March
23
2023
     13:49

Pendapatan Super Micro Computer Selama Tiga Tahun Terus Bertumbuh

Pendapatan Super Micro Computer Selama Tiga Tahun Terus Bertumbuh
ILUSTRASI. Super Micro Computer Inc.

Reporter: Tendi Mahadi | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Umumnya, para investor di pasar modal ingin memilih saham yang berpotensi memberikannya keuntungan yang besar. Sayangnya, tidak setiap saham yang dipilihnya  bisa memberinya keuntungan. Tapi saat memilih saham yang tepat, keuntungan besar bisa diraih. Salah satunya adalah Super Micro Computer, Inc. yang harga sahamnya, di bursa Nasdaq AS dengan kode SMCI, melonjak 487 persen dalam tiga tahun. Selain itu, harga sahamnya juga naik 18 persen dalam satu kuartal.

Super Micro Computer, Inc., (Supermicro), adalah perusahaan teknologi informasi yang berbasis di San Jose, California AS. Ia memiliki operasi manufaktur di Silicon Valley AS, Belanda dan Science and Technology Park di Taiwan. Didirikan pada 1 November 1993, Supermicro adalah penyedia server berkinerja tinggi dan berefisiensi tinggi, perangkat lunak manajemen server, dan sistem penyimpanan untuk berbagai pasar, termasuk pusat data enterprise, komputasi awan, kecerdasan buatan, 5G, dan edge computing.

Dikutip dari laman simplywall.st, disebutkan bahwa Super Micro Computer telah menjalankan peran penting dalam mendorong keuntungan bagi pemegang saham jangka panjang.

Baca Juga: Dukung Lansia Tetap Produktif, BMHS Undang Lansia Ikuti Pemeriksaan Kesehatan Gratis

Mengutip Benjamin Graham: dalam jangka pendek pasar adalah mesin pemungutan suara, tetapi dalam jangka panjang itu adalah mesin penimbang. Salah satu cara, yang tidak sempurna namun sederhana, untuk mengetahui bagaimana persepsi pasar terhadap suatu perusahaan telah bergeser adalah dengan membandingkan perubahan laba per saham (EPS) dengan pergerakan harga saham.

Super Micro Computer mampu meningkatkan EPS-nya sebesar 86 persen per tahun selama tiga tahun, membuat harga sahamnya lebih tinggi. Bukan kebetulan bahwa pertumbuhan EPS-nya mendekati rata-rata kenaikan tahunan sebesar 80 persen dalam harga saham. Hal ini menunjukkan bahwa perubahan harga sahamnya bisa dibilang meniru pertumbuhan EPS-nya.

Super Micro Computer telah memberi “penghargaan” kepada para pemegang sahamnya dengan pengembalian total pemegang saham sebesar 129 persen dalam dua belas bulan terakhir. Karena TSR satu tahun lebih baik daripada TSR lima tahun (yang terakhir mencapai 42 persen per tahun), terlihat bahwa kinerja saham Super Micro Computer telah meningkat belakangan ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved