February
25
2024
     18:27

Perkokoh Ekosistem Bisnis Lelang &Retail Mobil Bekas, ASLC Perluas Jaringan Gadai

Perkokoh Ekosistem Bisnis Lelang &Retail Mobil Bekas, ASLC Perluas Jaringan Gadai
ILUSTRASI. PT Autopedia Sukses Lestari Tbk (ASLC) siap perluas jaringan bisnisgadai untuk memperkokoh ekosistem bisnis lelang dan retail mobil bekas yang digeluti Perseroan.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - PT Autopedia Sukses Lestari Tbk (ASLC) siap perluas jaringan bisnis gadai untuk memperkokoh ekosistem bisnis lelang dan retail mobil bekas yang digeluti Perseroan. Dengan mengembangkan jaringan usaha gadai yang dijalankan anak usaha PT Autopedia Sukses Gadai (ASG), ASLC berharap dapat memperluas layanan akan kebutuhan dana, khususnya kepada pelanggan JBA (bisnis lelang) dan meningkatkan transaksi segmen dealer-to-dealer (D2D).

“Bisnis gadai ini merupakan keunggulan tersendiri bagi ASLC dalam melayani pelanggan, karena akan memudahkan pelanggan dengan transaksi bisnis yang lebih efisien. Kami berharap, bisnis gadai yang masih dalam tahap awal pengembangan ini dapat meningkatkan penyaluran pinjaman kepada pelanggan JBA maupun pasar yang lebih luas,” kata Presiden Direktur Autopedia Sukses Lestari, JANY CANDRA.

Untuk mengembangkan bisnis gadai ini, Perseroan kembali menyuntikkan modal sebesar Rp 10 miliar ke ASG selama Januari dan Februari 2024 sehingga total modal disetor dan total modal ditempatkan menjadi Rp 17,5 miliar. Ini merupakan penambahan modal yang ketiga, dimana pada bulan September 2023 (Rp 2,5 miliar) dan Desember 2023 (Rp 2,5 miliar) ASLC juga melakukan peningkatan modal.

ASG telah memiliki 2 kantor cabang yang melayani kebutuhan pinjaman dengan jaminan mobil yaitu di JBA cabang Jakarta Raya dan Jakarta Tipar, serta sedang dalam proses pembukaan cabang di Pondok Pinang. Suntikan dana tersebut juga dipakai untuk ekspansi cabang, terutama di lokasi dekat dengan pengusaha mobil bekas. ASLC menargetkan ASG akan memiliki minimal 3 kantor cabang pada akhir tahun 2024.

ASG baru mendapatkan ijin usahanya pada 12 Juni 2023 dan sudah menunjukkan hasil pada kuartal III 2023 dengan mencatatkan pendapatan sebesar Rp 57 juta.

Selain bisnis gadai, ASLC juga akan memperluas model bisnis lainnya yang sudah teruji yaitu Caroline.id. Perseroan menargetkan Caroline.id akan memiliki minimal 18 cabang dealer pada akhir tahun 2024.

Sekilas mengenai PT Autopedia Sukses Lestari Tbk (ASLC)

PT Autopedia Sukses Lestari (ASLC) yang merupakan bagian dari Grup PT Adi Sarana Armada Tbk (ASSA) bergerak di usaha jual beli kendaraan bekas dan tercatat di Bursa Efek Indonesia sejak awal 2022. Dengan visi menjadi omnichannel automotive marketplace yang paling terpercaya, Autopedia menjalankan bisnis jual beli kendaraan bekas baik untuk B2B, C2C, dan B2C dimana saat ini ASLC merupakan ekosistem marketplace terbesar di Indonesia untuk jual beli kendaraan bekas.

Dalam ekosistem bisnisnya, Autopedia memiliki tiga bisnis utama, yaitu balai lelang bernama JBA yang mampu melakukan lelang offline dan juga online (hybrid). JBA dengan 37 kantor cabang di seluruh Indonesia merupakan balai lelang terbesar di Indonesia.

ASLC juga memiliki bisnis diler mobil online-tooffline (O2O) dengan brand Caroline.id yang saat ini memiliki total 10 dealer dan kanal digital melalui website www.caroline.id. Caroline.id melayani jual, beli, tukar tambah dan pre-order mobil bekas. Caroline.id memberikan keuntungan kepada konsumen dengan memberikan garansi 7G+ selama 1 tahun yang melindungi 7 komponen utama kendaraan dan menyediakan garansi buyback 5 hari. Hal-hal tersebut dirancang untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pelanggan Caroline.id sesuai tagline yaitu jual beli mobil bekas bergaransi. Jumlah dealer Caroline.id akan terus tumbuh di tengah tingginya potensi bisnis jual beli kendaraan bekas di Indonesia.

Bisnis gadai melalui PT Autopedai Sukses Gadai juga terus berekspansi untuk menyalurkan pinjaman jangka pendek dengan jaminan mobil kepada pelanggan JBA dan pasar yang lebih luas.

Baca Juga: Autopedia Sukses Lestari (ASLC) Tambah Modal Rp 10 Miliar ke Anak Usaha Bisnis Gadai

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved