June
19
2023
     12:35

RUPST 2022: MIND ID Melalui ANTAM Raup Laba Bersih Rp 3,82 Triliun

RUPST 2022: MIND ID Melalui ANTAM Raup Laba Bersih Rp 3,82 Triliun
ILUSTRASI. PT Aneka Tambang Tbk., (ANTAM), Anggota BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID, sukses menyelenggarakan RUPST Tahun Buku 2022 yang berlangsung di Hotel Borobudur, Jakarta (15/6).

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - PT Aneka Tambang Tbk., (ANTAM), Anggota BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID, sukses menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Tahun Buku 2022, yang berlangsung di Hotel Borobudur, Jakarta, pada Kamis, 15 Juni 2023.

Dalam RUPST tersebut, ditetapkan laba bersih perusahaan pada 2022, senilai Rp3,82 triliun. Para pemegang saham menyetujui penetapan penggunaan laba bersih Tahun Buku 2022 yang diatribusikan kepada Pemilik Entitas Industri Perseroan yakni dividen sebesar Rp1,91 triliun atau 50 persen dan sisanya, Rp1,91 triliun sebagai saldo laba Perseroan.

Para pemegang saham menyetujui Laporan Tahunan Perseroan termasuk Laporan Tugas Pengawasan Dewan Komisaris untuk Tahun Buku 2022, dan Laporan Pelaksanaan Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan serta mengesahkan Laporan Keuangan konsolidasian Perseroan untuk Tahun Buku 2022 yang berakhir pada 31 Desember 2022.

Selain itu, para pemegang saham juga mengesahkan Laporan Keuangan Pelaksanaan Program Pendanaan Usaha Mikro dan Usaha Kecil untuk tahun buku 2022 yang berakhir pada 31 Desember 2022.

 Para pemegang saham Antam pun setuju untuk memberikan wewenang dan kuasa kepada MIND ID selaku pemegang saham Seri B terbanyak dengan syarat melakukan konsultasi terlebih dahulu kepada pemegang saham Seri A Dwiwarna untuk menetapkan besaran tantiem Tahun Buku 2022, termasuk penetapan honorarium, tunjangan, fasilitas, dan insentif lainnya bagi anggota Dewan Komisaris Tahun 2023.

Sekretaris Perusahaan MIND ID, Heri Yusuf mengatakan keputusan tersebut memberikan hak wewenang yang besar bagi MIND ID untuk terus mengembangkan perusahaan tambang PT Antam di masa yang akan datang. Ia optimis, PT Antam akan terus berkembang dan maju ke depannya.

“Pemegang saham ANTAM juga menyetujui untuk memberikan wewenang dan kuasa kepada Dewan Komisaris dengan terlebih dahulu mendapat persetujuan tertulis MIND ID selaku Pemegang Saham Seri B terbanyak setelah berkonsultasi dengan Pemegang Saham Seri A Dwiwarna guna menetapkan besaran tantiem untuk Tahun Buku 2022 serta menetapkan gaji, tunjangan, fasilitas dan insentif lainnya bagi Direksi untuk Tahun 2023,” kata Heri Yusuf.

Saham Seri A Dwiwarna adalah saham khusus Negara Republik Indonesia yang memberikan hak istimewa pada pemegang saham. Di antara hak istimewa tersebut yakni menyetujui persetujuan rapat umum pemegang saham serta menyetujui perubahan permodalan perusahaan.

RUPST tersebut pun menyetujui perubahan Anggaran dasar Perseroan dalam rangka penyesuaian atau penambahan hak pemegang saham Seri A Dwiwarna di Perseroan sehubungan dengan diterbitkannya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 45 Tahun 2022 juncto PP Nomor 46 Tahun 2022 serta penyesuaian terhadap ketentuan peraturan di lingkup badan usaha milik negara sesuai dengan usulan MIND ID selaku Kuasa Pemegang Saham Seri A Dwiwarna.

RUPST tersebut pun menghasilkan persetujuan susunan pemegang saham Perseroan yakni Negara Republik Indonesia memiliki satu lembar saham Seri A Dwiwarna. Sementara MIND ID memiliki sebanyak 15.619.999.999 lembar saham Seri B, dan masyarakat memiliki sebanyak 8.410.764.725 lembar saham Seri B.

Kesepakatan lain yang dihasilkan dari RUPST tersebut yakni para pemegang saham menyetujui pengukuhan pemberlakuan Peraturan Menteri BUMN Nomor PER-1/MBU/03/2023 tentang Penugasan Khusus dan Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Badan Usaha Milik Negara, Peraturan Menteri BUMN Nomor PER-2/MBU/03/2023 tentang Pedoman Tata Kelola dan Kegiatan Korporasi Signifikan Badan Usaha Milik Negara dan Peraturan Menteri BUMN Nomor PER-3/MBU/03/2023 tentang Organ dan Sumber Daya Manusia Badan Usaha Milik Negara termasuk perubahan-perubahannya di kemudian hari.

Sekretaris Perusahaan ANTAM Syarif Faisal Alkadrie mengatakan apa yang dicapai perusahaan pada 2022 merupakan hasil dari kinerja perusahaan yang terus melakukan perbaikan dari segala lini hingga memberikan kontribusi bagi perseroan.

“Ini merupakan awal pencapaian menuju ke tingkat pencapaian ANTAM yang lebih besar lagi di masa yang akan datang,” kata Syarif Faisal.
Berikut ini merupakan susunan pengurus perseroan berdasarkan hasil RUPST Tahun Buku 2022:

Susunan Dewan Komisaris
Komisaris Utama merangkap Komisaris Independen: Bapak F.X. Sutijastoto
Komisaris Independen: Bapak Gumilar Rusliwa Somantri
Komisaris Independen: Bapak Anang Sri Kusuwardono
Komisaris: Bapak Bambang Sunarwibowo
Komisaris: Bapak Dilo Seno Widagdo

Susunan Direksi
Direktur Utama: Bapak Nicolas D. Kanter
Direktur Operasi dan Produksi: Bapak Hartono
Direktur Pengembangan Usaha: Bapak I Dewa Bagus Wirantaya
Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko: Ibu Elisabeth RT Siahaan
Direktur Sumber Daya Manusia: Bapak Achmad Ardianto.


Sekilas MIND ID

BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID (Mining Industry Indonesia) melalui entitas PT Mineral Industri Indonesia (Persero) memiliki mayoritas saham pada empat perusahaan industri tambang terbesar di Indonesia; PT Aneka Tambang Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Timah Tbk, dan PT Freeport Indonesia.

MIND ID terus membangun ekosistem pertambangan berkelanjutan, menjadi pelopor Program Dekarbonisasi, sekaligus ujung tombak Hilirisasi Produk Pertambangan.

MIND ID mengelola sumber daya alam untuk peradaban, kemakmuran, dan masa depan Indonesia yang lebih cerah.

Baca Juga: MIND ID Dorong Kinerja Anak Usaha Bertumbuh Pesat

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved