June
15
2022
     17:51

Perkuat Ekonomi Kerakyatan, Blibli & Pemprov Jawa Tengah Meluncurkan Lapakjateng.id

Perkuat Ekonomi Kerakyatan, Blibli  & Pemprov Jawa Tengah Meluncurkan Lapakjateng.id
ILUSTRASI. Pemberian Plakat oleh Blibli ke Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dan Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Blibli dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah memperkuat sinergi antara keduanya dalam mendorong transformasi digital bagi UMKM dengan meluncurkan lapakjateng.id, laman khusus di platform Blibli yang menampilkan produk UMKM andalan Jawa Tengah. Peluncuran lapakjateng.id dilakukan hari ini yang turut dihadiri oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Walikota Surakarta Gibran Rakabuming, dan Edward K. Suwignyo, CMO Blibli.

Blibli memahami pentingnya peran UMKM dalam memajukan perekonomian negara. Selain itu, UMKM juga memegang peran krusial dalam menjalankan ekonomi kerakyatan di Tanah Air yang mengedepankan pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan bersama. Berdasarkan riset yang Blibli lakukan bersama BCG dan Litbang Kompas, pemberdayaan UMKM adalah kunci penting dalam mendorong pertumbuhan inklusif di Indonesia.

Hasil riset diantaranya menunjukkan bahwa 84% UMKM telah membuka lapangan pekerjaan dimana 77% dari para UMKM tersebut menyerap tenaga kerja lokal. Sehingga, kolaborasi ini diharapkan dapat memajukan sektor UMKM untuk mendorong pertumbuhan perekonomian sekaligus memperluas implementasi ekonomi kerakyatan secara inklusif.

“Sebagai salah satu pelaku industri di e-commerce, sinergi antara Blibli dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah lewat lapakjateng.id ini membuka peluang untuk kurasi produk-produk artisanal hasil karya UMKM Jawa Tengah. Di mana, kami optimis bahwa UMKM dapat bertumbuh secara berkelanjutan di platform B2C Blibli, lewat dukungan omnichannel dan ekosistem Blibli yang kuat,” ujar Edward K. Suwignyo, CMO Blibli.

"Saat ini, transformasi usaha ke arah digital menjadi salah satu strategi utama dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah untuk mendukung penguatan daya saing UMKM dan mengakselerasi pemulihan ekonomi. Maka dari itu, kami menyambut baik adanya kolaborasi lanjutan dengan Blibli bahkan dengan jaringan omnichannel (online to offline) yang dimiliki Blibli dapat memperkuat upaya kami untuk membuat produk lokal makin maju dan naik kelas. Kedepannya pelaku UMKM yang terdaftar sebagai penjual di lapakjateng.id juga bisa mendaftar ke program SIPlah dan Bela Pengadaan,” ujar Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah.

Lapakjateng.id sendiri menghadirkan lebih dari 2.500 UMKM terdepan, dengan sekitar 300.000 produk dari berbagai wilayah di Jawa Tengah yang telah melewati proses kurasi sehingga dijamin terpercaya dan memiliki produk yang berkualitas. Hal tersebut memungkinkan lapakjateng.id untuk menyediakan kategori belanja yang luas, mulai dari kuliner, fashion, kriya, kesehatan dan kecantikan, hingga desa wisata. Tak ketinggalan pembayaran PBB dan pajak kendaraan bermotor juga dilayani lewat kanal ini.

Menariknya lagi, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo akan melakukan live shopping di lapakjateng.id untuk memperkenalkan produk-produk UMKM Jawa Tengah terdepan di laman tersebut lebih jauh. Pelanggan pun bisa menikmati berbagai promo seperti potongan diskon hingga gratis ongkir berkali-kali sampai Rp50.000 dalam mendapatkan produk-produk UMKM Jawa Tengah berkualitas di lapakjateng.id.

Komitmen Blibli memajukan UMKM di Indonesia

Dari waktu ke waktu, Blibli konsisten memaksimalkan ekosistem perusahaan yang komprehensif dan menjalin kolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan untuk mendampingi UMKM go digital secara maksimal. Blibli terus mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dengan menjalankan Program Stimulus Bangga Buatan Indonesia (PSBBI) yang berhasil menumbuhkan pendapatan merchant sebesar 7x. Selain itu, Blibli juga hadir dengan inisiatif Galeri Indonesia sebagai ruang pajang UMKM terlengkap dengan lebih dari 180.000 merchant UMKM di dalamnya.

Sinergi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah pun menunjukkan komitmen Blibli dalam berkolaborasi untuk menghadirkan dampak positif yang lebih luas bagi lebih banyak UMKM. Kerja sama antara Blibli dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dalam beberapa waktu ke belakang pun telah melahirkan sejumlah inisiatif yang bertujuan untuk memajukan UMKM secara menyeluruh.

Blibli dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah telah berkolaborasi menggelar Bazar UMKM Wow di Rest Area KM 360 Kabupaten Batang dan menghadirkan paket parsel lebaran khusus dari produk UMKM Jawa Tengah. Keduanya juga bekerja sama dalam menjalankan program pelatihan dan pendampingan secara offline & online di berbagai kabupaten & kota di Jawa Tengah.

“Ke depan, Blibli akan terus memperkuat perannya dalam mendorong pertumbuhan UMKM di Indonesia dengan lebih memaksimalkan ekosistem digital perusahaan dan lebih banyak upaya kolaboratif bersama pemangku kepentingan. Dengan begitu, sektor UMKM dapat terus maju memberikan kontribusi positif bagi perekonomian Indonesia melalui implementasi ekonomi kerakyatan yang mampu memberdayakan masyarakat,” kata Edward menutup.

Tentang Blibli

Didirikan pada tahun 2011, Blibli, dimiliki dan dioperasikan oleh PT Global Digital Niaga (“GDN”), platform omnichannel commerce dan gaya hidup Indonesia terpercaya yang berfokus pada menghadirkan pengalaman omnichannel yang mudah dan terintegrasi. Dengan pengembangan teknologi yang solid, infrastruktur yang kuat, dan layanan pelanggan yang memenangkan penghargaan, Blibli terkenal dengan jaminan kepuasan pelanggan dan mencatat skor NPS tertinggi di industri  e-Commerce. Bisnis Blibli dimulai dengan B2C dan berkembang menjadi B2B, B2B2C, dan B2G, menawarkan berbagai produk dalam 20 kategori, dari bahan pangan, elektronik konsumen, rumah & tempat tinggal, utilitas hingga perjalanan dan gaya hidup. Blibli memperkuat kategori barang konsumsi dan gaya hidup dengan akuisisi Ranch Market oleh GDN masing-masing pada tahun 2021 dan Tiket.com di tahun 2017.

Untuk memberikan pengalaman pelanggan yang menyenangkan, Blibli telah membangun infrastruktur yang solid berupa pergudangan dan logistik. Saat ini Blibli memiliki 15 gudang dan 30 hub yang berlokasi di kota-kota besar di Indonesia dan didukung oleh armada pengiriman sendiri, BES, dan juga bekerja sama dengan 21 mitra logistik. Blibli didukung oleh lebih dari 100.000 mitra bisnis merchant, dan menerima beragam metode pembayaran dari 22 mitra Bank, kartu kredit, fintech, dan menawarkan solusi Blibli PayLater yang diluncurkan melalui perusahaan asosiasinya, Cermati Fintech Group. Blibli juga merupakan satu-satunya platform e-Commerce yang terintegrasi dengan platform embedded banking-as-a-service (BaaS), Blu, yang disediakan oleh PT Bank Digital BCA, anak perusahaan PT Bank Central Asia Tbk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved