August
22
2023
     12:58

Pertemuan Konsultasi AEM-USTR, Mendag: Pulihkan Ekonomi,Tingkatkan Kerjasama ASEAN-AS

Pertemuan Konsultasi AEM-USTR, Mendag: Pulihkan Ekonomi,Tingkatkan Kerjasama ASEAN-AS
ILUSTRASI. Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan memimpin pertemuan paraMenteri Ekonomi ASEAN & Perwakilan Perdagangan Amerika Serikat (United States Trade Representative/USTR), Senin (21/8) di Semarang, Jawa Tengah.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan memimpin pertemuan para Menteri Ekonomi ASEAN dan Perwakilan Perdagangan Amerika Serikat (United States Trade Representative/USTR) hari ini, Senin (21/8) di Semarang, Jawa Tengah. Dalam pertemuan tersebut, para menteri bersama USTR membahas sejumlah agenda untuk meningkatkan kerja sama perdagangan antara ASEAN dan Amerika Serikat (AS).

“Pertemuan antara para Menteri Ekonomi ASEAN dengan USTR bertujuan untuk membahas peningkatan kerja sama antara ASEAN dan Amerika Serikat. Kami membahas sejumlah agenda dan pertemuan berlangsung produktif,” kata Mendag Zulkifli Hasan kepada wartawan pascapertemuan.

Dalam pertemuan konsultasi tersebut, para Menteri Ekonomi ASEAN dan USTR membahas sejumlah agenda. Agenda pertama yang dibahas adalah implementasi ASEAN—United States Trade and Investment Framework Agreement/ASEAN—US TIFA) dan US—ASEAN Expanded Economic Engagement/E3).

Dalam pembahasan tersebut, diangkat peningkatan kerja sama di beberapa area inisiatif, di antaranya tenaga kerja, lingkungan, single window, dan kekayaan intelektual.

“Agenda kedua adalah pengesahan ASEAN—US TIFA dan E3 tahun 2023-2024 yang mencakup beberapa area untuk dikerjasamakan, di antaranya ekonomi digital, pengembangan usaha kecil dan menengah (UKM), dan fasilitasi perdagangan,” kata Mendag Zulkifli Hasan.

Pertemuan dihadiri para Menteri Perdagangan ASEAN dan Sekretaris Jenderal ASEAN Kao Kim Hourn. Turut hadir Perwakilan Perdagangan Amerika Serikat Duta Besar Katherine Tai.

“Para Menteri Ekonomi ASEAN juga berdialog dengan Dewan Bisnis ASEAN—Amerika Serikat (US—ASEAN Business Council) membahas sistem ekonomi digital ASEAN dan ekonomi berkelanjutan bagi ASEAN,” ungkap Mendag Zulkifli Hasan.

Sementara itu, Dubes Katherine Tai mengatakan, ASEAN merupakan mitra penting AS untuk pulih dari pandemi, mengatasi perubahan iklim, dan memastikan kelancaran perdagangan AS dengan negara-negara mitranya.

“Kerja sama kita yang sudah berjalan ini akan terus menjadi semakin penting saat kita berjalan bersama-sama dalam menghadapi tantangan yang muncul di abad ke-21. Saya mengharapkan hasil yang baik dalam diskusi kita hari ini tentang bagaimana AS dan ASEAN dapat melanjutkan untuk bekerja bersama memajukan pertumbuhan ekonomi yang inklusif, berkelanjutan, dan tangguh bagi semua pemangku kepentingan,” kata Dubes Katherine Tai.

Semarang menjadi tuan rumah rangkaian Pertemuan AEM ke-55 dan Pertemuan Terkait Lainnya pada 17—22 Agustus 2023. Diawali dengan Pertemuan Persiapan Pejabat Ekonomi Senior atau Prep—SEOM selama dua hari pada Kamis dan Jumat, 17—18 Agustus 2023, rangkaian dilanjutkan dengan rangkaian Pertemuan Tingkat Menteri Ekonomi ASEAN selama empat hari dari Sabtu hingga Selasa, 19—22 Agustus 2023.

Baca Juga: Indonesia Dorong APEC Dukung Sistem Perdagangan Multilateral Jelang KTM WTO ke-13

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved