October
28
2023
     11:35

Ragam Program MIND ID untuk Kembangkan Sumber Daya Manusia dari Tahun ke Tahun

Ragam Program MIND ID untuk Kembangkan Sumber Daya Manusia dari Tahun ke Tahun
ILUSTRASI. Grup MIND ID yang beranggotakan PT Antam Tbk., PT Bukit Asam Tbk., PT Freeport Indonesia, PT Inalum, dan PT Timah Tbk., berisikan karyawan perempuan sebanyak 10%.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID berkomitmen untuk mengembangkan SDM yang kompeten dan unggul, sehingga dapat mendukung pertumbuhan dan keberlanjutan perusahaan di masa depan. Pengembangan sumber daya manusia (SDM) merupakan salah satu fokus utama MIND ID dalam menjalankan bisnisnya.

Menurut Sekretaris Perusahaan MIND ID Heri Yusuf, SDM yang unggul dan berkualitas menjadi kunci untuk menjawab kebutuhan dan tantangan global dibidang pertambangan.

"MIND ID akan terus mengembangkan SDM yang kompeten, sehingga dapat mendukung keberlanjutan perusahaan dan hilirisasi," kata Heri Yusuf.
Sebagai Holding Industri BUMN, MIND ID turut menerapkan nilai-nilai AKHLAK yang telah ditetapkan oleh Kementerian BUMN. Implementasi nilai AKHLAK tersebut juga ditandai dengan transformasi SDM di lingkungan anggota MIND ID sejak 2020.

"MIND ID melakukan transformasi SDM guna mewujudkan SDM yang unggul, ber-AKHLAK, dan adaptif terhadap perubahan," kata Heri Yusuf.

MIND ID menginisiasi Program Sustainability Terintegrasi dan Transformasi Nilai untuk mengimplementasikan nilai-nilai AKHLAK. Program ini dijalankan anggota MIND ID, PT Timah Tbk dengan mengubah Bangka Island Outdoor (BIO) di Desa Deniang, Kabupaten Bangka sebagai Learning Center yang terintegrasi dengan pusat Learning dan Research MIND ID pada 2022 lalu.

Learning Center PT Timah Tbk yang dikenal sebagai Kawah Candradimuka ini mengusung konsep belajar di alam atau ruang terbuka. Hal ini sejalan dengan komitmen Grup MIND ID terhadap aspek keberlanjutan.

Internalisasi AKHLAK yang dilakukan Grup MIND ID di BIO PT Timah Tbk ini mengedepankan konsep experiental learning dengan enam fasilitas utama berbasis alam dan disesuaikan dengan nilai-nilai AKHLAK. Akitivasi BIO menjadi perwujudun nyata MIND ID untuk mencetak insan-insan BUMN Ber-AKHLAK.

MIND ID XPLORER merupakan bentuk komitmen perusahaan dalam membangun kompetensi dan kesetaraan melalui program akselerasi dan manajemen. Peserta program MIND ID XPLORER dibagi ke dalam lima bidang meliputi, operations, supply chain, finance, business, dan corporate services.

Program manajemen XPLORER merupakan program akselerasi manajemen, sehingga peserta yang berhasil terpilih akan dibimbing dan dibekali pengetahuan juga pengalaman guna meningkatkan pengetahuan, kapabilitas, dan keahlian yang dibutuhkan agar mampu mengelola komoditas industri pertambamngan strategis Indonesia secara berkelanjutan di masa yang akan datang.

Peserta terpilih tersebut menjalani dua tahun masa pengembangan dan melaksanakan empat rotasi kerja dalam lingkup Grup MIND ID meliputi, MIND ID, PT Bukit Asam Tbk., PT Antam Tbk., PT Inalum, PT Freeport Indonesia, PT Timah Tbk., serta MIND ID Trading.

Peserta mendapatkan latihan yang relevan dengan kebutuhan organisasi saat mengikuti serangkaian materi dalam program MIND ID XPLORER. MIND ID pun berkomitmen terhadap inklusi dan kesetaraan gender dengan adanya keterlibatan 10 peserta perempuan dalam MIND ID XPLORER. Grup MIND ID memberikan peluang setara bagi semua individu untuk berkembang bersama dalam lingkungan kerja yang beragam.

Sebelumnya, pengembangan SDM MIND ID telah dilakukan melalui berbagai program kegiatan yang dirancang secara komprehensif dan terintegrasi dari tahun ke tahun. MIND ID menyelenggarakan dua program pengembangan SDM, yakni Senior Leader Development Program (SLDP) dan Emerging Leaders Development Program (ELDP) pada 2019.

Program SLDP bertujuan untuk mempersiapkan individu yang berada di bawah direksi anggota MIND ID agar menjadi pemimpin yang cakap. Salah satu program pengembang SDM Grup MIND ID ini digelar selama sembilan bulan.

Para individu yang masuk program SLDP ini akan mengikuti kelas, sekaligus melakukan action learning project. Bahkan, para peserta ditempatkan ke perusahaan multinasional luar negeri untuk belajar bagaimana menjalankan sebuah perusahaan besar.

Sedangkan program lainnya ELDP, program ini dikhususkan bagi individu yang berada di tingkat dua bawah direksi. MIND ID memberikan kesempatan bagi 25 karyawan yang bisa ditingkatkan kemampuannya untuk menjadi direksi di masa depan.

Para peserta ELDP wajib mengikuti kelas secara online untuk program pengayaan kemampuan selama satu tahun. Nantinya, setelah kelas peningkatan soft skill, peserta akan ditempatkan di perusahaan multinasional selama tiga bulan.

Grup MIND ID juga menjunjung tinggi nilai-nilai inklusi dan keragaman dalam mengelola SDM. Meski perusahaan yang bergerak dalam sektor pertambangan dan logam biasanya identik dengan sektor yang didominasi laki-laki.

Heri Yusuf memastikan MIND ID memberikan kesempatan yang sama bagi seluruh karyawan, mulai dari rekrutmen, penilaian pekerjaan, promosi, hingga keputusan remunerasi. Grup MIND ID menjunjung tinggi women empowerment atau pemberdayaan perempuan, baik dalam proses rekrutmen, inklusi, serta keanekaragaman.

MIND ID memiliki 10 persen karyawan yang merupakan perempuan. Jumlah tenaga kerja perempuan berdasarkan status kepegawaian di masing-masing anggota grup MIND ID, di antaranya PT Antam Tbk memiliki 304 karyawan tetap dan 13 karyawan kontrak, PT Bukit Asam Tbk memiliki 292 karyawan tetap dan 16 karyawan kontrak.

PT Inalum memiliki 150 karyawan tetap dan 4 karyawan kontrak, serta PT Timah Tbk memiliki 273 karyawan tetap dan 7 karyawan kontrak. Terdapat total 1.019 karyawan perempuan tetap dan 40 karyawan perempuan kontrak.

Hingga 2022, MIND ID memiliki 964 pegawai perempuan rekrutan lokal yang menjabat sebagai manajemen dan manajemen senior di Grup MIND ID. Angka tersebut merupakan 8,89 persen dari total tenaga kerja tetap Grup MIND ID.

Kesetaraan gender dan inklusi dalam rekrutment pegawai MIND ID juga ditunjukan melalui program akselerasi manajemen MIND ID XPLORER. MIND ID melakukan rekruitmen mencari talenta terbaik yang nantinya akan ditempatkan untuk berkarier di Grup MIND ID.

"Program ini bertujuan meningkatkan pengalaman dan pengetahuan peserta melalui pelatihan langsung di berbagai fungsi dan organisasi," kata Heri Yusuf.

Sekilas MIND ID

BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID (Mining Industry Indonesia) melalui entitas PT Mineral Industri Indonesia (Persero) memiliki mayoritas saham pada empat perusahaan industri tambang terbesar di Indonesia; PT Aneka Tambang Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Timah Tbk, dan PT Freeport Indonesia.

MIND ID terus membangun ekosistem pertambangan berkelanjutan, menjadi pelopor Program Dekarbonisasi, sekaligus ujung tombak Hilirisasi Produk Pertambangan.

MIND ID mengelola sumber daya alam untuk peradaban, kemakmuran, dan masa depan Indonesia yang lebih cerah.

Baca Juga: Ciptakan Keberlangsungan Bisnis Pertambangan, MIND ID Patuhi Standar ICMM

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved