August
10
2022
     09:40

Promosikan Budidaya Ikan Berkelanjutan, STP Dampingi PPAD Kelola Kolam Sistem Bioflok

Promosikan Budidaya Ikan Berkelanjutan, STP Dampingi PPAD Kelola Kolam Sistem Bioflok
ILUSTRASI. PT Suri Tani Pemuka (STP), anak usaha PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JAPFA) yang berfokus pada budidaya perairan di Indonesia berpartisipasi dengan mempromosikan budidaya ikan berkelanjutan melalui sistem bioflok yang sarat akan manfaat.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Pameran Silaturahmi Nasional (Silatnas) Persatuan Purnawirawan Angkatan Darat (PPAD) resmi dibuka oleh Presiden RI, Bapak Joko Widodo di SICC Sentul City pada tanggal 5 Agustus 2022. PT Suri Tani Pemuka (STP), anak usaha PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JAPFA) yang berfokus pada budidaya perairan di Indonesia turut berpartisipasi dalam acara tersebut. Salah satunya dengan mempromosikan budidaya ikan berkelanjutan melalui sistem bioflok yang sarat akan manfaat.

Bioflok merupakan salah satu cara budidaya ikan yang mengedepankan keberlanjutan, dimana dalam budidaya kolam bioflok ini petani ikan menggunakan teknologi pengendalian mikrobiologi yang berfungsi untuk mengurai limbah budidaya sekaligus membentuk flock  yang bisa menjadi nutrisi tambahan untuk ikan. Ditambah lagi, produktivitas yang dihasilkan juga lebih maksimal dengan lahan terbatas.  

Sutrisman, Deputi Head of Unit STP Purwakarta mengungkapkan, “STP turut berpartisipasi dalam memberikan program pembekalan urban fish farming untuk PPAD. Demi mendukung keberhasilan budidaya, kami melakukan serangkaian pelatihan serta pembinaan kepada anggota PPAD. Kerjasama dengan PPAD tersebut diantaranya pemberian 3 unit kolam bioflok dan 6000 benih ikan nila serta pakan ikan produk STP untuk 1 siklus budidaya”.

Lebih lanjut Ia menjelaskan bahwa acara tebar benih perdana telah dilaksanakan pada tanggal 3 Agustus lalu di Bulak Rantai, Jakarta Timur. “Kami memberikan kegiatan pelatihan dan pembinaan terkait teori dasar budidaya dengan bioflok yang dilakukan selama 7 hari sejak tanggal 20-27 Juli 2022. Selain itu, kami juga mengajak anggota PPAD praktek secara langsung dalam pembuatan kolam bioflok”.  

Ketua Umum PPAD, Letjen TNI Purn Doni Monardo di sela-sela sambutannya menyampaikan apresiasinya, “Kami berterima kasih kepada JAPFA yang telah berkontribusi dalam mengembangkan kewirausahaan anggota PPAD. Kami juga berharap dari bantuan 3 unit kolam bioflok tersebut jumlahnya terus bertambah dan berkembang ke usaha ikutan lainnya, seperti rumah makan ikan nila dan sebagainya”.

Urban Fish Farming sebagai salah satu budidaya ikan berkelanjutan kini mulai diminati oleh masyarakat perkotaan yang memiliki lahan terbatas. Tidak terkecuali bagi mereka yang ingin mengelola bisnis budidaya jenis ikan tertentu dengan produktivitas  yang tinggi. Namun demikian, diperlukan pengetahuan dan keahlian tertentu dalam mengelola sistem budidaya ini agar mencapai produktivitas yang efektif.  

STP memberikan solusi dengan skema kerjasama termasuk dalam memberikan pendampingan teknis kepada pelanggannya. Hal tersebut sejalan dengan visi STP yang mengedepankan budidaya perairan yang bertanggung jawab dan berkelanjutan. Sejak tahun 2021, sebanyak 7 kolam bioflok sudah didirikan STP di wilayah Kabupaten Purwakarta. Tahun ini, STP akan membangun kolam bioflok lainnya di beberapa daerah seperti di Banyuwangi dan juga Lampung. Saat ini, STP telah memiliki lebih dari 30 pelanggan yang mulai mengubah budidaya ikan dari kolam tradisional ke kolam bioflok.

Baca Juga: Kinerja JPFA Masih Dibayangi Beberapa Sentimen

Tentang JAPFA

PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk merupakan perusahaan agribisnis terkemuka di Indonesia yang memiliki lini bisnis produksi pakan ternak, pembibitan unggas, peternakan komersial, pengolahan hasil peternakan dan produk konsumen, budidaya perairan, serta perdagangan dan lain-lain. Diiringi dengan program-program kegiatan sosial yang berkontribusi dalam pengembangan masyarakat, JAPFA terus mendukung pengembangan kualitas hidup, sesuai dengan nilai perusahaan “Berkembang Menuju Kesejahteraan Bersama”

Tentang STP

PT Suri Tani Pemuka merupakan salah satu anak usaha PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk yang fokus pada integrasi budidaya perairan. Berdiri tahun 1987, STP memiliki pabrik pakan udang dan ikan, pembenihan dan pembesaran udang dan ikan serta pabrik pengolahan makanan laut. Dengan visi menjadi “Perusahaan Solusi Total di Industri Aquaculture”, STP terus mengedepankan budidaya perairan yang bertanggung jawab dan berkelanjutan bagi pelanggan dan industri budidaya perairan di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved