June
12
2023
     16:20

Program Ikonik Pertamina Foundation Meraih Bintang Lima Top CSR Awards 2023

Program Ikonik Pertamina Foundation Meraih Bintang Lima Top CSR Awards 2023
ILUSTRASI. Program ikonik Pertamina Foundation PFseries dan Blue Carbon Initiative mendapat apresiasi dari majalah Top Business dengan meraih penghargaan Top CSR Awards dengan peringkat bintang 5 atau Ekselen.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Program ikonik Pertamina Foundation PFseries dan Blue Carbon Initiative mendapat apresiasi dari majalah Top Business dengan meraih penghargaan Top CSR Awards dengan peringkat bintang 5 atau “Ekselen”. Bintang lima berarti program Pertamina Foundation memiliki keselarasan dengan strategi pertumbuhan bisnis perusahaan, mengadopsi CSV (Creating Shared Value), dan ISO 26000 serta bisnis yang berkelanjutan. Kepemimpinan Presiden Direktur Pertamina Foundation Agus Mashud S. Asngari juga mendapat apresiasi dengan penghargaan TOP Leader on CSR Commitment 2023.

“Penghargaan ini menjadi bentuk apresiasi kepada CSR PT Pertamina (Persero) melalui Pertamina Foundation yang mendukung program TJSL Pertamina untuk mencaapai sustainable development goals (SDGs) melalui sustainable environment, sustainable education, dan sustainable economy. Dukungan ini kami berikan lewat program PFseries dan Blue Carbon Initiative yang harapannya bisa terus mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan umur bumi lebih panjang,” ujar Agus Mashud S. Asngari selaku Presiden Direktur Pertamina Foundation.

Dimulai dari sustainable environment, terdapat program Blue Carbon Initiatives dengan program restorasi dan konservasi mangrove serta reforestasi pohon daratan di Hutan Pertamina. Sampai tahun 2022, telah tertanam 1.043.147 pohon mangrove dengan social return of investment (SROI) sebesar 1,907 dan 461.043 pohon daratan dengan SROI 1,607. Pohon yang tertanam sudah teregistrasi di Sistem Registri Nasional Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Selain itu, PFsains berperan mewujudkan Desa Energi Berdikari Pertamina dengan memberikan bantuan proyek berkelanjutan kepada 20 proyek energi yang berada di pelosok nusantara untuk memenuhi kebutuhan energi. Para penerima Beasiswa Sobat Bumi juga melakukan Aksi Sobat Bumi dengan melakukan #SelangkahPungutSampah dengan total 1942 kg dan #SelangkahTanamBakau dengan total 1200 bibit.

Selanjutnya sustainable education melalui Beasiswa Sobat Bumi yang telah mencetak total 3950 penerima beasiswa. Tahun lalu, total sebanyak 420 penerima Beasiswa Sobat Bumi yang mencakup 38 mitra perguruan tinggi dari Sumatra hingga Papua. Sustainable education juga dijalankan dengan berperan sebagai Badan Penyelenggara Universitas Pertamina yang berada di peringkat 41 perguruan tinggi swasta versi Uni Rank.

Terakhir, sustainable economy, melalui program pemberdayaan UMKM PFpreneur yang melatih 3.000 lebih womenpreneur untuk menjadi UMKM Naik Kelas serta membina dan memberikan akses permodalan kepada 300 womenpreneur. Ada juga program PFmuda yang menjadi program penuntasan permasalahan sosial masyarakat melalui pemberdayaan generasi muda. PFmuda mencetak 104 young leaders dan 28 super young leaders yang mampu membuka lapangan kerja baru dan membawa kesejahteraan ekonomi sekitarnya.

“Ini merupakan penghargaan ketujuh yang diterima oleh Pertamina Foundation hingga pertengahan tahun 2023. Tentu apa yang diraih, mendorong kami untuk terus energizing. Energi yang mampu menggerakkan seluruh lini kehidupan kepada setiap orang untuk bergerak maju dan mencapai kehidupan yang lebih baik. Energi inilah yang kami salurkan lewat program pemberdayaan PFseries dan lingkungan Blue Carbon Initiatives,” kata Agus.

Sebelumnya, Pertamina Foundation memperoleh penghargaan bintang lima dari Economic Review Indonesia dengan kategori antara lain The Best CSR Global Program, Best in Empowerment of Woman, Best Program in Education of Scholarship, The Best CEO Focus on CSR Program, dan The Best CEO serta Indonesia CSR Brand Equity Awards 2023 dari The Iconomics.

“Saat ini di Pertamina Foundation sedang dibuka program PFmuda yang mengajak generasi muda seluruh Indonesia untuk mengirimkan proyek sosialnya kepada kami. Proyek sosial yang nantinya akan dinilai, dibina hingga didanai oleh Pertamina dengan total miliaran rupiah. Kini saatnya giliran generasi muda menjadi problem solver membawa kesejahteraan,” tutup Agus.

Tentang Pertamina Foundation

Pertamina Foundation didirikan dengan tujuan untuk lebih meningkatkan efektifitas kegiatan yang menyangkut Tanggung Jawab Sosial Perusahaan dan memberikan kontribusi positif terhadap para stakeholder. Semula bernama Yayasan Kesejahteraan Pegawai Pertamina (YKPP) yang telah berdiri sejak 15 Mei 1986, kemudian pada 12 Januari 2011 berganti nama menjadi Pertamina Foundation (PF). "Pertamina Foundation hadir dengan mengusung visi menjadi yayasan modern dan terpercaya melalui pemberdayaan masyarakat yang inspiratif untuk Indonesia maju dan sejahtera.”

Baca Juga: Awal Tahun 2023, Pertamina Foundation Raih Lima Penghargaan di Bidang CSR

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved