August
17
2023
     11:14

Pertamina Geothermal Energy Area Kamojang Raih Gold Champion BISRA 2023

Pertamina Geothermal Energy Area Kamojang Raih Gold Champion BISRA 2023
ILUSTRASI. PT Pertamina Geothermal Energy Tbk. (PGE) (IDX: PGEO) Area Kamojang berhasil meraih penghargaan Gold Champion untuk kategori Economy Element dalam ajang Bisnis Indonesia Social Responsibility Awards (BISRA) tahun 2023 yang diselenggarakan pada Selasa (15/8).

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - PT Pertamina Geothermal Energy Tbk. (PGE) (IDX: PGEO) Area Kamojang berhasil meraih penghargaan Gold Champion untuk kategori Economy Element dalam ajang Bisnis Indonesia Social Responsibility Awards (BISRA) tahun 2023 yang diselenggarakan pada Selasa (15/8).

Penghargaan ini sukses diraih PT Pertamina Geothermal Energy Tbk. Area Kamojang melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) unggulannya, yaitu Kamojang Green Living Ecosystem (KANG ELIE) yang merupakan inovasi ekosistem pemberdayaan masyarakat berwawasan lingkungan dengan tiga value utama yaitu Green Lifestyle, Sustainability, dan Resilience.

General Manager PT Pertamina Geothermal Energy Tbk. Area Kamojang Rahmad Harahap mengatakan, “KANG ELIE menjadi inovasi dan pionir dalam ekosistem pemberdayaan masyarakat terintegrasi yang berwawasan lingkungan. Selama ini KANG ELIE sudah memberikan berbagai manfaat untuk masyarakat sekitar dalam aspek ekonomi, lingkungan, dan sosial,” ujarnya.

KANG ELIE menghadirkan berbagai inovasi seperti penyediaan green energy geothermal  langsung dari Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Unit 5 PGE Area Kamojang melalui Battery Swap Station (BSS) yang digunakan ojek online lokal Rangers App, penggunaan green energy solar cell di Pusat Konservasi Elang Kamojang, pengelolaan sampah anorganik menjadi saldo Rangers Pay, pengelolaan sampah organik bersistem net zero waste yang digunakan sebagai pakan maggot dan bahan campuran pembuatan pelet berbahan dasar utama maggot, serta e-commerce penjualan produk UMKM lokal Kecamatan Ibun yaitu Ibun Mall.

Pada kesempatan ini Direktur Operasi PT Pertamina Geothermal Energy Tbk. Ahmad Yani menyampaikan, “Apresiasi ini menjadi semangat PGE untuk berinovasi lebih banyak lagi guna memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar, selain itu KANG ELIE yang merupakan program unggulan pemberdayaan masyarakat ini merupakan bentuk dukungan terhadap Sustainable Development Goals (SDGs),” ujarnya.

Sebagai informasi, PT Pertamina Geothermal Energy Tbk. Area Kamojang merupakan area pembangkit listrik berkapasitas 235 MW yang terletak di Kamojang, Desa Laksana, Kecamatan Ibun, Kabupaten Bandung.

Kamojang sendiri merupakan wilayah tertua dan pertama di Indonesia yang menjadi pionir lahirnya Pembangkit Listrik Tenaga Panas bumi, area ini memiliki emission avoidance sebesar 598 ribu ton CO₂/tahun.

Tentang PT Pertamina Geothermal Energy Tbk.

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk. (PGE) (IDX: PGEO) merupakan bagian dari Subholding Power & New Renewable Energy (PNRE) PT Pertamina (Persero) yang bergerak di bidang eksplorasi, eksploitasi, dan produksi panas bumi. Saat ini PGE mengelola 13 Wilayah Kerja Panas Bumi (WKP) dan 1 Wilayah Kerja Penugasan dengan kapasitas terpasang sebesar 1.877 MW. Rinciannya, sebanyak 672 MW dikelola langsung dan 1.205 MW dikelola dengan skema Kontrak Operasi Bersama. Kapasitas terpasang panas bumi di wilayah kerja PGE berkontribusi sekitar 80% dari total kapasitas terpasang panas bumi di Indonesia, dengan potensi pengurangan emisi CO2 sebesar sekitar 9,7 juta ton CO2 per tahun.

Sebagai world class green energy company, PGE ingin menciptakan nilai dengan memaksimalkan pengelolaan end-to-end potensi panas bumi beserta produk turunannya serta berpartisipasi dalam agenda dekarbonasi nasional dan global untuk menunjang Indonesia net zero emission 2060. PGE memiliki kredensial ESG yang sangat baik dengan 13 penghargaan PROPER Emas sejak 2011 sampai tahun 2022 dalam penghargaan kepatuhan lingkungan tertinggi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Peringkat & Keterlibatan ESG.

Baca Juga: Pertamina Geothermal Energy Optimalkan Panas Bumi di Hululais, Gub Bengkulu Apresiasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved