menggandeng pelaku UMKM di industri kopi lokal dari berbagai daerah untuk meluncurkan 'Tokopedia Coffee Blend', sehingga masyarakat bisa menikmati coffee blend sesuai ciri khas masing-masing penjual kopi tersebut.

Tokopedia dan ShopTokopedia berkolaborasi dengan Sustainable Coffee Platform of Indonesia (SCOPI) dan Pemerintah Kabupaten Lahat menghadirkan program 'Pelatihan Pascapanen dan Peningkatan Mutu Biji Kopi' bagi sekitar 1.000 petani lokal kopi di Kabupaten Lahat.

Dengan dukungan dari hulu ke hilir, Tokopedia dan ShopTokopedia berharap program pelatihan bisa dimanfaatkan oleh para petani kopi di Lahat untuk menghasilkan biji kopi yang berkualitas dan menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia.

“Peningkatan tren belanja online mencerminkan keberhasilan upaya Tokopedia dan ShopTokopedia bersama para mitra strategis dalam mendukung kemajuan pelaku usaha lokal kuliner. Kami berharap, Terbukti NYAM! akan terus mendorong inovasi para pelaku usaha lokal makanan dan minuman dalam mengembangkan produknya, serta mempermudah masyarakat dalam memilih beragam produk makanan dan minuman di Tokopedia dan ShopTokopedia,” tutup Sherine.

Daftar Pemenang Terbukti NYAM! 2024

 

No.

Kategori

Pemenang

Nama Produk

1

Kopi Paling Hype

Sakha Coffee Roastery

Biji Kopi Bubuk Arabika Bali Kintamani

2

Snack Ter-Hits

Kyla Food

Seblak Rempah Autentik

3

Dessert Ter-Populer

Pisang Goreng Madu Bu Nanik

Pisang Goreng Madu

4

Makanan Sehat Ter-Enak

Beorganik

Roasted Almond Butter

5

Roti Pilihan Terbaik

MadMILK

Babybuns (Choco-crunch dan Soft Cheese)

6

Kuliner Paling Disukai

Mr Crispy

Sambal Cumi Asin

7

Minuman Ter-Inovatif/Ter-Segar

Matchamu

Matcha Latte Powder

8

Hampers Ter-Favorit

Oma Elly

Hampers Surprise Box

9

Oleh-Oleh Ter-Istimewa

Kartika Sari

Pisang Bolen - Cokelat Keju

10

Cokelat Lokal Ter-Nikmat

D’Lanier

Dark Chocolate 100% Sugar Free

Tentang Tokopedia

Tokopedia, perusahaan teknologi Indonesia, memiliki misi mencapai pemerataan ekonomi secara digital. Visi Tokopedia adalah membangun sebuah Super Ecosystem dimana siapa pun bisa memulai dan menemukan apa pun. Saat ini, Tokopedia memberdayakan jutaan penjual dan pengguna melalui marketplace (Tokopedia dan ShopTokopedia) dan produk digital, fintech dan pembayaran, logistik dan fulfillment, serta Mitra Tokopedia.

Baca Juga: Penjualan Pelaku Usaha Bisa Naik 7 Kali Lipat Berkat Live Shopping di ShopTokopedia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved