June
10
2023
     21:23

Penuhi TJSL, Grup MIND ID Bersinergi dengan Petani Maluku Utara Hasilkan Panen Jagung

Penuhi TJSL, Grup MIND ID Bersinergi dengan Petani Maluku Utara Hasilkan Panen Jagung
ILUSTRASI. BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID melalui anggotanya, PT Aneka Tambang Tbk, tepatnya via UPB Nikel Maluku Utara bersama dengan petani di Desa Gamesan, Kecamatan Maba, Kabupaten Halmahera Timur, sukses menggelar panen jagung manis (6/6).

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID melalui anggotanya, PT Aneka Tambang Tbk., (Antam), tepatnya via Unit Bisnis Pertambangan (UPB) Nikel Maluku Utara bersama dengan petani di Desa Gamesan, Kecamatan Maba, Kabupaten Halmahera Timur, sukses menggelar panen jagung manis pada Selasa, 6 Juni 2023.

Panen itu merupakan yang perdana dilakukan oleh UPB Nikel Maluku Utara bersama dengan Kelompok Tani (Poktan) Harmony, Desa Gamesa. Panen tersebut menghasilkan 3.352 tongkol jagung.

Poktan Harmony merupakan mitra binaan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Anggota MIND ID, Antam UBP Nikel Maluku Utara. MIND ID melalui Antam terus berupaya melakukan pembinaan terhadap masyarakat melalui berbagai program TJSL, khususnya kepada masyarakat lokal di sekitaran area tambang.

Sekretaris Perusahaan MIND ID, Heri Yusuf mengatakan melalui Antam, Holding BUMN sektor pertambangan tersebut sejalan dengan sinergi berdaya terus berupaya memberikan dampak bagi perekonomian masyarakat di sekitaran area tambang, salah satunya upaya yang dilakukan bersama Poktan Harmony.

"Kami dari MIND ID sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada komitmen para anggota Poktan Harmony karena telah bersinergi dengan Antam dalam pengembangan kebun hortikultura jagung,” ucap Heri Yusuf.

Menurutnya, saat smelter beroperasi pada 2023, kebutuhan akan bahan pangan hortikultura seperti jagung dan juga buah-buahan di wilayah sekitar smelter akan terus meningkat. Antam tercatat menyiapkan lahan seluas enam hektar yang dijadikan lahan pertanian hortikultura di wilayah UBP Nikel Maluku Utara.

Heri mengatakan, MIND ID terus melakukan upaya juga inisiatif untuk mengembangkan berbagai program TJSL perusahaan, salah satunya pengembangan kebun holtikultura. Melalui pengembangan itu, diharapkan bisa memberikan manfaat bagi perekonomian juga meningkatkan kesejahteraan para petani di sekitar wilayah UBP Nikel Maluku Utara.

"Ke depan semoga pengembangan sektor hortikultura melalui program TJSL perusahaan akan semakin mampu meningkatkan pendapatan masyarakat. Panen perdana jagung ini kami lakukan di atas lahan yang belum produktif," kata Heri.

MIND ID, lanjut Heri, akan terus memberikan dukungan penuh agar masyarakat lokal di sekitaran wilayah tambang bisa lebih mandiri secara ekonomi. Ia pun mendorong agar tetap semangat dan bersinergi antara Antam dan masyarakat sekitar tetap terjaga.

Sebagai anggota Holding Industri Pertambangan MIND ID, Antam senantiasa berupaya membina dan mengedukasi masyarakat melalui berbagai program CSR, terutama kepada masyarakat lokal yang berada di lingkar tambang.

Sementara itu, Wakil Bupati Halmahera Timur Anjas Taher dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada Antam UBP Nikel Maluku Utara yang telah membina dan membantu masyarakat dalam meningkatkan ekonomi kreatif.

“Kami, pemerintah daerah sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada PT Aneka Tambang, grup MIND ID yang sudah berkontribusi besar dalam pelaksanaan program-program TJSL salah satunya dengan pengembangan untuk sektor pertanian,” kata Anjas.

Sekilas MIND ID

BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID (Mining Industry Indonesia) melalui entitas PT Mineral Industri Indonesia (Persero) memiliki mayoritas saham pada empat perusahaan industri tambang terbesar di Indonesia; PT Aneka Tambang Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Timah Tbk, dan PT Freeport Indonesia.

MIND ID terus membangun ekosistem pertambangan berkelanjutan, menjadi pelopor Program Dekarbonisasi, sekaligus ujung tombak Hilirisasi Produk Pertambangan.
MIND ID mengelola sumber daya alam untuk peradaban, kemakmuran, dan masa depan Indonesia yang lebih cerah.

Baca Juga: Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Ini Program Berkelanjutan MIND.ID

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved