March
10
2023
     22:12

Produk Alat Rumah Tangga Indonesia Cetak Transaksi Potensial Rp 47,02 Miliar di AS

Produk Alat Rumah Tangga Indonesia Cetak Transaksi Potensial Rp 47,02 Miliar di AS
ILUSTRASI. Produk alat rumah tangga Indonesia berhasil mencetak transaksi potensial sebesar USD 3,04 juta atau sekitar Rp47,02 miliar di pameran The Inspired Home Show (IHS). IHS digelar pada 4?7 Maret 2023 di McCormick Place, Chicago, AS.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Produk alat rumah tangga Indonesia berhasil mencetak transaksi potensial sebesar USD 3,04 juta atau sekitar Rp47,02 miliar di pameran The Inspired Home Show (IHS). Pameran IHS merupakan pameran perabotan dan peralatan rumah tangga terbesar di Amerika Serikat (AS) yang digelar pada 4–7 Maret 2023 di McCormick Place, Chicago, AS.

“Capaian ini merupakan langkah awal untuk meningkatkan ekspor ke pasar AS. Diharapkan pelaku usaha Indonesia dapat memanfaatkan momentum untuk terus melakukan penetrasi pasar, khususnya dalam masa pemulihan ekonomi pascapandemi Covid-19,” ujar Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag Didi Sumedi.

Menurut Kepala Indonesian Trade Promotion Center Chicago Iska Huberta Sinurat, pameran IHS merupakan perhelatan pameran dagang yang sangat menjanjikan bagi peserta dari Indonesia. “Terlebih dengan sudah semakin terkendalinya pandemi Covid-19 dan membaiknya rantai pasok dunia yang membuat produk-produk Indonesia semakin efisien dan berdaya saing tinggi. Hal tersebut dapat dilihat dari transaksi dagang IHS kali ini mencapai USD 3,04 juta. Nilai ini meningkat hampir 30 persen dibandingkan tahun 2022 yang sebesar USD 2,37 juta,” kata Iska.

Iska menjelaskan, pameran dagang kali ini menghadirkan delapan perusahaan Indonesia, antara lain Aninda Furniture, Aryasena, Billstone, Indomop (Clean Matic), Canela, Inspira (Infinia), Umbra Prasia, dan Multi Kreatif Furnindo (MKF). Adapun produk alat rumah tangga yang ditampilkan seperti peralatan makan dari kayu, keranjang rotan alam dan sintetis, tempat jam tangan otomatis, peralatan kebersihan rumah tangga, serta barang pecah belah dari berbagai lokasi di seluruh Indonesia dengan berbagai desain unik tetapi tetap berdaya guna.

Pameran bertaraf internasional ini sudah dilaksanakan lebih dari 80 tahun. Pada tahun ini, IHS dihadiri lebih dari 20.000 pengunjung, 20 jaringan ritel terbesar AS, serta lebih dari 2.200 ekshibitor yang berasal dari AS maupun luar AS, termasuk Indonesia.

Selama empat hari pelaksanaan pameran, lanjut Iska, Paviliun Indonesia mendapatkan respons yang sangat positif dan dikunjungi lebih dari 187 pembeli potensial. “Pengunjung Paviliun Indonesia tidak hanya berasal dari AS, tetapi juga dari mancanegara seperti Meksiko, Kanada, Argentina, Korea Selatan, Prancis, dan Belanda. Produk Paviliun Indonesia yang paling diminati adalah peralatan makan dari kayu, barang pecah belah, keranjang rotan sintetis dan natural, serta produk kebersihan,” jelas Iska.

Sementara itu, Konsul Jenderal RI Chicago Meri Binsar Simorangkir mengungkapkan, Indonesia memiliki potensi besar dalam IHS karena produk-produk Indonesia memiliki kualitas yang sangat baik dengan harga yang sangat bersaing.

“Keikutsertaan ini sangat berguna untuk memperkenalkan produk rumah tangga berkualitas buatan Indonesia kepada masyarakat internasional. Diharapkan masyarakat internasional dapat melihat dan berdiskusi secara langsung dengan para produsen peralatan rumah tangga. Selain itu, dapat memperluas jejaring hingga menuju tahap kerja sama yang lebih konkret ke depannya,” ujar Meri.

Berdasarkan data Global Trade Atlas–S&P Global, pada 2022, nilai impor Amerika untuk produk peralatan rumah tangga dari dunia mencapai USD 670 miliar atau naik 8,82 persen dari 2021.

Pada sektor ini, tahun 2022, Indonesia menempati posisi ke-17 sebagai negara asal impor untuk AS dengan nilai transaksi sebesar USD 9,5 miliar atau naik 14,20 persen dari tahun sebelumnya yang tercatat sebesar USD 8,3 miliar. Dari data tersebut masih terdapat peluang yang sangat luas bagi produk Indonesia untuk membanjiri pasar produk peralatan rumah tangga AS.

Baca Juga: Produk Kayu & Kertas Indonesia Diminati Inggris, Mendag Saksikan MoU USD 112 juta

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved