March
02
2022
     12:59

SiCepat Ekspres Distribusikan Obat Gratis bagi Pasien Isoman

SiCepat Ekspres Distribusikan Obat Gratis bagi Pasien Isoman
ILUSTRASI. Pekerja menunjukkan paket obat dan vitamin untuk pasien Covid-19. Tribunnews/Herudin

Reporter: Amalia Nur Fitri | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sejak tahun 2021 SiCepat Ekspres berkomitmen untuk membantu pemerintah dalam penanggulangan Covid-19 di Indonesia dengan mendistribusikan 266.631 paket obat, per 22 Februari 2022 bagi pasien isoman secara gratis melalui program Telemedisin.

Hingga saat ini, distribusi obat dan vitamin gratis dari layanan Telemedisin ini telah mencakup berbagai wilayah di antaranya Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jogjakarta, Jawa Timur, Lampung, Palembang, Medan, Denpasar, Balikpapan, Banjarmasin, Makassar, hingga Manado.

Kerja sama pengiriman obat gratis oleh SiCepat Ekspres ini telah berlangsung sejak Juli 2021. Berdasarkan data GISAID, lembaga penelitian dari Jerman yang meneliti kasus Covid-19, di Indonesia telah mencapai 6.505 kasus per Selasa, 22 Februari 2022. Varian Omicron di Indonesia ini memiliki selisih 248 kasus dibandingkan hari sebelumnya. Secara mingguan, kasus di Indonesia ini tumbuh 7,34%.

Merespon lonjakan kasus ini, SiCepat Ekspres telah mendistribusikan 221.748 paket obat gratis Telemedisin sepanjang bulan Januari dan Februari 2022. Kolaborasi ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian SiCepat Ekspres terhadap kasus Covd-19 varian baru yakni omicron yang saat ini masih menjadi ancaman.

Baca Juga: Berlaku Mulai 3 Maret 2022, Penumpang Wajib Isi e-HAC Sebelum Keberangkatan

The Kim Hai selaku Chief Executive Officer SiCepat Ekspres menyampaikan bahwa kolaborasi pemerintah dengan pihak swasta sangatlah dibutuhkan dalam rangka menekan angka penyebaran Covid-19 khususnya di tahun 2022 ini.

“Gelombang covid-19 varian omicron yang saat ini semakin meningkat membuat SiCepat Ekspres semakin fokus dalam membantu pemerintah dalam upaya penanggulangan. Kami siap memberikan support agar distribusi obat gratis ini dapat berjalan dengan baik ke seluruh pelosok Indonesia. Sehingga, bagi para pasien isoman dapat segera pulih dan hal ini juga dapat mengurangi beban para t enaga kesehatan yang menjadi garda terdepan Covid-19," ujar The Kim Hai, dikutip dari keterangan resmi yang diterima Kontan, Rabu (2/3).

Pasien isoman Covid-19 dapat menggunakan layanan Telemedisin dengan melakukan tes PCR terlebih dahulu di laboratorium yang terafiliasi Kemenkes RI.

Setelah itu, pasien isoman dapat melakukan konsultasi kesehatan gratis di 11 platform penyedia layanan kesehatan untuk mendapatkan rekomendasi resep obat. Lalu, pasien mengisi laman pemesanan obat di laman website Kemenkes RI.

SiCepat Ekspres akan melakukan proses pick-up obat ke Apotek Kimia Farma dan mengirimkannya ke alamat pasien isoman secara gratis. SiCepat Ekspres juga telah mendistribusikan 1.303 koli atau setara 5.863 kg susu formula untuk anak dengan masalah gizi buruk terdampak Covid-19 di wilayah Kotawaringin dan Kolaka melalui program Stunting bersama Kemenkes RI.

Baca Juga: Ini Hal yang Harus Dihindari Saat Isoman agar Cepat Pulih dari Covid-19

SiCepat memberikan support berupa pengiriman gratis dalam program tersebut pada bulan Februari 2022. SiCepat Ekspes juga berkolaborasi dengan Digiresto dan MaQan Food dalam program Makanan Isoman untuk menyediakan sebanyak 5000 makanan per hari secara gratis berupa voucher untuk pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang terdaftar serta berada dalam lingkup area Jabodetabek.

Makanan ini nantinya akan di-pickup dan dikirimkan oleh SiCepat Ekspres kepada pasien isoman di wilayah Jabodetabek. Layanan ini telah dapat digunakan secara resmi pada akhir Februrari 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved