September
21
2024
     16:00

Pertemuan Menteri Ekonomi ASEAN dengan Mitra Dialog, Perkuat Kerja Sama EFTA &Inggris

Pertemuan Menteri Ekonomi ASEAN dengan Mitra Dialog, Perkuat Kerja Sama EFTA &Inggris
ILUSTRASI. Pertemuan Para Menteri Ekonomi ASEAN (ASEAN EconomicMinisters/AEM) hari ke-5 dengan mitra-mitra dialog pada Kamis, (19/9) di Vientiane, Laos masih berlangsung produktif. Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional Kemendag RIDjatmiko Bris Witjaksono hadir mewakili Menteri Perdagangan RI memimpin Delegasi Indonesia dalam rangkaian Pertemuan Tingkat Menteri Ekonomi ASEAN.

Reporter: Sri Sayekti | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Pertemuan Para Menteri Ekonomi ASEAN (ASEAN Economic Ministers/AEM) hari ke-5 dengan mitra-mitra dialog pada Kamis, (19/9) di Vientiane, Laos masih berlangsung produktif. Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional Kemendag RI Djatmiko Bris Witjaksono hadir mewakili Menteri Perdagangan RI memimpin Delegasi Indonesia dalam rangkaian Pertemuan Tingkat Menteri Ekonomi ASEAN.

Salah satu hasil yang paling signifikan dari rangkaian Pertemuan AEM ini adalah dilakukannya Pertemuan Troika Open-Ended Dialogue dengan Menteri Perdagangan Swiss dan berhasil disahkannya Deklarasi Kerja Sama ASEAN dengan Asosiasi Perdagangan Bebas Eropa (European Free Trade Association/EFTA).

“Finalisasi Deklarasi Kerja Sama ASEAN dan EFTA merupakan langkah penting peningkatan kerja sama yang komprehensif antara ASEAN dan negara-negara anggota EFTA. Kerja sama ini berperan memperluas di berbagai sektor prioritas, antara lain, kerja sama di bidang persaingan usaha, pengadaan barang, inovasi dan teknologi, perdagangan berkelanjutan, sumber daya manusia, dan perlindungan konsumen,” tutur Djatmiko.

Selain itu, dilakukan juga Pertemuan Konsultasi Menteri Ekonomi ASEAN dan Inggris (AEM—United Kindom Consultation). Kedua pihak berkomitmen untuk terus meningkatkan kerja sama dan integrasi ekonomi, khususnya pada area transformasi digital dan keberlanjutan. Kerja sama akan tercakup dalam kerangka ASEAN—UK Economic Integration Programme (EIP).

“Peluncuran ASEAN—UK EIP dapat mendukung agenda integrasi ekonomi ASEAN, memperkuat hubungan perdagangan dan investasi ASEAN-Inggris serta bermanfaat dalam menghadapi tantangan ekonomi regional dan global serta memperkuat ketahanan rantai pasok,” ujar Djatmiko.

Djatmiko juga menghadiri rangkaian pertemuan Menteri Ekonomi ASEAN dengan mitra dialog ASEAN lainnya. Pertemuan-pertemuan tersebut adalah AEM—European Union Trade Commisioner Consultation dan AEM—Russia Consultation. Dalam kedua pertemuan itu, para menteri bertukar pandangan untuk meningkatkan kerja sama perdagangan dan rantai pasok.

Selain pertemuan dengan mitra dialog ASEAN, Djatmiko juga menghadiri pertemuan bilateral Indonesia dengan negara-negara mitra dagangnya, antara lain, dengan Rusia, Eropean Union ASEAN Business Council (EU-ABC), Kanada, Inggris, United States ASEAN Business Council, dan Swiss. Pertemuan-pertemuan bilateral ini berlangsung pada 18—20 September 2024 di sela-sela rangkaian pertemuan Menteri Ekonomi ASEAN. Dalam pertemuan, negara mitra tersebut menyatakan komitmennya untuk meningkatkan hubungan ekonomi dengan Indonesia.

Baca Juga: AEM Retreat ke-30, Sepakati Pengesahan Capaian Ekonomi Keketuaan Laos ASEAN 2024

Selanjutnya: Balap Sepeda Motor Listrik Konversi akan Digelar di Sentul

Menarik Dibaca: Hwasa dan 3 Idol Kpop Perempuan Dengan Tubuh Ideal dan Seksi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Tag

Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved