June
24
2022
     12:50

Sasa Inti Percayakan Warung Pintar untuk Digitalisasi Sistem Distribusi & Penjualan

Sasa Inti Percayakan Warung Pintar untuk Digitalisasi Sistem Distribusi & Penjualan

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Warung Pintar mengumumkan kerja sama dengan salah satu perusahaan makanan dan bumbu terkemuka di Indonesia, Sasa Inti, dalam rangka mendigitalisasi sistem distribusi ke warung atau toko kelontong tradisional. Hal ini merupakan salah satu strategi Warung Pintar untuk meningkatkan efisiensi pada alur distribusi dengan menyediakan data persebaran produk yang lebih transparan sehingga dapat digunakan principal atau pemilik merek dalam menginisiasi strategi distribusi maupun pemasaran secara optimal.

Setelah diakuisisi oleh SIRCLO Group pada Januari lalu, Warung Pintar telah meningkatkan jangkauannya kepada warung sebagai kanal distribusi terbesar di Indonesia, sehingga principal atau brand mampu menjangkau lebih banyak end-consumers. Beberapa pengembangan dari hulu ke hilir telah dilakukan dari segi operasional dengan mengedepankan strategi omnichannel—yakni berjualan melalui kanal online dan offline—agar pemilik merek dapat berfokus pada strategi penjualan dan pengembangan produk.

Sebagai salah satu jalur distribusi terbesar di Indonesia, informasi persebaran produk yang didapat oleh setiap stakeholder dalam ekosistem warung masih belum merata. Untuk principal seperti Sasa Inti, awalnya hal ini mengakibatkan perencanaan strategi yang tidak tepat sasaran karena pemilik warung mendapatkan harga stok barang lebih tinggi dari seharusnya.

Kerja sama yang terjalin antara Warung Pintar dan Sasa Inti turut menjadi solusi bagi para pemilik warung dan toko kelontong dengan menambah jejeran produk makanan dan bumbu yang dapat diakses lewat Aplikasi Warung Pintar. Para pemilik warung dan toko kelontong juga dapat memenuhi stok barangnya langsung dari principal atau brand dan memperoleh kepastian akan ketersediaan produk dan harga yang adil.

“Kami merasa sangat terbantu dengan solusi digital dari Warung Pintar. Kami percaya  bahwa kemitraan strategis ini dapat memperluas channel B2B Sasa Inti dan mendukung upaya kami untuk bertumbuh lebih pesat melalui penyediaan data dan integrasi kanal distribusi.

Dengan bergabungnya Warung Pintar ke dalam SIRCLO Group, kami juga berharap dapat memperluas peluang baru di pasar dan memberikan manfaat positif bagi semua outlet di ekosistem ini,” kata Hadi Rahman, Group KAM, PT Sasa Inti.

Berdasarkan data pada tahun 2022, Sasa Inti mengalami kenaikan pertumbuhan penjualan lebih dari 10% dari penjualan pada tahun 2021. Melalui program Product Focus dari Warung Pintar, Sasa Inti dapat menargetkan peningkatan penjualan pada produk-produk yang ingin difokuskan. Salah satu produk yang menjadi fokus Sasa Inti adalah kategori produk tepung.

Jika dibandingkan dengan tahun 2021, penjualan produk tepung Sasa Inti di tahun 2022 ini telah mengalami kenaikan yang signifikan hingga 544% dalam penjualannya. Terhitung sejak Januari hingga Maret 2022, jumlah outlet yang membeli produk dari Sasa Inti juga turut mengalami kenaikan sebesar 23%

“Warung Pintar hadir dengan tujuan untuk mendigitalisasi kanal konvensional serta menghadirkan transparansi informasi dalam membantu principal atau brand dalam  menciptakan strategi distribusi produk dan pemasaran yang efektif. Kerja sama yang terjalin antara Warung Pintar dengan Sasa Inti telah menghasilkan dampak baik bagi kedua belah pihak. Harapannya kami dapat terus menyediakan solusi yang efektif bagi setiap permasalahan yang principal atau brand sedang hadapi,” kata Agung Bezharie Hadinegoro, CEO Warung Pintar.

Hingga saat ini, Warung Pintar Group berhasil mencapai pertumbuhan 100 kali lipat sejak awal 2020 hingga 2021 dari segi jumlah warung yang dilayani; dari 5.000 menjadi 500.000 yang artinya 1 dari 7 warung yang ada di Indonesia berada dalam jaringan Warung Pintar Group dengan 160.000 pengguna aktif yang melakukan transaksi setiap bulannya dan siap bersaing pasca pandemi. Terdapat lebih dari 450 suppliers, lebih dari 500 brand dan distributor serta 50 lebih gudang dan depot yang tersebar di lebih dari 200 kota dan kabupaten di Indonesia.

“Ke depannya, Warung Pintar berharap agar dapat terus memberikan dampak yang lebih luas bagi ekosistem ritel, melalui solusi digital terlengkap yang inklusif untuk pemilik warung hingga principal brand,” tutup Agung.

Tentang Warung Pintar

Warung Pintar adalah perusahaan teknologi bisnis ritel baru dengan misi mentransformasi jutaan bisnis ritel mikro yang terfragmentasi, terutama warung, demi masa depan perekonomian Indonesia. Pada awal 2021, Warung Pintar melakukan ekspansi dengan memberikan solusi terlengkap pada ekosistem bisnis warung, bahkan tidak hanya untuk warung, tetapi juga untuk brand, pemilik warung, pengusaha grosir dan distributor. Sejak berdiri pada November 2017, Warung Pintar telah bekerjasama dengan 500 merek, melayani 500.000 usaha ritel di lebih dari 200 kota, dan mendukung jaringan distributor se-Indonesia melalui semangat inklusivitas dan gotong royong. Warung Pintar telah menerima investasi dari sejumlah investor ternama, seperti East Ventures, EV Growth, SMDV, Vertex Ventures, Pavilion Capital, LINE Ventures, Digital Garage, and AC Ventures. Pada Januari 2022, Warung Pintar resmi menjadi bagian dari SIRCLO Group. Warung Pintar akan terus mengembangkan layanan lain dalam rangka mewujudkan misi untuk menjadi solusi terbaik untuk ekosistem warung di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved