August
30
2022
     10:13

SIG Raih Lima Penghargaan dalam Ajang Nusantara CSR Awards 2022

SIG Raih Lima Penghargaan dalam Ajang Nusantara CSR Awards 2022
ILUSTRASI. Chairman The La Tofi School of CSR, La Tofi (dua dari kanan), menyerahkan Penghargaan Nusantara CSR Awards 2022 kepada Hendra, Departemen Komunikasi dan Hukum PT Semen Gresik di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Jumat (26/8).

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) meraih lima penghargaan Nusantara CSR Awards 2022 untuk kategori Peningkatan Mutu Pendidikan, Pemberdayaan Ekonomi Komunitas, Pengembangan Desa Wisata, Pemberdayaan Penyandang Disabilitas, serta Pemimpin Penginspirasi Praktik CSR. Penghargaan diserahkan di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta pada Jumat (26/8).

Nusantara CSR Awards merupakan ajang penghargaan yang diinisiasi oleh The La Tofi School of Social Responsibility. Penghargaan ini ditujukan bagi perusahaan yang dianggap mempunyai komitmen dan kontribusi bagi masyarakat dan lingkungan, demi mewujudkan masa depan Indonesia yang lebih baik.

General Manager of CSR SIG Edy Saraya menjelaskan, SIG berkomitmen menjalankan sustainability yang sejalan dengan tujuan pembangunan berkelanjutan. Komitmen perseroan tersebut diwujudkan melalui empat pilar Program TJSL BUMN, yaitu pilar Ekonomi, Sosial, Lingkungan, serta Hukum dan Tata Kelola.

“Sebagai perusahaan BUMN, SIG bertanggung jawab untuk memberikan manfaat positif bagi masyarakat. Penghargaan ini merupakan apresiasi sekaligus motivasi bagi kami untuk menjalankan program CSR yang sejalan dengan tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs)”, kata Edy Saraya.

Lebih lanjut Edy Saraya menambahkan, perusahaan memastikan setiap kegiatan operasional yang dilakukan telah bersinergi melalui proses keterlibatan dan pemberdayaan masyarakat. “Hal ini kami lakukan demi mewujudkan tercapainya tujuan pembangunan yang berkelanjutan serta upaya menjaga harmonisasi dan tumbuh bersama masyarakat”, imbuh Edy Saraya.

Untuk Penghargaan Nusantara CSR Awards kategori Peningkatan Mutu Pendidikan, SIG dinilai berhasil atas upaya meningkatkan pengembangan dan kualitas masyarakat dalam bidang pendidikan dalam Program SIG Cerdas, melalui bantuan sarana dan prasarana pendidikan, beasiswa pendidikan untuk masyarakat sekitar perusahaan, serta pelatihan guru TPQ.

Pada kategori Pemberdayaan Ekonomi Komunitas diberikan atas upaya inisiatif meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat serta mendukung program pemerintah dalam pengentasan kemisikinan di Indonesia. Tahun 2021 SIG telah membina lebih dari 40.000 kelompok UMKM binaan dengan serapan 80.000 tenaga kerja yang tersebar di wilayah operasional SIG Group. SIG juga telah membantu UMKM kelompok komunitas naik kelas, termasuk 287 UMKM yang tergabung di Rumah BUMN SIG Rembang.

Untuk kategori Pengembangan Desa Wisata, SIG berhasil melakukan pemberdayaan masyarakat melalui pengembangan desa wisata berbasis komunitas di Desa wisata Balkondes Candirejo, Magelang yang diharapkan dapat memberikan dampak positif pada perbaikan ekonomi masyarakat sekitar.

Kategori Pemberdayaan Penyandang Disabilitas diberikan atas upaya SIG melakukan pembentukan kelompok klaster UMKM dan Rumah BUMN sebagai wadah pembelajaran maupun promosi penjualan yang ramah terhadap kaum disabilitas. SIG melakukan pendampingan melalui workshop penguatan kapabilitas literasi digital UMKM, pelatihan packaging dan pemasaran produk melalui media sosial, hingga pendampingan untuk pengurusan ijin bagi usaha yang dijalankan oleh penyandang disabilitas.

Sedangkan untuk Penghargaan Pemimpin Penginspirasi Praktik CSR, diberikan kepada General Manager of CSR SIG Edy Saraya, karena dinilai memiliki komitmen tinggi dalam mendukung kelengkapan sistem, tata kelola, dan keberhasilan implementasi program CSR di Perusahaan.

Baca Juga: SIG dan YDBA Kolaborasi Dukung Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved