Pencapaian Kenangan Brands 2021, Menjadi Perusahaan New Retail F&B Unicorn Pertama
Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti
KONTAN.CO.ID - Memulai bisnis pada 2017, Kopi Kenangan telah berkembang menjadi perusahaan New Retail F&B dengan pertumbuhan tercepat di Indonesia. Seiring pertumbuhan ini, dari tahun ke tahun perusahaan juga terus berinovasi dengan produk-produk unggulan lain seperti Cerita Roti, Chigo, Kenangan Heritage, Kenangan Manis, bahkan kini dengan meluncurkan inovasi ready to drink terbaru, Kopi Kenangan Hanya Untukmu, yang semuanya kini bernaung dalam satu grup; Kenangan Brands. Kemudian pada tahun 2021, Kopi Kenangan resmi mengumumkan pendanaan seri C dan status perusahaan sebagai New Retail F&B Unicorn pertama di Asia Tenggara.
Menurut Edward Tirtanata, CEO dan Co-Founder Kenangan Brands, perusahaan akan terus berkomitmen untuk menghadirkan produk yang dapat dinikmati oleh konsumen di seluruh Indonesia. “Sejak pertama kali hadir dengan Kopi Kenangan hingga kini, berdiri di bawah naungan Kenangan Brands dengan brand-brand lain seperti Cerita Roti, Chigo, dan Kenangan Manis; bersama 4.749 karyawan Kenangan Brands, prioritas kami adalah terus berinovasi dan memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh konsumen.
Salah satunya lewat beragam progam training kepada karyawan kami. Hingga saat ini kami telah memberikan program training ke lebih dari 10.000 karyawan. Hal ini paralel dengan pencatatan penjualan yang baik dari setiap brand Kenangan Brands. Pada 2021, Kopi Kenangan mencatatkan penjualan lebih dari 3 juta gelas setiap bulan. Sedangkan untuk Cerita Roti, tercatat penjualan sebesar 6,4 juta dalam setahun, Chigo dengan lebih dari 1 juta produk, dan Kenangan Manis yang baru saja diluncurkan pada Oktober 2021 sudah berhasil menjual 20.000 cookies dalam sebulan,” terang Edward.
Kopi Kenangan Raih Brand of The Year Dua Kali Berturut-Turut
Sebagai brand yang telah menjual lebih dari 3 juta gelas kopi perbulannya, Kopi Kenangan saat ini memiliki 622 gerai yang tersebar di 45 kota dan akan terus menambahkan gerai di seluruh wilayah Indonesia. Pada 2021, Kopi Kenangan juga meningkatkan kuantitas penggunaan bahan baku seperti biji kopi, gula aren, susu, dan juga sirup sebesar 58,8%.
Tahun ini, Kopi Kenangan juga akan menghadirkan inovasi dan produk, seperti pemesanan melalui whatsapp dan pick up di gerai melalui order.kopikenangan.com. Kemudian menghadirkan outlet baru dengan layanan drive thru dan memberikan member retention dan engagement seperti cashback di aplikasi Kopi Kenangan.
Pada penghujung 2021, aplikasi Kopi Kenangan mencatatkan adanya peningkatan penjualan hingga 188% dibandingkan dengan tahun 2020. Ini membuktikan Kopi Kenangan sukses menarik hati para pelanggan lewat inovasi dan pengembangan layanan serta produk.
Melalui sekian banyak inovasi dalam pengembangan layanan dan produk, Kopi Kenangan kembali memperoleh penghargaan Brand of The Year dari World Branding Awards International Forum di kategori Cafe Chain 2021-2022 dan Sertifikasi CHSE (Clean, Healthy, Safety and Environmental) dari Kemenparekraf pada Januari 2021. Hal ini tentu memotivasi Kopi Kenangan untuk terus memberikan kualitas dan pelayanan terbaik demi meningkatkan loyalitas customer.
Inovasi Cerita Roti Sebagai Camilan Pertama yang Menemani Kopi Kenangan
Meski baru diluncurkan awal 2021 lalu, Cerita Roti saat ini telah berkembang pesat dengan menjual 6,4 juta roti selama setahun dan tersedia di 480 outlet Kopi Kenangan x Cerita Roti. Peningkatan penjualan Cerita Roti meningkat 330% di enam bulan terakhir 2021. Selain itu, Kenangan Brands juga akan terus menghadirkan outlet baru Cerita Roti di seluruh wilayah Indonesia dan mengeluarkan varian baru untuk dinikmati konsumen.
Kini, Cerita Roti memiliki 1 Central Kitchen di Jakarta, dan 4 Mini Central Kitchen di Bogor, Bandung, Semarang, dan Medan, dengan kapasitas produksi kurang lebih 250.000 roti per minggu. Cerita Roti juga telah mendapatkan sertifikasi Halal untuk semua varian yang disajikan dan berhasil mengembangkan followers di Instagram sebesar 30K dalam kurun waktu 6 bulan.
Terus Berkembang, Chigo Tarik Perhatian Konsumen
Kenangan Brands juga memiliki produk olahan ayam goreng, Chigo. Kini, Chigo telah tersebar di 40 outlet di Jabodetabek dan telah menjual lebih dari satu jura produk. Didorong peningkatan penjualan hingga 232% pada enam bulan terakhir di tahun 2021, Chigo berencana untuk melakukan ekspansi ke lebih dari 100 outlet di Indonesia pada 2022.
Untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen, di tahun 2022 Chigo juga akan mulai mengeluarkan menu minuman, side dish and add ons menu, serta memperkenalkan varian terbaru Chigo. Brand olahan ayam goreng ini mampu menarik perhatian konsumen di Indonesia dengan melonjaknya pengikut media sosial yang menembus 50 ribu pengikut hanya dalam 7 bulan pasca diluncurkan.
Perluas Segmentasi Pangsa Pasar, Hadirlah Kenangan Heritage
Selain menghadirkan produk, Kenangan Brands juga memperluas jangkauannya dengan membuka Kenangan Heritage pada Oktober 2021 lalu untuk memberikan pengalaman baru yang lebih berkelas bagi para penikmat kopi. Dengan nuansa interior yang hangat dan cozy, Kenangan Heritage juga menggandeng Mikael Jasin untuk memilih kopi dan menu Kenangan Heritage. Terdiri dari dua area bar, Mixologist, dimana pelanggan dapat menikmati berbagai racikan minuman ala Mikael Jasin yang terinspirasi oleh ragam cerita rakyat Indonesia, dan juga Purist Bar yang menghadirkan beragam jenis kopi, sekaligus memperlihatkan berbagai teknik penyeduhan kopi, dengan menu pilihan. Selain bar, tersedia juga Roastery Room yang menawarkan pengalaman immersive dimana customer dapat memilih langsung biji-biji kopi premium pilihan Kenangan Heritage.
Biji kopi yang dipilih dapat disangrai sesuai profil rasa yang disukai customer dengan menggunakan mesin roasting biji kopi profesional IKAWA Pro 100 gram. Kenangan Heritage juga menawarkan menu Cerita Roti dan Kenangan Manis sebagai makanan pendamping bagi konsumen. Kenangan Heritage berhasil menjual lebih dari 50.000 specialty coffee dalam 2 bulan pertama peluncurannya, dan direncanakan untuk ekspansi ke kota lain pada 2022 karena melihat antusias dari konsumen yang sangat tinggi.
Yang Baru dari Kenangan Brands, Kenangan Manis
Kenangan Brands juga telah meluncurkan sea salt soft baked cookies pada 25 Oktober 2021 yang diberi label Kenangan Manis. Terbuat dari bahan-bahan premium yang fresh dan handmade, salah satu keunikan Kenangan Manis adalah kombinasi sea salt premium sehingga menghadirkan cita rasa cookies yang unik dan patut dicoba.
Dengan 6 varian rasa seperti, Berry Funfetti, Friend-Chip, Red Velvet Madness, Biscoff Crunch, N’tella and Chill dan Join The Dark Side, Kenangan Manis yang saat ini tersedia di 25 gerai telah menjual lebih dari 20 ribu cookies dalam kurun waktu 1 bulan saja. Menginjak awal 2022, Kenangan Manis mencatatkan rata-rata penjualan sebesar 300 pieces per gerai per hari. Melihat konsistensi dan keseriusan ini, Kenangan Manis ditargetkan hadir di lebih dari 75 outlet baru di Indonesia dalam Q1 2022.
Sasar Target Pasar Baru dengan Kopi Kenangan Hanya Untukmu
Untuk memperluas portofolio dan menjangkau lebih banyak pangsa pasar serta memenuhi kebutuhan konsumen, Kenangan Brands juga baru saja meluncurkan inovasi terbaru dalam produk kopi kemasan siap minum atau ready to drink coffee, Kopi Kenangan Hanya Untukmu. Diluncurkan pada 17 Januari 2022, Kopi Kenangan Hanya Untukmu menempatkan Kopi Kenangan sebagai coffee chain pertama dari Indonesia yang mengeluarkan produk kopi ready to drink.
Dibuat dengan bahan-bahan berkualitas, yaitu 100% biji kopi asli Indonesia, 100% susu segar, dan 100% gula aren murni sebagai kandungan utamanya. Kopi Kenangan Hanya Untukmu hadir dengan 3 varian, yaitu Black Aren, Mantancino, dan Avocuddle dan cita rasa terbaik dengan harga terjangkau, yaitu sebesar Rp9.500 per botol. Produk ready to drink Kopi Kenangan ini menjadi jawaban akan tingginya antusias pelanggan terhadap Kopi Kenangan sekaligus menyasar pangsa pasar yang lebih luas dengan aksesibilitas mudah karena tersedia secara masif di supermarket dan minimarket seluruh Indonesia.
“Dengan beberapa pencapaian dan antusiasme yang sangat tinggi dari konsumen setia Kenangan Brands, pada 2022 kami akan menghadirkan inovasi dalam memberikan pelayanan terbaik untuk konsumen serta pengembangan produk yang akan terus dilakukan melalui ide-ide kreatif dan inovatif dalam menciptakan makanan atau minuman yang berkualitas dan memiliki cita rasa yang sangat lezat. Selain itu, Kenangan Brands juga akan melakukan ekspansi ke seluruh kota di Indonesia agar konsumen dari wilayah manapun dapat menikmati semua produk Kenangan Brands,” tutup Edward.
Tentang Kenangan Brands
Kenangan Brands adalah grup F&B berkonsep New Retail dengan pertumbuhan tercepat di Indonesia. Didirikan pada tahun 2017 dengan merek andalannya, Kopi Kenangan. Pada tahun 2020, Kenangan Brands mulai merambah ke kategori makanan melalui merek roti bernama Cerita Roti, dan pada tahun 2021, meluncurkan merek “chicken on the go” bernama Chigo dan merek soft-cookies Kenangan Manis.
Pada tahun 2022, kami meluncurkan inovasi terbaru kami dengan memasuki pasar FMCG melalui peluncuran produk Ready to Drink Kopi Kenangan Hanya Untukmu, Kopi Siap Minum dalam kemasan, sebagai usaha untuk mengembangkan dan memperluas pasar secara nasional, sekaligus menjawab tingginya antusias pelanggan terhadap Kopi Kenangan. Melalui pemahaman dan eksplorasi cita rasa lokal serta model online dan offline 'ritel baru' yang berfokus pada pengalaman pelanggan, Kenangan Brands memiliki visi untuk menjadi bisnis makanan dan minuman terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara, dengan produk berkualitas terjangkau, cepat dan pelayanan yang ramah, quality control, dan pengembangan usaha kreatif.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News