July
25
2024
     16:37

Prudential Indonesia Ajak Masyarakat Bangun Gaya Hidup Sehat, Hijau & Kuat Finansial

Prudential Indonesia Ajak Masyarakat Bangun Gaya Hidup Sehat, Hijau & Kuat Finansial
ILUSTRASI. Prudential Indonesia, salah satunya program edukasi literasi keuangan untuk berbagai kalangan. Melalui program Cha-Ching, Prudential Indonesia telah mengedukasi sekitar 230.635 siswa-siswi SD dan lebih dari 7.000 guru akan pentingnya mengelola keuangansejak dini.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Sejalan dengan misi sebagai mitra dan pelindung terpercaya bagi generasi kini dan nanti, PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) mempertegas komitmennya berkontribusi dalam bidang lingkungan, sosial, dan tata kelola perusahaan (Environmental, Social, and Governance / ESG), dengan menjaga konsistensinya dalam melakukan berbagai inisiatif keberlanjutan.

Komitmen keberlanjutan Prudential Indonesia merupakan bagian dari strategi jangka panjang yang telah dirancang dan dilaksanakan oleh perusahaan selama bertahun-tahun, serta sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals). Hal ini bertujuan untuk menjangkau dan menginspirasi semakin banyak masyarakat Indonesia hidup lebih sehat, hijau, dan kuat secara finansial.

Karin Zulkarnaen, Chief Customer and Marketing Officer Prudential Indonesia, mengatakan, “Prudential Indonesia percaya bahwa dengan mengintegrasikan aspek keberlanjutan ke dalam setiap keputusan bisnis dan operasional perusahaan, kami dapat mendorong pertumbuhan bisnis yang solid untuk jangka panjang, serta menciptakan kontribusi positif bagi karyawan, nasabah, masyarakat dan lingkungan.

Untuk itu, kami secara konsisten mengadakan berbagai inisiatif dalam pilar strategi keberlanjutan perusahaan yang sesuai dengan kebutuhan nasabah dan masyarakat. Kami berharap dapat mewujudkan masa depan yang lebih bertanggung jawab dan inklusif bagi generasi sekarang dan yang akan datang, sesuai aspirasi kami untuk setiap kehidupan, untuk masa depan.”

Berdasarkan Laporan Keberlanjutan Perusahaan Tahun 2023, Prudential Indonesia menjalankan tiga pilar strategi keberlanjutan, yakni: perlindungan kesehatan dan finansial yang mudah dijangkau, investasi yang bertanggung jawab, dan bisnis yang berkelanjutan. Ketiga pilar ini diimplementasikan dengan menyasar tiga aspek, yaitu lingkungan, sosial, dan tata kelola yang profesional dan bertanggung jawab.

Selama tahun 2023, total limbah yang didaur ulang di kantor Prudential Indonesia sekitar 19 ton (41,6% dari total sampah yang dihasilkan) atau setara dengan berat 3 gajah afrika.

Oleh karena itu, untuk terus berkontribusi secara aktif dalam mengurangi limbah sampah yang dihasilkan serta meningkatkan kesadaran akan gaya hidup hijau bagi karyawan, nasabah dan tenaga pemasar, Prudential Indonesia mengadakan kampanye manajemen sampah khususnya dengan mengedukasi betapa pentingnya menerapkan 3R (Reduce, Reuse, Recycle) serta mengadakan inisiatif Green Cycle Corner di kantor dan Customer Care Walk-In Prudential Centre, Jakarta.

Selain itu, karyawan Prudential Indonesia juga terlibat dalam menanam lebih dari 25.000 bibit mangrove di sekitar wilayah Jakarta. Hal ini dilakukan dengan menerapkan kebijakan kantor dan asuransi ramah lingkungan (Green Office and Green Insurance).

Lebih jauh, Prudential Indonesia juga berupaya mengurangi emisi karbon dengan berbagai upaya, di antaranya penggantian kendaraan berbahan bakar bensin dengan listrik, penggunaan lampu LED di area kantor, pemisahan sampah organik dan anorganik, berpartisipasi dalam program Earth Hour, menggunakan botol minum yang lebih ramah lingkungan, dan mengkampanyekan hemat listrik bagi karyawan.

Sementara itu, sebagai bagian dari komitmen sosial dan pemberdayaan masyarakat, Prudential Indonesia mendorong pentingnya perlindungan kesehatan dan finansial yang mudah dijangkau bagi semua keluarga Indonesia. Berbagai inisiatif telah dilakukan Prudential Indonesia, salah satunya program edukasi literasi keuangan untuk berbagai kalangan.

Melalui program Cha-Ching, Prudential Indonesia telah mengedukasi sekitar 230.635 siswa-siswi SD dan lebih dari 7.000 guru akan pentingnya mengelola keuangan sejak dini. Selain itu, program literasi keuangan Prudential Indonesia juga telah menjangkau 8.819 perempuan Indonesia, termasuk di wilayah 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar), serta lebih dari 1.000 remaja Indonesia. Di ranah digital, edukasi keuangan Prudential telah berhasil mengedukasi lebih dari 3 juta penonton.

“Melalui berbagai program ini, Prudential Indonesia berusaha untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat dengan memberikan edukasi yang diperlukan untuk mencapai kesejahteraan finansial. Partisipasi aktif dalam kegiatan sosial dan edukatif ini menunjukkan komitmen Prudential Indonesia terhadap tanggung jawab sosial perusahaan dan kontribusinya dalam menciptakan masyarakat yang lebih sadar akan pentingnya perencanaan keuangan yang lebih baik,” tambah Karin.

Tidak hanya itu, Prudential Indonesia juga menghadirkan Program Desa Maju Prudential yang diadakan di 2 wilayah di Indonesia, yakni Kecamatan Mauk di Tangerang, Banten serta Desa Gunung Putri di Bogor, Jawa Barat, yang telah menjangkau 20.329 penerima manfaat melalui program pembangunan fasilitas tempat tinggal, sekolah, hingga sarana-prasarana umum.

Melalui kemitraan dengan lebih dari 300 jaringan rumah sakit yang masuk dalam PRUPriority Hospitals yang tersebar di 107 kota di Indonesia, termasuk 27 rumah sakit vertikal kelolaan pemerintah, sejak 2023, Prudential Indonesia turut mengadakan berbagai program untuk mendukung gaya hidup sehat masyarakat Indonesia.

Prudential Indonesia telah mengadakan penyuluhan kesehatan gratis kepada para nasabah dan masyarakat luas serta tes kesehatan gratis, seperti medical check-up kepada lebih dari 19.000 masyarakat yang berpartisipasi dalam acara PRUActive Family dan PRUActive Community yang bekerja sama dengan lebih dari 30 rumah sakit rekanan PRUPriority Hospitals, pemeriksaan Pap Smear untuk deteksi dini kanker serviks bagi 64 perempuan prasejahtera di Desa Maju Prudential, serta kegiatan donor darah yang berhasil mengumpulkan sebanyak 557 kantong darah, bekerja sama dengan rumah sakit rekanan PRUPriority Hospitals serta Palang Merah Indonesia.

Keberhasilan implementasi keberlanjutan pada aspek lingkungan dan sosial ini juga didukung dengan komitmen Prudential Indonesia untuk menerapkan tata kelola perusahaan yang dijalankan secara berintegritas, professional, serta bertanggung jawab, untuk mewujudkan bisnis yang berkelanjutan.

Berbagai inisiatif turut dilakukan, termasuk di antaranya menerapkan berbagai pelatihan bagi tenaga pemasar dan karyawan untuk memastikan pelayanan terbaik bagi nasabah. Prudential Indonesia juga terus mendorong keberagaman dan inklusivitas, dengan memberikan kesempatan yang setara bagi perempuan dan anak muda untuk memimpin dan mengambil berbagai posisi strategis bagi perusahaan.

Dengan berbagai upaya yang perusahaan jalankan, pada akhir tahun 2023 lalu, Prudential Indonesia berhasil menjadi perusahaan asuransi jiwa joint venture pertama yang meraih sertifikasi global yaitu ISO 37001:2016 terkait Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP). Penganugerahan ini menjadi bukti komitmen Prudential Indonesia dalam menerapkan good corporate governance, dengan prinsip zero tolerance terhadap suap dan korupsi.

Hal ini dilakukan melalui implementasi sistem manajemen anti penyuapan di seluruh operasional bisnis, sekaligus menjalankan bisnis secara berintegritas dan bertanggung jawab berkat komitmen nyatanya dalam bidang ESG, Prudential Indonesia berhasil mendapatkan penghargaan berupa ESG Award 2023 pada kategori Insurance for Sustainability, serta ESG Recognized Commitment 2024.

“Dengan perjalanan panjang yang telah Prudential Indonesia rangkai sampai saat ini, kami menyadari pencapaian dan kesuksesan yang kami raih adalah hasil kerja sama dari berbagai pihak. Maka, kami ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh pemangku kepentingan yang telah mendukung kami dalam perjalanan ini.

Kami akan terus mengajak karyawan, mitra, tenaga pemasar, serta masyarakat Indonesia agar dapat menjadi greenfluencer, yaitu pribadi yang dapat membawa perubahan yang berkelanjutan. Kami juga akan terus berkomitmen untuk menerapkan inisiatif keberlanjutan, sekaligus berkolaborasi dengan berbagai pihak, baik pemerintah, mitra, komunitas, dan masyarakat, untuk meningkatkan akses perlindungan kesehatan dan finansial di Indonesia. Hal ini kami lakukan sebagai upaya untuk membangun dan menjaga kepercayaan yang diberikan oleh nasabah serta masyarakat Indonesia,” tutup Karin.

Tentang Prudential Indonesia

PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) didirikan pada 1995 dan merupakan bagian dari Prudential plc, yang menyediakan asuransi jiwa dan kesehatan serta manajemen aset, dengan berfokus di Asia dan Afrika. Dengan menggabungkan pengalaman internasional Prudential di bidang asuransi jiwa dengan pengetahuan tata cara bisnis lokal, Prudential Indonesia memiliki komitmen untuk mengembangkan bisnisnya di Indonesia.

Prudential Indonesia juga berkomitmen untuk menjadi mitra dan pelindung terpercaya bagi generasi saat ini dan generasi mendatang, dengan menyediakan solusi keuangan dan kesehatan yang sederhana dan mudah diakses. Hingga 31 Desember 2023, Prudential Indonesia memiliki kantor pusat di Jakarta dengan 6 kantor pemasaran di Bandung, Semarang, Surabaya, Denpasar, Medan, dan Batam serta 345 Kantor Pemasaran Mandiri (KPM) di seluruh Indonesia, dan didukung oleh lebih dari 96.000 Tenaga Pemasar berlisensi. Prudential Indonesia berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Baca Juga: Ini Inovasi dari Prudential indonesia di 2024, Lengkap dengan Program Preventif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved