PT. Sari Coffee Indonesia dan Starbucks Foundation Berdayakan Komunitas di Indonesia

Reporter: Tim KONTAN | Editor: Ridwal Prima Gozal
KONTAN.CO.ID - Jakarta, 10 Oktober 2025. Starbucks Foundation dan PT. Sari Coffee Indonesia hari ini mengumumkan pemberian lima hibah dalam program Global Community Impact Grants untuk mendukung organisasi nirlaba di Indonesia. Melalui program unik ini, PT. Sari Coffee Indonesia menominasikan Gerakan untuk Kesejahteraan Tunarungu Indonesia (GERKATIN), Habitat for Humanity Indonesia, Indonesian Street Children Organization (ISCO), The Learning Farm, dan Prestasi Junior Indonesia, untuk mendukung inisiatif yang bermanfaat bagi komunitas lokal. Selain dana sebesar US$ 155.000 yang diberikan oleh Starbucks Foundation kepada organisasi-organisasi tersebut, partner (karyawan) PT. Sari Coffee Indonesia di seluruh Indonesia akan berpartisipasi sebagai sukarelawan untuk mendukung inisiatif yang berfokus pada pengembangan generasi muda, air bersih, sanitasi dan kebersihan, serta inklusivitas.
“Sebagai bagian integral dari komunitas, kami ingin menyatukan individu, menginspirasi untuk perubahan, dan membuat perbedaan dalam kehidupan masyarakat – itu semua adalah bagian dari bagaimana menjadi tetangga yang baik. Di Starbucks, komitmen kami berakar pada keyakinan bahwa kami dapat memanfaatkan kemampuan kami untuk membawa perubahan positif,” kata Liryawati, COO di PT Sari Coffee Indonesia. “Program dari Starbucks Foundation Global Community Impact Grants adalah ekspresi nyata dari dukungan dan kontribusi kami kepada komunitas lokal. Kami sangat senang dan bangga akan program ini dan menantikan untuk dapat melakukan bagian kami dan berkolaborasi dengan organisasi lokal untuk melakukan perubahan positif dengan pemberian dana hibah ini dan sumber daya lainnya,”tambahnya.
Aktifitas sukarelawan Starbucks di komunitas seperti bersama Habitat ForHumanity Indonesia mengecat toilet yang layak untuk masyarakat di Bogor, beraktifitas Bersama anak-anak dampingan organisasi Indonesian Street Children Organization (ISCO) dan Bersama Tthe Learning Farm, Bersama-sama menanam phon kopi di Cianjur.
Pemberian hibah ini akan mendukung:
• Gerakan untuk Kesejahteraan Tuna Rungu Indonesia (GERKATIN) bertujuan untuk mempromosikan inklusivitas dan rasa memiliki, sekaligus menyediakan layanan kemanusiaan dan sosial yang penting, termasuk layanan kesehatan mental bagi komunitas Tuna Rungu. Starbucks Indonesia juga mendukung GERKATIN dengan menyumbangkan sebagian dari hasil penjualan dari gerai Tata Puri Signing Store untuk mendukung kegiatan pelajaran bahasa isyarat dan kegiatan generasi muda.
• Habitat for Humanity Indonesia akan menyediakan akses ke perumahan layak huni termasuk fasilitas sanitasi di Gresik, Jawa Timur. PT. Sari Coffee Indonesia telah bermitra dengan Habitat for Humanity Indonesia sejak 2019 dalam berbagai proyek, termasuk upaya rehabilitasi pasca gempa Lombok 2018 dan pembangunan rumah serta fasilitas untuk komunitas berpenghasilan rendah.
• Indonesian Street Children Organization (ISCO) dalam program “Indonesia Youth Rise,” yang memberdayakan generasi muda dan orang tua muda yang termarjinalkan dalam bidang pendidikan di Jakarta, Medan, dan Surabaya. Program ini berfokus pada kesiapan kerja, pemberdayaan ekonomi dan sosial, literasi keuangan dan kewirausahaan, serta pendidikan gizi. Sejak 2012, Starbucks Indonesia dan ISCO telah berkolaborasi dalam berbagai inisiatif, termasuk “Drop of Hope,” yang mendorong pelanggan untuk mendonasikan seragam dan perlengkapan sekolah, serta program “Books for the Future” (BFF), yang mengumpulkan dan mendistribusikan buku-buku donasi untuk mendukung pendidikan di Jakarta, Medan, dan Surabaya.
• The Learning Farm adalah sebuah inisiatif pertanian organik berbasis asrama yang berlokasi di Cianjur, Jawa Barat, yang memberdayakan pemuda rentan dari seluruh Indonesia. Melalui pelatihan langsung dalam pertanian organik dan keterampilan hidup, program ini membekali generasi muda dengan kesiapan kerja, membantu mengatasi masalah kelaparan, serta mendorong peningkatan mobilitas dan peluang ekonomi.
• Prestasi Junior Indonesia. Starbucks Creative Youth Entrepreneurship Program (SCYEP) memberikan kesempatan bagi siswa SMA untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan kewirausahaan praktis yang diperlukan untuk mengubah ide bisnis dari konsep menjadi kenyataan. Program ini akan melibatkan siswa di Jakarta, Bogor, Tangerang Selatan, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Bali, dan Jayapura.
Robert Gardiner, Academic Advisor and Operations Counsel Prestasi Junior Indonesia, mengungkapkan, “Starbucks Global Community Impact Grants telah memungkinkan Prestasi Junior Indonesia untuk memberikan kesempatan yang bermakna bagi generasi muda Indonesia dalam mengeksplorasi dan mengembangkan potensi kewirausahaan mereka. Melalui Starbucks Creative Youth Entrepreneurship Program (SCYEP), lebih dari 5.600 pelajar SMA dan SMK telah memperoleh pengetahuan kewirausahaan serta keterampilan praktis yang penting sejak tahun 2019, dengan dukungan dedikasi lebih dari 1.900 sukarelawan dari Starbucks. Kemitraan berkelanjutan kami dengan Starbucks Indonesia mencerminkan visi bersama yang kuat untuk menginspirasi dan membekali generasi pemimpin bisnis masa depan.”
Sukarelawan Starbucks tengah berinteraksi dengan siswa peserta Starbucks Creative Youth Entrepreneurship Progam (SCYEP) yang sedang memamerkan produk usahanya dan suasana setelah pengumuman penghargaan kepada siswa peserta SCYEP
Diumumkan pada tahun 2022, inisiatif Global Community Impact Grants dari Starbucks Foundation merupakan investasi sebesar US$30 juta hingga tahun 2030 untuk mendorong dampak positif di bidang-bidang prioritas seperti pemberdayaan generasi muda, inklusivitas dan keberagaman, layanan sosial, pengentasan kelaparan, peluang ekonomi, serta akses air bersih, sanitasi dan kebersihan. Dengan lebih dari 100 hibah yang diberikan di 50 pasar dalam putaran kali ini, program ini memperluas ambisi perusahaan untuk berkontribusi secara positif bagi komunitas. Inisiatif ini melengkapi program lain dari The Starbucks Foundation – termasuk Neighborhood Grants, Origin Grants, dan Disaster Response Grants – yang berfokus pada peningkatan ketahanan dan kemakmuran komunitas serta mendukung komunitas yang terdampak bencana. Sejak diluncurkan pada tahun 2022, The Starbucks Foundation dan mitra lisensi telah memberikan lebih dari US$14 juta dalam bentuk Global Community Impact Grants kepada lebih dari 200 organisasi nirlaba di lebih dari 60 pasar.
“Sejak awal, Starbucks bertekad menjadi perusahaan yang berbeda – perusahaan yang memprioritaskan partner (karyawan), pelanggan, dan komunitas yang kami layani dengan cara yang relevan secara lokal,” kata Brady Brewer, CEO International Starbucks and board member of The Starbucks Foundation. “Melalui Global Community Impact Grants, kami meminta partner kami untuk mengangkat isu-isu yang mereka pedulikan di komunitas mereka, dan kami mengikuti arahan mereka, dengan memberikan donasi kepada organisasi lokal yang paling mereka pedulikan.
Selanjutnya: Lansia Tetap Aktif Tanpa Khawatir Beser Lagi, Lakukan Langkah Ini yuk
Menarik Dibaca: Lansia Tetap Aktif Tanpa Khawatir Beser Lagi, Lakukan Langkah Ini yuk
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News