May
29
2022
     10:07

Regenerasi SDM Bidang Pertanian, Crowde Gandeng Universitas

Regenerasi SDM Bidang Pertanian, Crowde Gandeng Universitas
ILUSTRASI. CROWDE

Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sejalan dengan komitmen Crowde dalam menyejahterakan petani daerah, Crowde menandatangani perjanjian kerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Institut Teknologi Sumatera (LPPM Itera), juga sebelumnya telah menandatangani perjanjian kerjasama dengan Fakultas Pertanian Universitas Padjajaran (Unpad).

"Diharapkan visi dan misi kedua belah pihak dapat tercapai dengan baik, sehingga dampaknya dapat dirasakan oleh masyarakat secara langsung, khususnya di Provinsi Lampung dan Jawa Barat," terang Kepala LPPM Itera Acep Purqon dalam siaran pers, Minggu (29/5).

Pihak universitas membantu dari sisi potensi generasi milenial untuk berkarya di bidang pertanian. Dengan memiliki prodi-prodi terkait di bidang budidaya dan teknologi pertanian, Itera dan Unpad membuka kesempatan bagi stakeholder serta petani-petani binaan agar terus memberdayakan UMKM yang ada. Selain itu, kerjasama ini juga menjadi upaya peningkatan kualitas SDM dan kualitas produk hasil UMKM yang dikelola oleh masyarakat sekitar.

Dengan kolaborasi nyata bersama LPPM Itera dan Unpad, Crowde menyambut baik kerja sama ini. 

Baca Juga: Crowde Berkontribusi dalam Smallholder AgriTech Southeast Asia Landscape

Menurut CEO & Co-Founder Crowde, Yohanes Sugihtononugroho, kolaborasi ini membutuhkan gotong royong tidak hanya dari pegiat pertanian, tapi juga lembaga penelitian, pemerintah, serta media yang meliput. Peran dari Crowde dapat menjadi lembaga independen yang membantu para petani Indonesia.

"Indonesia tentu perlu regenerasi petani dari generasi milenial yang punya keberanian dan kesempatan untuk industri pertanian dan teknologi. Kolaborasi ini akan memberikan banyak peluang untuk mencicipi agriculture industry untuk terus berkembang dan menopang kehidupan Indonesia ke depannya," ungkap Yohanes.

Indra Permana, Senior Research Manager Crowde menambahkan, terjalinnya integrasi antara akademisi dan industri dalam mengembangkan keilmuan pertanian, agar kedepannya banyak generasi muda yang melek teknologi dan tertarik untuk bergelut di dunia pertanian.

Menurut Indra, pihak universitas yang menjalin kerjasama dengan Crowde tentu memiliki tujuan yang sama untuk menciptakan inovasi dalam industri pertanian, terutama dalam penerapan teknologi tepat guna. Bagaimanapun, kerjasama ini pada akhirnya tercipta demi meregenerasi sumber daya manusia di bidang pertanian.

“Terima kasih kepada Itera dan Unpad yang telah bersedia untuk inovasi supaya bisa tumbuh. Semoga kerjasama ini bisa selalu terjalin dengan baik, terevaluasi dan berkesinambungan agar kita punya program yang selalu relevan,” tutup Yohanes.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Tag

Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved