June
24
2022
     19:47

RUPS Bukalapak Menyetujui Laporan Keuangan 2021 dan Realisasi Penggunaan Dana IPO

RUPS Bukalapak Menyetujui Laporan Keuangan 2021 dan Realisasi Penggunaan Dana IPO
ILUSTRASI. Dalam kegiatan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (Rapat) hari ini membahas empat agenda yang berkaitan dengan kinerja perusahaan Bukalapak.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - PT Bukalapak.com, Tbk (“IDX:BUKA”) hari ini telah menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (Rapat) yang dihadiri oleh Jajaran Direksi, Komisaris dan Pemegang Saham Perseroan. Dipimpin oleh Komisaris Utama sekaligus Komisaris Independen PT Bukalapak.com, Tbk., Bapak Bambang Brodjonegoro. Turut hadir di dalam Rapat, Ibu Zannuba Arifah (Yenny Wahid), selaku Komisaris Independen, Bapak Adi Sariaatmadja selaku Komisaris, Bapak Willix Halim selaku Direktur Utama, Bapak Teddy Oetomo selaku Direktur, Bapak Victor Lesmana selaku Direktur, serta Bapak Howard Gani selaku Direktur.

Sebagai agenda pertama, Perseroan meminta persetujuan atas Penyampaian dan persetujuan Laporan Keuangan Perseroan yang memuat Neraca dan Perhitungan Laba Rugi Perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2021; laporan tahunan Perseroan dan laporan pertanggungjawaban Direksi Perseroan; serta laporan tugas pengawasan Dewan Komisaris Perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2021 dan memberikan pelunasan dan pembebasan tanggung jawab (acquit et de charge) sepenuhnya kepada seluruh anggota Direksi dan Dewan Komisaris Perseroan atas tindakan pengurusan dan pengawasan yang telah dijalankan selama tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2021, sepanjang tindakan-tindakan tersebut tercermin dalam Laporan Keuangan Perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2021 dan Laporan Tahunan Direksi Perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2021, di mana Bukalapak terus menunjukkan pertumbuhan yang positif, di antaranya ditunjukan oleh Total Processing Value (TPV) selama kuartal keempat tahun 2021 yang tumbuh sebesar 29% dan pada tahun 2021 tumbuh 44% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya, menjadi Rp 34.7 triliun pada kuartal keempat 2021 serta Rp 122.6 triliun sepanjang tahun 2021. Margin Kontribusi terhadap pendapatan neto konsolidasian juga membaik menjadi (11%) di tahun 2021 dari (21%) untuk periode yang sama tahun 2020. EBITDA Yang Disesuaikan Perseroan meningkat 15% menjadi sekitar (Rp.1.4 triliun) per 31 Desember 2021 dari sebelumnya (1.6 triliun).

RUPS Perseroan juga menyetujui agenda kedua dan ketiga, yaitu penunjukan serta penetapan Akuntan Publik dan/atau Kantor Akuntan Publik untuk melakukan audit atas laporan keuangan untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2022, serta penetapan remunerasi bagi anggota Dewan Komisaris dan Direksi Perseroan untuk tahun 2022.

Sedangkan untuk agenda keempat, Perseroan juga mengumumkan pelaporan realisasi penggunaan dana hasil IPO selama tahun buku 2021.  

"Ke depannya, Perseroan akan terus mengkaji potensi dan kesempatan baru yang tersedia serta melakukan inovasi yang dapat meningkatkan nilai dari Perseroan serta memberikan kontribusi positif bagi Perseroan dan kinerja operasionalnya. Dalam merealisasikan hal tersebut, tentunya manajemen akan senantiasa memperhatikan dan mematuhi peraturan perundang-undangan dan ketentuan yang berlaku", ujar Direktur PT Bukalapak.com, Tbk, Teddy Oetomo.

Komisaris Utama sekaligus Komisaris Independen Bukalapak, Bambang Brodjonegoro menyampaikan bahwa Bukalapak berada di posisi keuangan yang baik untuk terus tumbuh secara berkelanjutan sebagai tech enabler yang dapat mendukung perkembangan serta memenuhi berbagai kebutuhan UMKM serta masyarakat di Indonesia. “Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pemegang saham PT Bukalapak.com, Tbk. atas kepercayaan dan dukungan kepada Perseroan hingga hari ini. Komitmen kami adalah terus berupaya mengembangkan dan menjaga pertumbuhan Bukalapak menjadi perusahaan teknologi yang senantiasa membawa dampak positif bagi berbagai aspek di tanah air”, ujarnya.

Tentang Bukalapak

BUKA adalah grup perusahaan berbasis teknologi dan super enabler teknologi untuk mendukung transformasi UMKM di Indonesia serta berbagai vertikal bisnis.

Berpegang teguh pada tujuan awal kami untuk memberdayakan UMKM, kini kami melayani lebih dari 110 juta pengguna serta lebih dari 20 juta UMKM di tanah air. Sebagai perusahaan teknologi Indonesia pertama yang terdaftar di bursa, fokus kami adalah menggunakan teknologi untuk mendukung kebutuhan gaya hidup digital saat ini bagi para UMKM serta masyarakat Indonesia secara umum melalui berbagai vertikal, dari marketplace, finance dan fintech, offline to online, merchant solutions, hingga pengadaan.

Dengan memanfaatkan lebih dari 1 dekade inovasi teknologi yang diperuntukkan bagi konsumen dan pemilik bisnis di Indonesia, BUKA adalah tech enabler dan pendorong transformasi digital di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Tag

Release Terkini


2022 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved