August
31
2024
     15:36

Resmikan Gedung Respirasi Ibu&Anak RSUP Persahabatan,Presiden:Tak Perlu Keluar Negeri

Resmikan Gedung Respirasi Ibu&Anak RSUP Persahabatan,Presiden:Tak Perlu Keluar Negeri
ILUSTRASI. Presiden Joko Widodo meresmikan Gedung Layanan Respirasi Ibu dan Anak RSUP Persahabatan, Jakarta pada Jumat (30/8).

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Presiden Joko Widodo meresmikan Gedung Layanan Respirasi Ibu dan Anak RSUP Persahabatan, Jakarta pada Jumat (30/8).

Peresmian gedung setinggi 8 dan 6 lantai ini ditandai dengan pemencetan tombol sirine oleh Presiden Joko Widodo didampingi Menko PMK, Muhadjir Efendi, Menkes Budi Gunadi Sadikin, Menkeu Sri Mulyani, PJ Gubernur Jakarta Heri Budi Hartanto serta Presiden IsDB Sulaiman Aljazair.

Presiden mengaku terkagum-kagum dengan gedung baru RSUP Persahabatan. Menurutnya, bangunan dan tata ruang rumah sakit sangat bagus setara hotel bintang lima.

“Saya tadi masuk ke Rumah Sakit Persahabatan yang baru, apa komentarnya?Semuanya menyampaikan seperti masuk hotel bintang 5. Bangunannya bagus, sangat bersih, arsiteknya bagus, lampunya terang benderang,” ucap Presiden.

Dari sisi fasilitas, Presiden menyampaikan bahwa secara keseluruhan sudah sangat lengkap. Ia berharap dengan fasilitas yang ada, masyarakat tidak perlu lagi berobat ke luar negeri.

“Saya kira banyak daerah yang akan merujuk kesini karena memang peralatan dan dokternya sangat mendukung kesembuhan ibu dan anak. Dan tidak perlu lagi berobat ke luar negeri, Singapur, Malaysia dan Jepang, melihat gedungnya seperti ini cukup ke RS Persahataan,” ucap Presiden.

Presiden menambahkan, pembangunan gedung baru tersebut menghabiskan anggaran sebesar Rp 494 miliar. Namun, Preside menyebut pemerintah tidak keberatan menggeluarkan anggaran besar, asal digunakan untuk kepentingan masyarakat.

“Tapi tidak masalah kalau memang layanan ini bisa memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat utamanya pelayanan respirasi ibu dan anak,” tutur Presiden.

Menkes Budi mengatakan, proyek gedung baru ini merupakan gedung keempat yang diresmikan oleh Presiden dalam minggu ini. Sebelumnya, Presiden telah meresmikan gedung layanan ibu dan anak di RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta, RSUP Hasan Sadikin Bandung dan RS Kanker Dharmais Jakarta.

“Ini adalah rumah sakit yang keempat yang diresmikan oleh Bapak Presiden dalam minggu ini. Rumah sakit ini kita bangun pasca COVID-19, kalau yang Ini khusus untuk respirasi, yakni penyakit pernapasan dan paru-paru,” kata Menkes.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono mengatakan gedung layanan baru ini memiliki kapasitas lebih dari 200 tempat tidur serta dilengkapi dengan alat yang canggih serta SDM yang berkompeten. Ia pun meyakini gedung baru tersebut akan meningkatkan kualitas layanan RSUP Persahabatan sebagai pusat respirasi nasional.

“Semua ada disini, jadi tidak perlu berobat ke luar negeri. Disini aja,” tutur Wamenkes.

Baca Juga: One Stop Service, Deteksi Dini Kanker Paru di RSUP Persahabatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved