May
10
2024
     13:28

SCG Pimpin Inovasi Hijau Wujudkan Rendah Karbon lewat Beragam Inisiatif Multi-Miliar

SCG Pimpin Inovasi Hijau Wujudkan Rendah Karbon lewat Beragam Inisiatif Multi-Miliar
ILUSTRASI. President & CEO SCG, Thammasak Sethaudom, menjelaskan, mengembangkan inovasi hijau adalah kunci untuk memecahkan krisis iklim, dan kami ingin mendorong masyarakat untuk bergabung dan berpartisipasi dengan memilihnya sebagai solusi.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - SCG, konglomerat terkemuka ASEAN, berkomitmen untuk mendorong setiap individu mengembangkan potensi mereka, mengubah ide menjadi inovasi, mengembangkan inovasi kelas dunia, dan berkolaborasi lintas sektor untuk menciptakan inovasi hijau berjejak karbon rendah, sesuai dengan janji Perusahaan sebagai “Organisasi dengan Beragam Kemungkinan (Organization of Possibilities)”.

SCG memotivasi pertumbuhan bersama dalam masyarakat berkarbon rendah, berkomitmen meningkatkan kualitas hidup, mendorong pertumbuhan ekonomi, serta menciptakan masyarakat dan lingkungan yang layak huni di mana tidak ada yang tertinggal. Tahun 2024, SCG mengalokasikan anggaran sebesar 10 miliar baht atau lebih dari Rp4,6 triliun untuk pengembangan proses produksi berkarbon rendah dan inovasi hijau.

President & CEO SCG, Thammasak Sethaudom, menjelaskan, "Mengembangkan inovasi hijau adalah kunci untuk memecahkan krisis iklim, dan kami ingin mendorong masyarakat untuk bergabung dan berpartisipasi dengan memilihnya sebagai solusi.

Namun, transisi ini tidak mudah karena memerlukan perubahan dalam teknologi, pemahaman pelanggan dan penerimaan pasar, serta peraturan baru. ‘Kekuatan manusia’ sangat penting dalam mendorong perubahan ini."

SCG mendeklarasikan diri sebagai “Organisasi dengan Beragam Kemungkinan (Organization of Possibilities)” untuk menyediakan wadah bagi semua orang, termasuk karyawan, mitra, dan generasi muda, untuk menyalurkan potensi dan mengembangan inovasi tanpa batas.

Ruang ini mendorong pemikiran baru dan pembelajaran dari pengalaman untuk mengembangkan inovasi hijau yang memenuhi kebutuhan pelanggan, masyarakat, dan lingkungan, serta memicu pertumbuhan bisnis. SCG mendukung berbagai aspek untuk membuat Organisasi dengan Beragam Peluang menjadi kenyataan, termasuk:

1. Pengembangan ide menjadi inovasi, dengan memungkinkan karyawan menjadi entrepreneur melalui program start-up internal, ZERO TO ONE by SCG. Inisiatif ini membekali mereka dengan keterampilan dan pengetahuan, mulai dari memahami kebutuhan pelanggan hingga mengembangkan produk yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut dan memperluas basis pelanggan untuk mencapai pertumbuhan eksponensial, dengan menggunakan alat-alat seperti Design Thinking, Generative AI, dan Data Analytics.

Saat ini, lebih dari 800 orang telah bergabung dan terdapat 100 perusahaan rintisan yang terlibat dalam proyek ini, seperti 'Wake Up Waste', sebuah platform untuk truk pengangkut sampah yang memungkinkan pengangkutan dan pengelolaan sampah yang lebih efisien, dan 'Dezpax', sebuah platform pengemasan daring pertama di Thailand yang dirancang khusus untuk industri restoran, pengantaran makanan, dan kafe.

Pada saat yang sama, SCG juga meluncurkan SCG Young Talent Program untuk menginkubasi generasi inovator baru dari berbagai universitas dari beragam tingkatan dan disiplin ilmu melalui proyek-proyek yang nyata dan menantang bersama SCG selama 13 minggu untuk mengembangkan inovasi digital (bootcamp) yang sesuai dengan tren masa depan. Lebih dari 850 anak muda telah berpartisipasi hingga saat ini.

Selain itu, SCG terus mendukung karyawan di semua tingkatan untuk mengajukan ide-ide untuk pengembangan, mendorong budaya Open & Challenge yang mendorong keterbukaan, pembelajaran berkelanjutan, pengembangan diri, tanpa terkungkung oleh kesuksesan masa lalu.

2. Perwujudan inovasi kelas dunia, mendukung riset internal dan kolaborasi dengan ahli global. Hal ini mencakup kemitraan dengan Norner AS, sebuah pusat penelitian dan pengembangan polimer industri, dan University of Oxford di Inggris untuk mengembangkan inovasi dan teknologi keberlanjutan, serta kolaborasi dengan perusahaan rintisan dari Amerika Serikat, Rondo Energy, dalam pengembangan baterai penyimpan panas dari energi bersih.

3. Kolaborasi lintas sektoral, termasuk sektor publik, bisnis, dan masyarakat sipil, untuk bersama-sama menciptakan Masyarakat Rendah Karbon (Low-carbon Society) yang tumbuh berkelanjutan. Salah satu contohnya adalah mengakselerasi pembangunan Saraburi Sandbox, model kota rendah karbon pertama di Thailand, yang akan membantu Thailand mencapai target nol karbon.

Thammasak menambahkan, "Kekuatan 'Organisasi dengan Berbagai Kemungkinan' memungkinkan SCG untuk menciptakan inovasi hijau yang menarik dengan merancang proses produksi yang mengurangi emisi karbon dioksida, ditambah dengan fungsionalitas yang ditingkatkan yang memenuhi kebutuhan pelanggan, masyarakat, dan lingkungan. Ini termasuk mengubah konstruksi dan tempat tinggal menjadi ekosistem hijau yang komprehensif. SCG juga menyediakan berbagai teknologi efisiensi energi, dan siap menyediakan serangkaian lengkap inovasi dekorasi permukaan dan sanitasi yang baru."

Inovasi rendah karbon yang diperkenalkan ke masyarakat ini termasuk Semen dan Beton Rendah Karbon dari lini bisnis SCG Cement and Green Solutions yang menyediakan daya tahan, kualitas, serta estetika untuk berbagai proyek konstruksi, termasuk bangunan skala besar dan struktur bawah air; SCG Smart Living yang menawarkan berbagai teknologi bangunan yang tidak hanya meningkatkan kenyamanan gaya hidup, tetapi juga secara signifikan mengurangi emisi karbon, seperti SCG Air Scrubber, Solar Hybrid Solutions; serta SCG Decor yang menawarkan beragam inovasi dekorasi interior dan produk sanitasi dari seri “Clay Decor”, yang secara efektif menyerap panas, mendinginkan rumah, dan menghemat penggunaan energi. Produk-produk ini tersertifikasi SCG Green Choice, label yang disematkan ke produk-produk SCG yang telah teruji ramah lingkungan dari berbagai aspek untuk membantu pelanggan membuat keputusan terinformasi, serta menyandang Carbon Footprint Label.

Lebih lanjut, SCG mengembangkan upayanya dalam lini bisnis kemasan (packaging) yang berkelanjutan melalui SCGP (SCG Packaging), memanfaatkan AI dan machine learning untuk meningkatkan efisiensi produksi dan mengembangkan sumber daya terbarukan seperti eukaliptus. SCG Chemicals (SCGC) juga berinovasi dalam polimer hijau dan meningkatkan kapasitas daur ulang di Eropa, bertujuan memenuhi permintaan yang meningkat untuk solusi hijau.

Selain itu, SCGC bermitra dengan perusahaan lain untuk mengembangkan produk konsumen dan teknologi berkelanjutan yang mengubah CO2 menjadi plastik karbon-negatif, mendorong sektor industri menuju keberlanjutan yang lebih tinggi. SCG Cleanergy dan SCGJWD Logistics merupakan lini bisnis SCG lainnya yang turut mendorong inovasi ramah lingkungan, mengoptimalkan penggunaan energi bersih dan menciptakan solusi logistik yang lebih efisien dan rendah karbon.

“SCG telah membuat kemajuan signifikan dalam inovasi hijau hingga saat ini dengan mencapai 53% dari total penjualan dari inovasi SCG Green Choice dari target 67% pada tahun 2030. SCG siap untuk maju, mendukung, dan mendorong seluruh masyarakat untuk sepenuhnya mengeluarkan potensi mereka, menciptakan masyarakat rendah karbon di mana semua orang dari semua kalangan dapat menikmati kualitas hidup yang tinggi melalui pertumbuhan ekonomi, lingkungan yang layak huni, dan partisipasi dari semua sektor, sejalan dengan pendekatan ‘Inclusive Green Growth’ di SCG," tutup Thammasak.

Tentang SCG

SCG merupakan salah satu pemimpin bisnis terkemuka di kawasan ASEAN yang terdiri dari tiga bisnis utama, yakni: SCG Cement – Building Materials, SCG Chemicals, dan SCG Packaging. Melalui lebih dari 200 perusahaan dan sekitar 57.000 karyawan, SCG menciptakan dan mendistribusikan produk dan layanan inovatif yang menjawab kebutuhan konsumen saat ini dan masa depan.

SCG memulai operasi bisnis di Indonesia sejak 1992 dengan bisnis perdagangan dan secara bertahap mengembangkan investasinya dalam bisnis yang berbeda pada industri cement-building materials, chemicals, dan packaging. Hingga hari ini, memiliki total 36 perusahaan di seluruh Indonesia dan memiliki lebih dari 9.000 karyawan, SCG menawarkan variasi produk dan layanan premium.

Produk yang ditawarkan adalah produk infrastruktur di bawah merek ‘SCG’ termasuk SCG Cement, beton siap pakai Jayamix SCG, beton ringan SCG Smartblock, SCG pipe dan precast, dinding keramik, lantai, dan keramik atap di bawah merek ‘KIA’, PVC resin, corrugated containers, dan kemasan offset printing. SCG juga menawarkan produk semen fiber dan produk kimia upstream-downstream dari bisnis joint-venture dengan mitra industri Indonesia. Selain itu, SCG juga memiliki bisnis distribusi bahan bangunan dan layanan terminal dermaga yang mendukung penjualan dan logistik untuk bisnis termasuk platform belanja online mitraruma.com untuk mendukung kemajuan Indonesia.

Baca Juga: Bisnis SCG Melesat di Q1 2024 lewat Inovasi Hijau, Penggunaan Energi Bersih &Ekspansi

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved