December
22
2022
     18:11

PT BNP Paribas AM Tetap Optimis di Tahun 2023

PT BNP Paribas AM Tetap Optimis di Tahun 2023
ILUSTRASI. Djumala Sutedja, Direktur PT BNP Paribas AM dalam outlook investasi 2023 Defining the Road to Resilience menjelaskan resiliensi Indonesia akan diuji lebih lanjut lagi di tahun 2023.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - PT BNP Paribas Asset Management (“PT BNP Paribas AM”) meyakini bahwa terlepas dari ketidakpastian yang terus dialami sepanjang tahun 2022 ini, ada berbagai alasan untuk tetap optimis terhadap kondisi pasar pada tahun 2023.

Alasan pertama adalah resiliensi Indonesia yang kembali akan diuji oleh berbagai dinamika; mulai dari proyeksi pelambatan ekonomi dunia, pengetatan kebijakan moneter, hingga persiapan menuju perekonomian Indonesia yang lebih berkelanjutan. Di samping itu, iklim politik Indonesia pun diproyeksikan akan menjadi salah satu katalis penentu pasar dan arus investasi di Indonesia, menjelang Pemilu di tahun 2024.

Di tengah meningkatnya risiko ketidakpastian global, pertumbuhan ekonomi Indonesia tumbuh di atas 5% selama tiga triwulan berturut-turut di tahun 2022 ini . Resiliensi ini juga terlihat nyata dari kinerja pasar saham dan obligasi Indonesia maupun nilai tukar Rupiah terhadap Dolar AS yang lebih baik dibandingkan dengan negara berkembang lainnya.

Djumala Sutedja, Direktur PT BNP Paribas AM dalam pemaparan outlook investasi 2023 secara daring dengan tema ‘Defining the Road to Resilience’ menjelaskan, “Perekonomian Indonesia sepanjang 2022 ini ibarat perahu di tengah badai. Badai ini datang dari volatilitas global yang tinggi. Meskipun kita tidak dapat mengendalikan badai, akan tetapi kita bisa mengendalikan dan menavigasi stabilitas perahunya melalui stabilitas politik, sosial-ekonomi, dan juga makroekonomi. Dan kami melihat para nahkoda perahu Indonesia – dalam hal ini Pemerintah – mampu menavigasi perahu dengan baik.”

Meskipun begitu, resiliensi Indonesia akan diuji lebih lanjut lagi di tahun 2023. Secara umum, sentimen global akan banyak memengaruhi pertumbuhan ekonomi Indonesia termasuk kondisi geopolitik antara Rusia-Ukraina dan AS-China, perubahan terhadap kebijakan Zero COVID di China, serta inflasi yang masih tinggi terutama pada harga energi dan pangan.

Selain itu, kemungkinan terjadinya resesi di sejumlah negara maju juga berpotensi membawa dampak bagi pergerakan pasar dalam hal appetite pasar terhadap aset berisiko seperti saham hingga ekspektasi pasar terhadap kebijakan moneter bank sentral.

Namun, Djumala melihat bahwa kontribusi ekonomi domestik melalui konsumsi rumah tangga yang cukup tinggi serta swasembada pangan membuat kondisi Indonesia lebih kuat dibandingkan dengan negara lain.

Djumala juga menekankan inisiatif pemerintah untuk hilirisasi industri dapat berdampak positif pada FDI (Foreign Direct Investment / Penanaman Modal Asing) dalam jangka waktu yang relatif singkat dan meningkatkan export base Indonesia untuk jangka panjangnya.

Sementara itu, faktor domestik yang juga akan cukup berperan adalah iklim politik dalam negeri menuju Pemilu 2024 serta kelanjutan dari komitmen Indonesia menuju ke arah perekonomian yang lebih berkelanjutan dan inklusif.

Outlook yang konstruktif terhadap pasar saham terkait pembangunan ke arah green economy

Lebih lanjut, mengingat Indonesia yang baru saja menyelesaikan tugasnya sebagai tuan rumah pertemuan G20, PT BNP Paribas AM melihat beberapa manfaat besar yang dapat mendukung Indonesia menuju ke arah  perekonomian yang lebih hijau dan berkelanjutan. Salah satunya terkait dengan agenda transisi menuju energi terbarukan dimana muncul inisiatif dari beberapa negara maju untuk membantu pembiayaan proyek  renewable energy dalam jangka menengah hingga panjang yang akan membantu reformasi energi di Indonesia

Menambahkan lebih jauh ke outlook-nya untuk pasar saham Indonesia, Djumala menyampaikan “Untuk jangka panjang, kami memilih untuk fokus pada sektor-sektor yang menunjang pembangunan green economy.

Kami juga lebih konstruktif pada sektor-sektor yang berkaitan dengan Pemilu yang akan datang seperti konsumsi. Namun di lain sisi, investor juga perlu mencermati lebih lanjut sektor komoditas, mengingat sektor tersebut telah cenderung overcrowded.”

Pengaruh positif Tren Inflasi terhadap Pasar Obligasi

Sementara itu di pasar obligasi, secara agregat Djumala melihat bahwa tahun 2023 adalah tahun yang lebih baik untuk pasar obligasi. Inflasi diharapkan sudah mulai mengalami tren penurunan dan kebijakan suku bunga di banyak negara sudah mencapai puncaknya.

Namun Djumala masih melihat beberapa tantangan terutama pada kuartal awal di tahun depan akibat ketidakpastian akan kapan kenaikan suku bunga mencapai puncaknya. Jika kenaikan suku bunga di Amerika Serikat (AS) yang kian agresif ini mengakibatkan resesi di AS, investor perlu mengantisipasi gejolak pasar, baik di pasar obligasi maupun Rupiah.

Namun reaksi pasar obligasi Indonesia diperkirakan akan lebih mild dibandingkan dengan siklus sebelumnya berkat dukungan kondisi eksternal fundamental yang relatif lebih baik. “Kalau kita bandingkan kinerja pasar obligasi dengan siklus sebelumnya seperti tahun 2018, ketika suku bunga global juga sedang naik, depresiasi nilai tukar Rupiah mencapai lebih dari 10%, sementara yield obligasi Indonesia pada saat itu mencapai hampir 9%.

Sementara saat ini, Rupiah tidak hanya berkinerja lebih baik dari negara-negara di Asia, tingkat volatilitas yield obligasi pun lebih kecil dibanding negara lain. Namun, untuk posisi taktis jangka pendek, kami lebih memilih strategi investasi yang fokus pada income generation dibandingkan duration. Ketika outlook kebijakan suku bunga dan pertumbuhan ekonomi global sudah menunjukkan tren yang lebih stabil, maka barulah investor dapat beralih ke strategi yang sifatnya mengarah pada pengambilan risiko durasi”

Sebagai Perusahaan Manajer Investasi, PT BNP Paribas AM memiliki aspirasi untuk meneruskan upaya-upaya dalam menyediakan solusi investasi yang tidak hanya menjawab kebutuhan nasabah saat ini, tetapi juga relevan dengan kondisi perekenomian yang kian dinamis dan untuk jangka panjang.

Selain itu, PT BNP Paribas AM juga memiliki komitmen kuat dalam mempromosikan investasi berkelanjutan, melalui berbagai kegiatan edukasi serta memberikan insight terbaru yang diharapkan dapat menjadi panduan arah investasi bagi para investor kami.

Oleh karena itu, ke depannya solusi investasi yang disiapkan oleh PT BNP Paribas AM akan lebih menekankan kepada nilai tambah secara jangka panjang, tak hanya dari sisi finansial, tetapi juga keberlanjutan sosial, lingkungan, serta tata kelola yang baik.

Tentang PT. BNP Paribas Asset Management

Berdiri sejak tahun 1992, PT. BNP Paribas Asset Management (“Perusahaan”) merupakan salah satu perusahaan Manajer Investasi terkemuka di Indonesia. Perusahaan menawarkan jasa pengelolaan investasi bagi nasabah baik institusi maupun ritel, dalam bentuk Kontrak Pengelolaan Dana maupun Reksa Dana. Perusahaan juga bekerja sama dengan beberapa bank, perusahaan efek dan institusi keuangan terkemuka lainnya di Indonesia dalam memasarkan Reksa Dana nya.

Dengan didukung oleh lebih dari 50 (lima puluh) tenaga kerja profesional, perusahaan memiliki total dana kelolaan sebesar Rp 32.67 triliun(1). Perusahaan telah mendapatkan penghargaan dari berbagai media regional diantaranya “Best Fund House, Indonesia” di tahun 2019 dan “Best Islamic Fund House, Indonesia” di tahun 2020 dan 2022 oleh Asia Asset Management, “Asset Management Company of The Year – Indonesia” oleh The Asset di tahun 2010, 2011, 2012, 2014, 2015, 2017, 2019, 2020 dan 2021,  “Fund House of the Year – Indonesia” oleh Asian Investor di tahun 2012 dan 2017, “Asset Management of the Year” oleh Asia Asset Management di tahun 2010, 2011, 2012, 2014, 2015 dan 2017 serta “Best Islamic Asset Management House of the Year” oleh The Asset di tahun 2017, 2018, 2019 dan 2020 serta “ESG Asset Mangement Company of the Year” oleh  The Asset di tahun 2020. Perusahaan juga telah mendapatkan penghargaan sebagai “Best Investor Education” oleh Asia Asset Management di tahun 2019 dalam komitmennya di bidang edukasi melalui program BNP Paribas AM Investment Academy dan kampanye edukasi #AkuBisaInvestasi.

Baca Juga: BNP Paribas Asset Management Optimistis dengan Kondisi Pasar Keuangan di Tahun 2023

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved