Sharp Indonesia Kembangkan Potensi Anak Muda lewat Program Kreatif & Lingkungan
Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti
KONTAN.CO.ID - Generasi muda memiliki peran besar dalam mendorong perubahan positif di masyarakat. Melihat potensi besar ini, Sharp Indonesia terus aktif melibatkan anak muda dalam setiap program yang dijalankan. Dua di antaranya adalah Sharp Content Creator Hunt dan Sharp Greenerator Fest 2024, menjadi bukti nyata dari komitmen perusahaan dalam mengembangkan kompetensi serta kepedulian generasi muda terhadap masa depan.
Shinji Teraoka, Presiden Direktur PT Sharp Electronics Indonesia, menyatakan, “Sebagai produsen elektronik tidak hanya mengedepankan teknologi dan inovasi, tetapi juga berkomitmen untuk berkontribusi positif terhadap lingkungan dan masyarakat, terutama generasi muda. Melalui program CSR seperti Sharp Content Creator Hunt, Sharp Greenerator, Sharp Hydro Heroes yang melatih wirausaha di bidang pertanian, serta Sharp Class untuk mendidik siswa SMK menjadi seorang teknisi handal, kami berinvestasi dalam mengembangkan kompetensi anak muda sebagai pelopor perubahan dan keberlanjutan.”
Sharp Content Creator Hunt: Ajang Kreasi Anak Muda untuk Indonesia
Sharp Content Creator Hunt adalah kompetisi video reels dengan tema "Peran Anak Muda Untuk Indonesia" yang diselenggarakan melalui Instagram pada periode Juni hingga Oktober 2024. Kompetisi ini berhasil menarik perhatian lebih dari 500 peserta yang berasal dari berbagai kota besar di Indonesia.
Dalam kompetisi ini, para peserta diminta untuk membuat video reels yang menggambarkan bagaimana peran anak muda dapat memberikan dampak positif bagi Indonesia. Semua video diunggah melalui akun Instagram mereka dengan menggunakan #Sharpcontentcreatorhunt #Sharpsmartphone.
Proses seleksi berlangsung dengan sangat ketat, di mana setiap karya dinilai dari berbagai aspek, termasuk kreativitas, teknik pengambilan gambar dan editing, pesan yang disampaikan, dan kesesuaian dengan tema. Setelah proses penjurian yang mendalam, para juri yang terdiri dari Muhammad Sadam, seorang Travel Content Creator, Enche Tjin, seorang Youtuber sekaligus fotografer profesional dan Ardy, Head of Product Strategy & AUVI & Smartphone Division, Sharp Indonesia, sepakat menentukan delapan orang pemenang yang telah diumumkan pada akhir November lalu melalui akun Instagram resmi Sharp Indonesia.
Berikut adalah daftar pemenangnya:
• Juara 1: Mohamad Ericson Al Akbar Y (Serang)
• Juara 2: Clarisse Callista Jacob (Jakarta)
• Juara 3: Bima British Junior (Kutorejo, Jawa Tengah)
Runner-Up:
• Christoper Ravael Budiono (Jakarta)
• Gibran Muhammad (Deli Tua, Sumatera Utara)
• Jose Eldino Purba (Medan)
• Shenny Dezsetia (Jakarta)
• Vindy Putra Jayanto (Sukoharjo, Jawa Tengah)
Penyerahan hadiah untuk para pemenang diserahkan pada 11 Desember 2024, bersamaan dengan peluncuran smartphone flagship Sharp AQUOS R9 di Jakarta, yang semakin mempertegas komitmen Sharp Indonesia dalam mendukung kreativitas anak muda melalui inovasi produk yang berkualitas.
Sharp Greenerator Festival: Merayakan 9 Tahun Komitmen Lingkungan
Selain kompetisi kreatif, Sharp Indonesia juga fokus pada kepedulian anak muda terhadap pelestarian lingkungan melalui komunitas binaannya Sharp Greenerator. Dalam rangka merayakan ulang tahun ke-9, Sharp Greenerator menggelar acara Sharp Greenerator Fest 2024 yang berlangsung sukses di Bogor. Acara puncak tersebut menampilkan sebuah talkshow yang mengangkat tema “Peran Korporasi, Komunitas, dan Pemerintah dalam Mendukung Aksi Pelestarian Lingkungan yang Berkelanjutan.”
Talkshow ini menghadirkan berbagai narasumber yang berbagi wawasan tentang pentingnya kolaborasi antara sektor korporasi, komunitas, dan pemerintah dalam menciptakan perubahan yang berdampak positif bagi lingkungan. Selain itu, acara ini juga mengundang siswa-siswa sekolah, rekan-rekan komunitas, serta yayasan nirlaba untuk bergabung dalam diskusi dan berbagi ide mengenai cara-cara inovatif dalam melestarikan alam.
Sharp Greenerator Fest 2024 bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang urgensi pelestarian lingkungan dan mendorong kolaborasi lintas sektor guna mencapai aksi nyata yang berkelanjutan. Dengan melibatkan berbagai pihak, acara ini berhasil memperkuat komitmen bersama untuk menjaga bumi bagi generasi mendatang. “Kami melaksanakan kegiatan ini untuk merayakan 9 tahun perjalanan kami. Setiap tahun, kami menghadirkan konsep yang berbeda untuk memberikan wawasan lebih luas kepada masyarakat. Festival ini juga menjadi platform bagi komunitas-komunitas untuk berbagi pengetahuan dan mempererat hubungan mereka.” jelas Izzudin, Ketua Pelaksana Sharp Greenerator Fest 2024.
Acara ini dihadiri oleh Setiawati, S.Hut., M.Si, Plt. Sekretaris dan Kepala Bidang Tata Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Kota Bogor, serta berbagai organisasi yang memiliki kepedulian mendalam terhadap pelestarian lingkungan, seperti Borneo Orangutan Survival Foundation (BOSF), Yayasan Terumbu Karang Indonesia (Terangi), Burung Indonesia, dan World Clean Up Day (WCD). Bersama-sama, mereka berbagi wawasan berharga mengenai upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga dan melestarikan lingkungan kita, membuka pemahaman yang lebih luas tentang pentingnya tindakan kolektif demi kelestarian bumi.
Selain diskusi lingkungan, Sharp Greenerator Fest 2024 juga mempertemukan peserta dari berbagai komunitas lain yang peduli terhadap isu yang sama, memperkuat jaringan, dan mempererat hubungan. “Kami berharap bisa memperluas kolaborasi dengan lebih banyak komunitas dan mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah agar program-program kami dapat berdampak lebih besar,” ujar Prima Yulina, Presiden Sharp Greenerator.
Komitmen Sharp dalam Pengembangan Generasi Muda
Sharp Indonesia terus berkomitmen untuk mengembangkan generasi muda Indonesia melalui berbagai program yang relevan dengan kebutuhan zaman, baik dalam bidang kreativitas digital maupun kepedulian terhadap lingkungan. Melalui Sharp Content Creator Hunt dan Sharp Greenerator Fest 2024, Sharp membuka ruang bagi anak muda untuk berkontribusi secara aktif dalam menciptakan perubahan yang lebih baik bagi Indonesia.
“Sebagai perusahaan yang peduli terhadap perkembangan masyarakat, terutama generasi muda, kami percaya bahwa anak muda adalah agen perubahan yang bisa membawa dampak positif. Kami akan terus berinovasi dan memberikan wadah untuk mereka agar dapat mengembangkan potensi terbaik mereka,” ujar Pandu Setio, Head of PR & Brand Communication Department PT Sharp Electronics Indonesia.
Sharp Indonesia, dengan segala inisiatifnya, tidak hanya berperan sebagai produsen elektronik, tetapi juga sebagai katalisator bagi perubahan positif, mendorong anak muda untuk berkreasi, peduli terhadap lingkungan, dan memberikan kontribusi yang lebih besar bagi masa depan.
Tentang PT SHARP Electronics Indonesia (SEID)
SHARP telah memulai perjalanan panjangnya di Indonesia sejak tahun 1970. Bermula dari PT Yasonta, yang didirikan pada tahun 1970 sebagai perusahaan nasional, pada tahun 1994 SHARP Corporation menjadikan PT Yasonta perusahaan patungan PMA dengan mengakuisisi PT Yasonta dan mengubah namanya menjadi PT SHARP Yasonta Indonesia (SYI). Pada tanggal 1 April 2005, PT SHARP Yasonta Antarnusa (kantor cabang SYI) bergabung menjadi satu dengan PT SHARP Yasonta Indonesia dan sejak Mei 2005 PT SHARP Yasonta Indonesia berubah nama menjadi PT SHARP Electronics Indonesia (SEID) seperti yang dikenal sampai saat ini.
Saat ini, SEID memiliki 23 Kantor Cabang, 8 Sub Cabang, 24 Kantor Servis, 47 Sharp Direct Service Station (SDSS), 517 Sharp Authorized Service Station (SASS), dan 48 Sharp Service Representative (SSR), yang tersebar di seluruh Indonesia, 1 unit SHARP Mobile Service Station (SMSS). Pada 2012 PT SEID memperoleh penghargaan dari rekor bisnis Indonesia sebagai Jaringan Service Center terbanyak.
Tentang SHARP Cares
CSR PT SHARP Electronics Indonesia (SEID) bernaung pada SHARP CARES (Creativity, Attention, Recovery, Earth, Sincerity). Creativity (Kreatifitas) mengandung arti sikap kerja yang selalu mencari nilai lebih dan selalu membuat inovasi. Attention (Perhatian), SEID selalu memberikan perhatian khusus pada masalah sosial di Indonesia, seperti pendidikan, kesehatan, dan lingkungan. Recovery (Pemulihan), SEID di setiap kegiatannya berusaha untuk melakukan hal yang mampu memberikan perbedaan dan memulihkan suatu kondisi bagi masyarakat menuju arah yang lebih baik. Earth (Bumi) yang berarti SEID peduli untuk menjaga Bumi agar dapat terus menopang kelangsungan hidup seluruh makhluk yang tinggal di dalamnya. Sincerity (Ketulusan hati) adalah sikap kerja yang mendasar untuk menghasilkan solusi yang berguna dan juga kebahagian bagi semua orang. SEID memfokuskan program CSR nya pada Pendidikan, Sosial, Kesehatan, dan Lingkungan.
Tentang Sharp Greenerator
SHARP GREENERATOR adalah sebuah komunitas yang beranggotakan siswa sekolah dan mahasiwa yang dibentuk oleh Sharp Indonesia guna meningkatkan perhatian dan kesadaran anak – anak muda akan pentingnya menjaga dan melestarikan lingkungan dan keanekaragaman hayati Indonesia. Didirikan pada tanggal 25 November 2015, saat ini Sharp Greenerator memiliki anggota lebih dari 100 orang yang tersebar di wilayah Jabodetabek. Difasilitasi oleh empat yayasan nirlaba yaitu Yayasan Terumbu Karang Indonesia [ TERANGI], Borneo Orang Utan Foundation [ BOSF], Koaksi Indonesia, Komunitas Transformasi Hijau dan burung Indonesia, Sharp Greenerator mendapatkan pembekalan mengenai pelestarian lingkungan dan berkontribusi dalam menanggulangi isu-isu lingkungan.
Baca Juga: Sharp Merilis Rangkaian Produk Audio dengan Kualitas Premium
Selanjutnya: Presiden Prabowo Tiba di Istana Kepresidenan Al Ittihadiya Mesir
Menarik Dibaca: Prakiran Cuaca Jakarta Besok (19/12), Ini Daerah yang bakal Diguyur Hujan
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News