March
23
2024
     13:59

PLN Icon Plus Siap Wujudkan IKN sebagai Smart and Green City

PLN Icon Plus Siap Wujudkan IKN sebagai Smart and Green City
ILUSTRASI. PLN Icon Plus dipercaya untuk mempersiapkan sistem digitalisasi kelistrikan PLN dan kebutuhan telekomunikasi di Ibu Kota Negara (IKN).

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Sebagai Subholding Beyond kWh PT PLN (Persero), PLN Icon Plus berperan penting dalam pengembangan bisnis non-kelistrikan (Beyond kWh) PLN. Selain connectivity dan digital solutions, PLN Icon Plus tengah mengembangkan smart and green energy solutions diantaranya melalui PV Rooftop serta ekosistem kendaraan listrik (EV Ecosystem) dengan mengakselerasi elektrifikasi kendaraan di Indonesia.

Dengan portofolio yang didukung kompetensi dan pengalaman sebagai penyedia layanan connectivity, smart, and green solutions, PLN Icon Plus dipercaya untuk mempersiapkan sistem digitalisasi kelistrikan PLN dan kebutuhan telekomunikasi di Ibu Kota Negara (IKN). Sejalan dengan izin yang diberikan oleh Otorita Ibu Kota Negara (OIKN) pada Desember 2023 lalu, PLN Icon Plus menjadi salah satu dari hanya dua provider yang diberikan hak penggelaran kabel fiber optic (FO) sebagai bentuk persiapan penyelenggaraan infrastruktur jaringan di IKN.

Saat ini, proses penggelaran kabel FO PLN Icon Plus masih dalam tahap rencana pembangunan. Nantinya, penggelaran FO akan memanfaatkan infrastruktur kelistrikan milik PLN di seluruh lokasi IKN sehingga penggelaran FO dapat berjalan lebih cepat.

Dalam rangka meninjau dan memastikan kesiapan penggelaran FO di lokasi utama dan lokasi strategis lainnya agar dapat berjalan maksimal, Direktur Utama PLN Icon Plus Ari Rahmat Indra Cahyadi dan Direktur Jaringan dan Infrastruktur PLN Icon Plus Doni Aris Setiawan melakukan kunjungan kerja ke lokasi dengan didampingi oleh Sekretaris Perusahaan PLN Icon Plus Heni Utari Ambarwati, VP Perencanaan Jaringan Heru Kismanto, serta GM PLN Icon Plus SBU Regional Kalimantan Arif Rohmati.

Salah satu lokasi yang dikunjungi adalah Gas Insulated Substation 4 (GIS4). GIS4 merupakan lokasi yang akan berfungsi sebagai central atau hub telekomunikasi milik PLN Icon Plus. Selain lokasi GIS4, Direksi PLN Icon Plus juga meninjau sarana pendukung tray kabel di MUT (Multi Utility Tunnel). Nantinya, MUT akan digunakan untuk jalur FO di wilayah Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN.

“Penggelaran FO adalah langkah awal PLN Icon Plus untuk menciptakan ekosistem Smart and Green Solutions serta digitalisasi kelistrikan PLN. Inisiasi Smart and Green Solutions dari PLN Icon Plus adalah solusi yang tepat dan strategis sejalan dengan tujuan IKN yg dibangun menerapkan green ecosystem”, ujar Direktur Utama PLN Icon Plus Ari Rahmat Indra Cahyadi.

Melalui Sinergi dengan PLN, PLN Icon Plus menyediakan layanan beyond kWh di IKN dan memberikan solusi strategis dan berkelanjutan dalam menciptakan ecosytem  Smart and Green  (Internet, PV Rooftop, EV Ecosystem, IoT, Smart Home) sebagai layanan pendukung kelistrikan (beyond kWh),  layanan yang ramah lingkungan  sejalan dengan pembangunan berkelanjutan IKN.

Kunjungan dilanjutkan dengan agenda pertemuan bersama Otoritas IKN guna membahas progres dan kesiapan PLN dan PLN Icon Plus. Melalui kolaborasi ini, PLN Icon Plus berharap dapat memberikan kontribusi signifikan dalam pembangunan infrastruktur telekomunikasi dan kelistrikan yang andal dan berkelanjutan untuk masa depan IKN.

Baca Juga: PLN Icon Plus Raih Kinerja Positif untuk Kategori Laporan Tahunan di PRIA Awards2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved