May
16
2023
     18:27

PT SMI Tandatangani Kerjasama Internasional untuk Percepat Pembangunan Indonesia

PT SMI Tandatangani Kerjasama Internasional untuk Percepat Pembangunan Indonesia
ILUSTRASI. Edwin Syahruzad, Direktur Utama PT Sarana Multi Infrastrutkur dan Dr. Mansur Muhtar, VP Operations Islamic Development Bank menandatangani dokumen komitmen persetujuan pemberian Line of Financing Facility (LoF) dari IsDB sebesar US$100 juta.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Edwin Syahruzad, Direktur Utama PT Sarana Multi Infrastrutkur (Persero) (“PT SMI”) dan Dr. Mansur Muhtar, Vice President Operations Islamic Development Bank (“IsDB”) menandatangani dokumen komitmen persetujuan pemberian Line of Financing Facility (LoF) dari IsDB sebesar US$100 juta.

LoF ini akan memberikan dukungan akses terhadap sumber pendanaan alternatif kepada PT SMI untuk pembiayaan pembangunan nasional sekaligus untuk mendukung ekosistem pembiayaan syariah di Indonesia. Bersama–sama, PT SMI dan IsDB akan mengkatalisasi pembangunan infrastruktur di Indonesia melalui instrumen pendanaan berbasis syariah.

Penandatanganan yang disaksikan oleh Menteri Keuangan Republik Indonesia, Sri Mulyani Indrawati dan Presiden IsDB, Muhammad Al-Jasser ini dilakukan di Jeddah, pada rangkaian kegiatan IsDB Annual Meeting ke-48 tanggal 10-13 Mei 2023.

Selain itu, penandatanganan LoF ini juga merupakan bentuk tindak lanjut dari Memorandum of Understanding antara PT SMI dan IsDB pada Presidensi G20 Indonesia 2022 lalu.

Edwin menyatakan bahwa “Kerjasama dengan IsDB telah terjalin cukup lama, khususnya dalam meningkatkan inklusifitas keuangan syariah terhadap pembangunan proyek-proyek infrastruktur di Indonesia.

Melalui ekosistem pembiayaan syariah yang akan terus dikembangkan bersama IsDB, PT SMI berharap dapat menarik sumber pendanaan syariah lainnya untuk bersama-sama mendukung agenda pembangunan prioritas nasional sehingga multiplier effect yang terbentuk akan besar dan memberikan dampak yang positif bagi akselerasi pembangunan di Indonesia.”

Dalam kerangka LoF tersebut, kerjasama yang akan ditindaklanjuti oleh kedua belah pihak antara lain mengenai potensi pembiayaan dengan tema Transisi Energi dan Energi Terbarukan melalui penyediaan fasilitas pembiayaan dengan skema blended financing dan peningkatan kapasitas, salah satunya melalui Energy Transition Mechanism Country Platform, dimana PT SMI ditunjuk oleh Kementerian Keuangan sebagai Country Platform Manager pada Presidensi G20 Indonesia 2022 yang lalu.

Selain itu, IsDB juga dapat secara bersama-sama dengan PT SMI melakukan co-financing terhadap proyek infrastruktur baik yang dikembangkan oleh badan usaha maupun pemerintah daerah serta pengembangan produk pembiayaan dan usaha syraiah yang ada di PT SMI, untuk meningkatkan ekosistem pembiayaan syariah khususnya terhadap pembangunan nasional.

Tentang PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero)

PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) (“PT SMI”) yang didirikan pada tanggal 26 Februari 2009 adalah Badan Usaha Milik Negera di bawah koordinasi Kementerian Keuangan yang berbentuk Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB). PT SMI berperan dan memiliki mandat sebagai katalis percepatan pembangunan nasional.

PT SMI memiliki berbagai fungsi dan produk/fitur unik untuk mendukung percepatan pembangunan infrasruktur yang tidak hanya berfungsi sebagai pembiayaan infrastruktur tetapi juga sebagai enabler melalui pelaksanaan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) yang mengikutsertakan berbagai institusi keuangan baik swasta maupun multilateral. PT SMI aktif mendukung pelaksanaan KPBU dan mendorong percepatan pembangunan infrastruktur di daerah melalui produk pinjaman daerah. 

PT SMI memiliki tiga pilar bisnis yaitu (1) Pembiayaan dan Investasi, yaitu pembiayaan terhadap proyek-proyek infrastruktur, (2) Jasa Konsultasi yaitu solusi atas kebutuhan tenaga professional dan ahli di bidang infrastruktur serta (3) Pengembangan Proyek yaitu membantu Penanggung Jawab Proyek Kerjasama (PJPK) untuk menyiapkan proyek infrastruktur.

Baca Juga: IsDB Kucurkan Pinjaman US$ 100 Juta ke Sarana Multi Infrastruktur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved