April
05
2024
     18:08

Pertama Kali Dapat Rating Moody’s, PT SMI Catat Peringkat Internasional Baa2

Pertama Kali Dapat Rating Moody’s, PT SMI Catat Peringkat Internasional Baa2
ILUSTRASI. PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) (PT SMI) mencatatkanpencapaian membanggakan di awal tahun 2024. Perseroan mendapatkan peringkat rating internasional Baa2 (Stable Outlook) dari Moody?s Ratings, ekuivalen dengan peringkat Negara Republik Indonesia.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) (PT SMI) mencatatkan pencapaian membanggakan di awal tahun 2024. Perseroan mendapatkan peringkat rating internasional Baa2 (Stable Outlook) dari Moody’s Ratings, ekuivalen dengan peringkat Negara Republik Indonesia. Ini merupakan tahun pertama PT SMI mendapatkan peringkat dari Moody’s, sebuah lembaga pemeringkat yang terpercaya dan merupakan salah satu dari tiga agensi peringkat kredit terbesar di dunia.

Direktur Operasional dan Keuangan PT SMI, Darwin Trisna Djajawinata, mengapresiasi pengakuan dari Moody’s, lewat pemberian rating atau peringkat yang baik ini. “Tentu penilaian ini menjustifikasi reputasi yang dimiliki PT SMI sebagai Special Mission Vehicle di bawah Kementerian Keuangan, yang telah menunjukkan kinerja yang cukup baik selama ini. Tapi tentu semuanya bisa diraih berkat kerja keras dari karyawan-karyawan kami, yang kami sebut SMIers, serta dukungan dan kepercayaan dari para stakeholder. Tugas kami selanjutnya adalah menjaga dan bahkan meningkatkan rating kami ini menuju tingkatan yang lebih baik lagi”, ujar Darwin.

Peringkat tersebut menambah peringkat lainnya yang sudah dimiliki PT SMI yaitu internasional BBB dan nasional AAA (outlook stable) dari Fitch Ratings serta nasional idAAA (outlook stable) dari Pefindo. Peringkat nasional ‘AAA’ menunjukkan peringkat tertinggi yang diberikan pada skala peringkat nasional untuk negara Indonesia.

“Investor mengandalkan hasil pemeringkatan sebagai panduan mereka dalam mempertimbangkan investasi. Dengan tambahan rating dari Moody’s ini juga akan meningkatkan kepercayaan investor pada kami, sebuah Perusahaan yang memiliki profil kredit yang konsisten dan stabil”, tambah Darwin.

Peringkat yang diberikan mencerminkan penilaian lembaga pemeringkat bahwa PT SMI menerima dukungan yang signifikan dari Pemerintah Indonesia. Peringkat tersebut menunjukkan kuatnya posisi PT SMI sebagai entitas penting dengan potensi pembiayaan infrastruktur yang besar, profil permodalan yang kuat, dan indikator likuiditas yang baik, menunjukkan kesiapan PT SMI dalam mendukung agenda pembangunan nasional Pemerintah Indonesia.

Kinerja serta kontribusi PT SMI dalam percepatan pembangunan nasional dinilai juga telah memberikan manfaat yang luas dan mendukung langkah Pemerintah dalam memajukan perekonomian serta pembangunan yang berkelanjutan di Indonesia. Dalam menjalankan kegiatan usaha dan operasionalnya, PT SMI selalu berpegang teguh pada prinsip-prinsip Tata Kelola Perusahaan yang Baik (Good Corporate Governance), demi terus menjaga kepercayaan para stakeholder.

Tentang PT SMI

PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) (“PT SMI”) yang didirikan pada tanggal 26 Februari 2009 adalah Badan Usaha Milik Negara di bawah koordinasi Kementerian Keuangan yang berbentuk Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB). PT SMI berperan dan memiliki mandat sebagai katalis percepatan pembangunan nasional.

PT SMI memiliki berbagai fungsi dan produk/fitur unik untuk mendukung percepatan pembangunan infrasruktur yang tidak hanya berfungsi sebagai pembiayaan infrastruktur tetapi juga sebagai enabler melalui pelaksanaan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) yang mengikutsertakan berbagai institusi keuangan baik swasta maupun multilateral.

PT SMI aktif mendukung pelaksanaan KPBU dan mendorong percepatan pembangunan infrastruktur di daerah melalui produk pinjaman daerah. PT SMI memiliki tiga pilar bisnis yang terdiri dari (1) Pembiayaan dan Investasi, yaitu pembiayaan terhadap proyek-proyek infrastruktur, (2) Jasa Konsultasi yaitu solusi atas kebutuhan tenaga professional dan ahli di bidang infrastruktur serta (3) Pengembangan Proyek yaitu membantu Penanggung Jawab Proyek Kerjasama (PJPK) untuk menyiapkan proyek infrastruktur.

Baca Juga: PT SMI & PT IIF Sampaikan Komitmen Dukung Pembangunan Berkelanjutan Presidensi G20

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved