March
30
2023
     18:27

PT Victoria Care Indonesia Tbk (VICI) Menutup 2022 dengan Performa Solid Kuartal IV

PT Victoria Care Indonesia Tbk (VICI) Menutup 2022 dengan Performa Solid Kuartal IV
ILUSTRASI. PT Victoria Care Indonesia Tbk (VICI) membukukan pendapatan bersih sebesar Rp318 miliar, naik 13,2% dibandingkan kuartal sebelumnya & mencatatkan laba bersih sebesar Rp44 miliar, atau naik 71,5% dibandingkan kuartal III tahun 2022.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - PT Victoria Care Indonesia Tbk (VICI) berhasil menutup tahun 2022 dengan capaian yang sangat positif di kuartal IV, menjadikan kuartal tersebut sebagai kuartal terbaik di sepanjang 2022.

Meski sempat mengalami hambatan pada awal tahun 2022 sebagai akibat dari omicron wave, Perseroan berhasil menunjukkan kemampuannya untuk keluar dari kondisi tersebut dan terus mencatatkan perbaikan dari kuartal ke kuartal.

Pada kuartal IV tahun 2022, Perseroan membukukan pendapatan bersih sebesar Rp318 miliar, naik 13,2% dibandingkan kuartal sebelumnya, dan juga mencatatkan laba bersih sebesar Rp44 miliar, atau naik 71,5% dibandingkan kuartal III tahun 2022.

Perseroan juga mencatat gross profit margin sebesar 53,7% di kuartal IV tahun 2022 dibandingkan 51,5% pada kuartal sebelumnya. Net Income Margin Perseroan juga naik dari sebelumnya 9,2% di kuartal III 2022 menjadi 13,9% di kuartal IV 2022.  

Secara YoY, pendapatan Perseroan turun sebesar 9,2% YoY, dari sebelumnya Rp1,1 trilliun di 2021 menjadi Rp1 trilliun di 2022, diakibatkan terutama penurunan penjualan antiseptik akibat kondisi pandemi yang membaik di keseluruhan tahun 2022.

Namun, jika penjualan produk-produk antiseptik dikecualikan, penjualan Perseroan justru tumbuh 13% dibandingkan 2021. Perseroan berhasil menerapkan strategi yang tepat dalam menyikapi perubahan kondisi pandemi dengan mengeluarkan produk-produk baru yang sesuai dengan permintaan pasar dan didukung dengan strategi digital marketing yang mampu meningkatkan awareness dan permintaan atas produk-produk baru tersebut baik di pasar online maupun offline.

Investasi yang Perseroan lakukan pada kategori-kategori baru seperti perawatan rambut profesional dan kosmetik dekoratif membuahkan hasil dengan pertumbuhan penjualan mencapai masing-masing 300% dan 185% di tahun 2022 dibandingkan 2021.

“Kami sadar sepenuhnya bahwa kondisi pandemi sudah berubah di 2022 dan kami merespons perubahan tersebut dengan segera mengeluarkan produk-produk baru yang sesuai dengan tren pasar dan ternyata diterima dengan sangat positif.

Kekuatan VICI di research & innovation yang didukung dengan kemampuan produksi dan distribusi yang luas, mendukung perbaikan performa kami dari kuartal ke kuartal di sepanjang 2022,” ujar Billy Hartono Salim, CEO PT Victoria Care Indonesia Tbk.

Digital Marketing Menjadi Salah Satu Kunci Kesuksesan
Lebih lanjut, yang juga menjadi capaian penting Perseroan di tahun 2022 adalah kemampuan Perseroan untuk monetisasi dari online channel. Penjualan Perseroan melalui online naik lebih dari 300% di tahun 2022 dibandingkan 2021.

Perseroan berinvestasi dengan memperkuat tim digital marketing dengan generasi muda yang kreatif dan adaptif dengan perubahan-perubahan cepat yang terjadi di platform digital.

Perseroan juga terus melakukan eksplorasi untuk mengoptimalkan online channel tidak hanya sebagai platform untuk berjualan, tapi juga sebagai platform untuk branding dan meningkatkan awareness atas produk-produk Perseroan sehingga dampak positifnya tidak hanya terasa di penjualan online tapi juga pada penjualan offline.  

“Kami melihat peluang yang luar biasa pada online channel dan Perseroan menyikapi peluang tersebut dengan berinvestasi pada tim digital marketing untuk mengoptimalkan berbagai online platform yang tersedia untuk memperkuat penjualan. Hasilnya sangat jelas dan Perseroan berkomitmen untuk terus memperkuat kehadiran kami di online channel sebagai salah satu growth engine untuk tahun 2023 ini,” Imbuh Billy.

2023 – Tahun Tantangan dan Kesempatan
“Kami menyadari sepenuhnya bahwa 2023 adalah tahun yang penuh dengan tantangan. Kondisi perekonomian global dan kondisi geopolitik yang terus memanas tentunya akan memiliki dampak tersendiri untuk Indonesia.

Namun di sisi lain, kami melihat permintaan atas produk-produk personal care di market domestik tetap kuat. Isu inflasi sebagai akibat dari kenaikan harga BBM yang terjadi di tahun lalu tidak memengaruhi performa kami, di mana penjualan kami terus mengalami kenaikan bahkan sejak kenaikan harga BBM. Tren penguatan penjualan tersebut juga kami lihat di bulan-bulan awal tahun 2023 ini yang menunjukkan kenaikan signifikan YoY,” ucap Billy.

Lebih lanjut, Billy juga menambahkan bahwa pihaknya telah merumuskan strategi bauran produk baru dan strategi pemasaran untuk meningkatkan awareness dan demand atas produk-produk Perseroan yang merupakan mix dari kegiatan-kegiatan marketing, baik online atau offline.

“Tentunya, salah satu kekuatan VICI adalah keluwesan kami untuk beradaptasi dengan perubahan-perubahan yang terjadi dan ini adalah keunggulan kompetitif yang belum tentu dimiliki oleh kompetitor-kompetitor kami,” tutup Billy menegaskan.

Tentang PT Victoria Care Indonesia Tbk

PT Victoria Care Indonesia Tbk (VICI) merupakan perusahaan manufaktur kosmetik yang merupakan pemegang merek dari produk perawatan tubuh yang memiliki konsep bahan natural dengan merek Herborist.

Selain itu, PT Victoria Care Indonesia Tbk juga memiliki beberapa merek perawatan lainnya, seperti Miranda (produk pewarna dan perawatan rambut), Victoria (produk perawatan tubuh dan wewangian tubuh berkonsep praktis dan modern), Nuface (produk masker perawatan wajah dan kapas kecantikan), dan CBD (produk perawatan dan pewarna rambut yang digunakan para hairdresser professional).

Untuk pasar di dalam negeri, PT Victoria Care Indonesia Tbk memiliki jaringan ke lebih dari 3.000 pedagang grosir tradisional, 9.997 pengecer modern, hingga 62.181 ritel tradisional. Selain itu, PT Victoria Care Indonesia Tbk juga ekspor ke Jepang, Brunei Darussalam, Malaysia, Timor Leste, Korea Selatan, dan China.

Baca Juga: Victoria Care (VICI) Bidik Pertumbuhan Laba Dobel Digit pada 2023

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved