February
22
2024
     12:18

Presiden Jokowi Resmikan Jalan Akses Tol MakassarNewPort,Konektivitas Timur Indonesia

Presiden Jokowi Resmikan Jalan Akses Tol MakassarNewPort,Konektivitas Timur Indonesia
ILUSTRASI. Dibangun sepanjang 3,2 kilometer, Jalan Akses Tol Makassar New Port (MNP) diresmikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dalam kunjungan kerjanya ke Sulawesi Selatan pada 22 Februari 2024.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Dibangun sepanjang 3,2 kilometer, Jalan Akses Tol Makassar New Port (MNP) diresmikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dalam kunjungan kerjanya ke Sulawesi Selatan pada 22 Februari 2024. Hadir pula Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, Menteri Badan Usaha Milik Negara, Erick Thohir serta Ramdani Basri, Direktur Utama PT Nusantara Infrastructure Tbk yang merupakan induk perusahaan dari operator dan pengelola Jalan Tol Makassar yang turut mendampingi presiden meresmikan Jalan Akses Tol Makassar New Port, pendorong pertumbuhan ekonomi dan konektivitas di Timur Indonesia ini.

Ramdani Basri, Direktur Utama PT Nusantara Infrastructure Tbk mengungkapkan, “Ini merupakan pembangunan tahap pertama dengan nilai investasi mencapai Rp705 miliar yang menghubungkan Jalan Tol eksisting ke arah MNP. Ke depan rencananya akan dilanjutkan ke tahap berikutnya untuk menghubungkan arah sebaliknya.”

Pembangunan proyek Jalan Akses Tol Makassar New Port seluruhnya bersumber dari dana swasta tanpa menggunakan anggaran APBN. Jalan tol ini telah difungsionalkan sejak 2 Januari 2024 yang menjadi pendukung utama aktivitas Pelabuhan MNP sebagai salah satu proyek strategis nasional pemerintah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, memperlancar pendistribusian logistik dan jalur ekspor, impor dengan memberikan akses langsung dari dan menuju ke Makassar New Port dan jalan tol eksisting. Sehingga, keberadaan jalan tol ini dapat memangkas waktu tempuh dan biaya logistik pendistribusian barang dan jasa antar wilayah.

Ramdani menambahkan, “Tak hanya mampu mendorong peningkatan ekonomi di daerah melalui pemangkasan waktu distribusi barang dan logistik, proyek ini juga memberikan peluang kerja dengan terserapnya ribuan tenaga lokal yang terlibat langsung dalam pembangunan proyek yang menerapkan teknologi mutakhir ini.”

Dalam proses pembangunannya, jalan tol ini menerapkan sejumlah teknologi canggih dengan menggunakan Box Girder span by span yang mampu mempersingkat waktu pekerjaan. Tak hanya itu, proyek ini juga menerapkan Building Information Modelling (BIM) yang memberikan manfaat signifikan dalam perencanaan, pengelolaan dan pemeliharaan infrastruktur untuk meningkatkan efisiensi dan akurasi dalam seluruh tahapan proyek, serta 100% menggunakan material dalam negeri.

Dengan demikian, keberadaan Jalan Akses Tol Makassar New Port ini menjadi bukti penerapan pembangunan proyek infrastruktur yang modern, efisien dan berkualitas untuk meningkatkan konektivitas, sekaligus menjadi jalur pendukung pendistribusian barang dan logistik di Wilayah Timur Indonesia.

Sekilas Mengenai PT Margautama Nusantara

PT Margautama Nusantara (MUN) adalah Bisnis Unit Strategis dari PT Nusantara Infrastructure Tbk (NI), yang bergerak dalam sektor pengelolaan dan pengembangan jalan tol. MUN adalah induk perusahaan dari PT Bintaro Serpong Damai (BSD), PT Makassar Metro Network (MMN) dan PT Jalan Tol Seksi Empat (JTSE).

PT Makassar Metro Network (MMN) adalah pemegang konsesi jalan tol sepanjang 6,05 km yang menghubungkan pelabuhan Soekarno-Hatta dengan jalan A.P. Pettarani (Seksi 3) (fly over Urip Sumoharjo) di Makassar. Jalan Tol MMN juga terhubung dengan Jalan Tol Seksi IV (JTSE), membentuk jalur utama antar kota. Saat ini, MMN telah menyelesaikan pembangunan Jalan Tol Layang A.P. Pettarani sepanjang 4,3 km yang bertujuan untuk mengurai kemacetan lalu lintas. Pembangunan Tol Pettarani dimulai dari akhir Jalan Tol Seksi 2, tepatnya di Persimpangan Jl. Urip Sumoharjo melewati Persimpangan Jl. Boulevard Panakkukang, Jl. Hertasning dan berakhir sebelum Persimpangan Jl. Sultan Alauddin.

Sementara JTSE merupakan pemegang konsesi ruas Jalan Tol Seksi IV di Makassar sepanjang 11,57 km, yang mana terhubung dengan ruas jalan tol yang dioperasikan oleh PT Makassar Metro Network (MMN), mulai dari jembatan Tallo sampai dengan simpang Mandai Makassar, dan menyediakan akses ke Bandara Internasional Sultan Hasanuddin.

Baca Juga: Menhub Cek Makassar New Port Jelang Diresmikan Presiden Joko Widodo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved