September
02
2022
     17:25

Sambut Harpelnas, Allianz Indonesia Beberkan Strategi Tingkatkan Kualitas Layanan

Sambut Harpelnas, Allianz Indonesia Beberkan Strategi Tingkatkan Kualitas Layanan
ILUSTRASI. Menyambut momentum Hari Pelanggan Nasional pada tanggal 4 September 2022, PT. Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz) secara konsisten memprioritaskan Customer Experience dalam memberikan perlindungan dan layanan terbaik untuk nasabah.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Menyambut momentum Hari Pelanggan Nasional yang jatuh pada tanggal 4 September 2022, PT. Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz) secara konsisten memprioritaskan Customer Experience dalam memberikan perlindungan dan layanan terbaik untuk nasabah.

Selama dua tahun terakhir terjadinya pandemi, Allianz mengalami berbagai perubahan cara kerja dan proses layanan untuk nasabah maupun mitra bisnis. Transformasi digital yang sudah dilakukan Allianz sejak beberapa tahun yang lalu, menjadikan Allianz siap menghadapi perubahan yang terjadi, dan dapat menjaga kualitas produk serta layanannya.

“Faktor utama yang mendukung kualitas layanan Allianz adalah sumber daya manusia (SDM). Walaupun dalam dua tahun terakhir ini banyak terjadi perubahan kebijakan yang diberlakukan pemerintah untuk menekan angka penyebaran Covid-19, Allianz Indonesia senantiasa melakukan penyesuaian dan menyiapkan SDM sehingga dapat terus memberikan layanan kepada nasabah dan tenaga pemasar, baik secara offline maupun online. Sebagian besar proses bisnis juga didukung oleh digitalisasi, sehingga meningkatkan efektifitas dan efisiensi layanan,” kata Lasmintono, Chief Operating Officer Allianz Life Indonesia.

Hingga saat ini, Allianz memberikan layanan kepada nasabah melalui empat touch points yaitu telepon, e-mail, walk-in services, dan media sosial. Untuk terus mendukung upaya pemberian layanan terbaik kepada nasabah, Allianz telah menerapkan survei 5 stars rating yang secara otomatis dikirim kepada nasabah setelah berinteraksi dengan AllianzCare Contact Center dan Walk-In Services. Bagi nasabah yang memberikan peringkat di bawah 3, Allianz akan menindaklanjuti kepada nasabah dan melakukan tindakan serta perbaikan yang diperlukan berdasarkan masukan yang disampaikan oleh nasabah. Rata-rata skor kepuasan pelanggan terhadap layanan Contact Center dan Walk-In Services pada periode Januari-Juli 2022 adalah 4.2 dari 5, dimana 5 merupakan skor terbaik.

Di samping itu, perbaikan kualitas untuk AllianzCare Contact Center dan Walk-In Services juga dilakukan secara berkelanjutan, melalui serangkaian kegiatan training dan pengukuran kualitas yang dilakukan secara berkala. Penghargaan diberikan kepada staff berdasarkan hasil pengukuran kualitas untuk terus memotivasi staff dalam memberikan layanan terbaik bagi nasabah.

Sebagai bukti komitmen memberikan layanan terbaik kepada nasabah, Allianz berhasil meraih penghargaan Service Quality Award 2022, for Achieving Diamond Total Service Quality Satisfaction Based on Customer Perception Survey Service Quality Index 2022, dalam kategori Life and Health Insurance, dengan nilai SQ Indeks 4.5/Diamond dari Majalah Marketing dan Carre CCSL.

Penghargaan ini merupakan hasil dari survei Service Quality Index (SQI) yang dilakukan oleh Carre CCSL kepada para nasabah di 4 kota besar, yaitu Jakarta, Surabaya, Semarang, dan Medan, selama periode Januari hingga Maret 2022. Pengukuran dilakukan melalui dua dimensi, yaitu Perceive Service Quality (PSQ) atau persepsi pelanggan terhadap layanan yang mereka terima dan rasakan, dan Perceived Service Value (PSV) atau persepsi pelanggan mengenai kesetaraan biaya atau effort yang mereka keluarkan, dibandingkan dengan layanan yang mereka terima dan rasakan.

Selanjutnya, Allianz juga berhasil meraih penghargaan Contact Center Service Excellence Award 2022 pada kategori Call Center Life and Health Insurance, dengan skor Engagement Index 100%. Penghargaan ini dinilai berdasarkan kinerja Contact Center dengan melakukan audit pengalaman ke call center, email, twitter, dan chat selama periode Januari hingga Desember 2021.

“Peran SDM dan optimalisasi digital sangat penting untuk mewujudkan komitmen Allianz dalam memberikan layanan terbaik dan pengalaman yang menyenangkan bagi nasabah. Bukti nyata dari komitmen tersebut dapat dilihat dari pengembangan digital channel untuk pembelian produk dan pengajuan transaksi polis, sehingga mempermudah dan mempercepat layanan. Dengan memperoleh penghargaan ini, Allianz Indonesia akan terus memberikan layanan terbaik sebagai bagian dari misi perusahaan untuk melindungi lebih banyak masyarakat Indonesia,“ kata Lasmintono.

Allianz percaya bahwa tenaga pemasar berperan besar ketika bertemu dengan nasabah. Tenaga pemasar bertugas memberikan informasi dan edukasi agar nasabah memahami sepenuhnya mengenai produk yang dipilih. Selain itu, tenaga pemasar juga berperan dalam memberikan layanan yang baik bagi nasabah. Agen dapat berperan sebagai fasilitator yang dipercaya nasabah untuk memberikan informasi dan layanan pasca pembelian, termasuk di dalamnya pengajuan klaim. Oleh karena itu, Allianz juga memberikan apresiasi atas komitmen para tenaga pemasar dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah, dalam bentuk penghargaan Five Star Servicing Financial Advisor Award. Award ini diberikan berdasarkan penilaian kepuasan nasabah atas layanan yang diberikan oleh tenaga pemasar.

Melalui penghargaan yang diberikan kepada karyawan maupun tenaga pemasar ini, perusahaan memastikan untuk memperkuat motivasi dan kerjasama seluruh tim, dalam meningkatkan kualitas layanan nasabah demi melindungi lebih banyak masyarakat Indonesia.  

Apresiasi Allianz untuk Nasabah dalam Rangka Hari Pelanggan Nasional

Masih dalam rangka Hari Pelanggan Nasional, Allianz secara rutin memberikan apresiasi untuk nasabah melalui serangkaian program menarik yang akan berlangsung selama bulan September sampai Oktober 2022. Di bulan September, Allianz Smart Point menawarkan flash sale untuk penukaran poin dengan berbagai penawaran voucher dari merchant rekanan. Di bulan ini juga Allianz akan kembali mengadakan Golf Tournament untuk nasabah Platinum, setelah dua tahun rehat karena pandemi.

Allianz juga akan menggelar Health Festival di lima kota besar Indonesia pada periode September – Oktober, yang akan mengajak nasabah untuk berolahraga bersama, menyaksikan talk show kesehatan dengan berbagai topik menarik, serta pemeriksaan kesehatan sederhana. Serangkaian program ini merupakan nilai tambah yang diberikan Allianz kepada nasabah, untuk memaksimalkan manfaat berasuransi, selain dari perlindungan dan layanan asuransi yang sesuai dengan kebutuhan nasabah.

Baca Juga: Allianz Catatkan Kenaikan Premi pada Lini Bisnis Asuransi Perjalanan Lebih dari 200%

Tentang Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Pada tahun 1989, Allianz mendirikan PT Asuransi Allianz Utama Indonesia, perusahaan asuransi umum. Kemudian, Allianz memasuki bisnis asuransi jiwa, kesehatan dan dana pensiun dengan mendirikan PT Asuransi Allianz Life Indonesia di tahun 1996. Di tahun 2006, Allianz Utama dan Allianz Life memulai bisnis asuransi syariah.

Kini, Allianz Indonesia didukung oleh lebih dari 1.000 karyawan dan lebih dari 40.000 tenaga pemasar dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya. Saat ini, Allianz menjadi salah satu asuransi terkemuka di Indonesia yang dipercaya untuk melindungi lebih dari 10 juta tertanggung.
 
Tentang Allianz di Asia
Asia adalah salah satu wilayah pertumbuhan inti untuk Allianz, yang ditandai dengan keragaman budaya, bahasa dan adat istiadat. Allianz telah hadir di Asia sejak 1910, menyediakan asuransi kebakaran dan maritim di kota-kota pesisir Tiongkok. Saat ini, Allianz aktif di 16 pasar di wilayah tersebut, menawarkan beragam asuransi dengan bisnis inti pada asuransi kerugian, asuransi jiwa, perlindungan dan solusi kesehatan, dan manajemen aset. Dengan lebih dari 36.000 staf, Allianz melayani kebutuhan lebih dari 21 juta nasabah di wilayah ini melalui berbagai saluran distribusi dan platform digital.
 
Tentang Grup Allianz
Allianz Group adalah perusahaan asuransi dan manejemen aset terkemuka di dunia dengan lebih dari 126 juta nasabah individu dan perusahaan di lebih dari 70 negara. Nasabah Allianz mendapatkan manfaat dari berbagai layanan asuransi individu dan kumpulan, mulai dari asuransi properti, jiwa dan kesehatan, sampai layanan bantuan asuransi kredit dan asuransi bisnis secara global. Allianz adalah salah satu investor terbesar di dunia, dengan dana kelolaan nasabah asuransi lebih dari 809 miliar Euro. Sementara manajer aset kami, PIMCO dan Allianz Global Investors mengelola aset tambahan sebesar 1,9 triliun Euro milik pihak ketiga. Berkat integrasi sistematik ekologis dan kriteria sosial pada proses bisnis dan keputusan investasi, Allianz memegang posisi terdepan untuk perusahaan asuransi dalam Dow Jones Sustainable Index. Pada tahun 2021, Allianz Group memiliki 155.000 karyawan dan meraih total pendapatan 149 miliar Euro serta laba operasional sebesar 13,4 miliar Euro.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2023 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved