Rencana CLEO Integrasikan Bisnis Distribusi Dapat Persetujuan RUPSLB Independen
Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti
KONTAN.CO.ID - Langkah produsen air minum dalam kemasan (AMDK) merek “CLEO”, PT Sariguna Primatirta Tbk (Tanobel Group) untuk melakukan integrasi vertikal atas supply chain bisnis distribusi yang selama ini dijalankan PT Sentralsari Primasentosa (PT SPS) semakin nyata, dengan harapan bahwa integrasi ini akan berjalan dengan lancar di tahap selanjutnya. Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Independen CLEO telah menyetujui rencana akuisisi PT SPS tersebut pada tanggal 22 Desember 2023, di Voza Office Tower, Surabaya.
Untuk akuisisi yang akan dilakukan dalam rangka pengintegrasian bisnis tersebut, PT SPS akan menerbitkan 100.000 lembar saham baru (setara dengan 80% kepemilikan saham) pada kuartal IV 2023, sehingga bisa mendapatkan suntikan dana segar dari CLEO sebesar Rp 180 miliar. Proses transaksi akuisisi ini telah mendapatkan opini kewajaran (fairness opinion) dari Kantor Jasa Independen tersebut. Dana segar sebesar Rp 180 miliar di PT SPS akan digunakan untuk menambah armada kendaraan distribusi.
“Dengan diperolehnya persetujuan dari pemegang saham independen ini, langkah strategis Perseroan berupa integrasi vertikal terhadap perusahaan bisnis distribusi PT SPS dapat segera kami realisasikan.
Harapan kami, langkah integrasi ini akan dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas kerja Perseroan, sehingga akan menghasilkan percepatan pertumbuhan kinerja Perseroan. Karena selain akan mendukung pengembangan usaha SPS itu sendiri, pengintegrasian ini juga otomatis akan meningkatkan kemampuan CLEO dalam melakukan penetrasi pasar," kata Melisa Patricia, CEO dari CLEO.
Memiliki 342 cabang yang tersebar di seluruh Indonesia dan didukung oleh ribuan armada, PT SPS merupakan perusahaan distribusi fast moving consumer goods (FMCG), dengan produk utamanya yang didistribusikan yaitu produk CLEO ke seluruh Indonesia.
Sementara itu, untuk memenuhi permintaan dari kalangan hotel, restoran dan cafe premium, Perseroan telah merilis produk terbaru, Cleo Platine Sparkling Water. Berbeda dengan produk-produk sebelumnya, produk baru ini ditujukan untuk segmen konsumen kelas atas.
“Pasar untuk produk kelas premium memang tidak sebesar kelas menengah dan bawah. Tetapi kami yakin produk terbaru ini akan sukses, karena pasar untuk segmen ini terus bertumbuh terutama di Surabaya, Jakarta, Bali dan Lombok. Ini sejalan dengan peningkatan aktivitas di masyarakat seperti pertemuan bisnis, serta di sektor perhotelan,” kata Melisa.
Dengan telah dirilisnya produk terbaru Cleo Platine Sparkling Water tersebut, ditambah dengan adanya siklus musiman kenaikan penjualan terkait liburan Natal dan Tahun Baru, CLEO menargetkan pertumbuhan kinerja kuartal empat akan lebih baik daripada kuartal tiga 2023.
Kepiawaian CLEO dalam mengembangkan bisnis air minum khususnya dalam memasarkan produkproduknya sendiri telah mendapatkan pengakuan dari pihak luar. Dalam hal ini, pada Kamis tanggal 7 Desember 2023, Perseroan baru saja memperolah Award Premium Emiten dalam kategori Air Minum pada acara Penghargaan Public Company Entrepreneurial Marketing Awards 2023.
Lebih lanjut, bersama Manzone, CLEO telah menggandeng Muklay untuk merilis produk kaos terbaru yang bukan hanya sekadar tren fashion, tapi juga sebuah inovasi yang berkomitmen dalam pengelolaan sampah plastik yang ramah lingkungan. Koleksi green fashion yang diluncurkan pada tanggal 12 Desember 2023 ini merupakan produk kaos yang terbuat dari plastik PET daur ulang di setiap potongannya.
Tentang PT Sariguna Primatirta Tbk
PT Sariguna Primatirta Tbk dengan identitas Tanobel Group, perusahaan publik yang sahamnya tercatat di Bursa Efek Indonesia sejak tahun 2017 (IDX: CLEO) merupakan produsen Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) pertama di Indonesia yang mendapatkan sertifikat food safety management ISO 22000 : 2005. Pada tahun 2004 Cleo hadir di Indonesia sebagai brand Air Minum dalam kemasan dengan diferensiasi Air Murni dan pembukaan pabrik pertama di Pandaan, Jawa Timur.
Hadir dengan inovasi pertama di Indonesia, yaitu Galon Cleo yang memiliki handle sehingga mudah untuk dibawa dan dipasang ke dispenser. Galon Cleo terbuat dari bahan bebas BPA yang menjamin kemurnian dan kesehatan air didalamnya. Tahun 2013, CLEO menerbitkan Cleo Ecoshape yang merupakan produk kemasan praktis ramah lingkungan.
Baca Juga: Sariguna Primatirta (CLEO): industri Air Minum Nasional Terus Tumbuh Setiap Tahunnya
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News