October
31
2022
     22:46

Penjualan Kuartal Ketiga MAPA Melonjak

Penjualan Kuartal Ketiga MAPA Melonjak
ILUSTRASI. Pengunjung berbelanja di gerai perlengkapan olahraga Sports Station di Mal WTC Matahari, Serpong, Banten, Selasa (20/10).

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - PT Map Aktif Adiperkasa Tbk (MAPA), anak perusahaan PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI) untuk Sports, Kids dan Leisure yang terdepan dalam penjualan dan pemasaran brand premium di ASEAN, hari ini mengumumkan hasil untuk 9M yang berakhir pada 30 September.

Melanjutkan momentum dari semester pertama, MAPA membukukan rekor untuk penjualan dan laba bersih pada kuartal ke-3 yang didukung oleh antusiasme selama periode Back to School pada bulan Juli, dan permintaan konsumen yang terus meningkat terhadap produk Sports, Kids, dan Leisure dari berbagai mitra brand pilihan.

Penjualan 9M menunjukkan pertumbuhan hampir 80%, dengan lonjakan laba bersih lebih dari 50 kali lipat, karena adanya perbandingan yang lebih rendah pada tahun 2021, yang disebabkan adanya penutupan mal sepanjang bulan Juli dan Agustus diakibatkan tingginya penyebaran virus Covid-19 varian Delta.

Ratih D. Gianda, VP Investor Relations, Corporate Communications and Sustainability MAP Group menyatakan, “Momentum bisnis kami berlanjut pada kuartal ke-3, kami memanfaatkan tingginya permintaan belanja dalam memasarkan produk terbaru dari para mitra brand pilihan. Peluncuran ini, bersamaan dengan pemasaran langsung kepada berbagai komunitas, aktivasi digital, serta menargetkan para anggota MAP CLUB yang menghasilkan rekor baru untuk top-line dan bottom-line pada laporan keuangan perusahaan.”

Penjualan pada kuartal ke-3 meningkat lebih dari dua kali lipat dari tahun sebelumnya karena MAPA memanfaatkan formula pemasaran brand pilihan yang telah terbukti, melalui kanal multi-tier online dan offline yang luas, sehingga memaksimalkan jangkauan konsumen di mana pun mereka berbelanja. Pertumbuhan signifikan terlihat pada kategori Running & Fitness, Kids, dan Athletic Specialty melalui gerai Foot Locker yang baru dibuka.

Penjualan dan margin laba kotor menunjukkan peningkatan signifikan yang diperkuat oleh investasi berkelanjutan perusahaan dalam program CRM dan Loyalty, untuk memastikan penargetan anggota yang lebih efektif terhadap brand tertentu. Hal ini memperkuat hubungan pelanggan dengan brand, meningkatkan nilai transaksi rata-rata secara signifikan, serta menciptakan perputaran inventory yang lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya.

Perusahaan menambahkan 49 gerai selama kuartal ke-3 termasuk Foot Locker, Converse, Skechers, Crocs, New Balance, Kidz Station, Fit Flop dan Steve Madden, termasuk di antaranya 30 gerai Converse baru di Singapura dan Malaysia melalui ekspansi yang baru diumumkan pada periode ini.

Penjualan digital tumbuh hampir 16% selama 9M, meskipun mal sudah beroperasi kembali. Penjualan yang signifikan terlihat terutama pada PlanetSports.asia, KidzStation.asia, Footlocker.id dan Lineashoes.com yang baru diluncurkan.

Ratih mengatakan, “Melihat masa depan, kami tetap berkomitmen untuk memberikan hasil yang konsisten bagi para pemegang saham dan mitra brand di tengah kondisi yang penuh ketidakpastian. Kami berharap model ritel multi-channel perusahaan memastikan kami dapat mengoptimalkan potensi semua brand, dan merupakan keunikan utama yang mendorong pertumbuhan pada tahun 2023.”

Tinjauan Keuangan 9 Bulan

- Penjualan bersih meningkat 79,6% dari Rp3,8 triliun di tahun sebelumnya menjadi Rp6,8 triliun

- Margin kotor meningkat 570 bps dari 42,4% menjadi 48,1%

- Laba usaha tercatat sebesar Rp1,1 triliun dari Rp94,8 miliar

- EBITDA melonjak dari Rp551,5 miliar menjadi Rp1,6 triliun

- Laba bersih naik signifikan menjadi Rp803,8 miliar dari rugi bersih sebesar Rp14,9 miliar di tahun sebelumnya.

Baca Juga: MAP Aktif Adiperkasa (MAPA) Hadirkan Toko Sepatu Lari HOKA Pertama di Jakarta

Tentang PT Map Aktif Adiperkasa Tbk (MAPA)

PT Map Aktif Adiperkasa Tbk (MAPA) adalah entitas ‘brand commerce’ yang mengelola dan memasarkan brand internasional di Indonesia. Anak perusahaan PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI), MAPA mengelola lebih dari 40 brand eksklusif di 1.263 gerai dan 11 situs online.

Tiga segmen bisnis utama perusahaan adalah produk Sports, Leisure footwear dan Kids, yang dijual melalui format gerai multi-brand, mono-brand yang dimiliki langsung oleh MAPA, termasuk PlanetSports.Asia, Sports Station, Golf House, dan Kidz Station. Di tahun 2018, perusahaan mengakuisisi Astec, brand bulu tangkis, fitness dan aktivitas leisure terkemuka di tingkat regional, yang didirikan oleh Alan Budikusuma dan Susi Susanti, peraih medali emas Olimpiade.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved