June
21
2022
     19:23

Penandatanganan MoU Suplai Tenaga Kerja ke Bulgaria, Potensi Membuka Lapangan Kerja

Penandatanganan MoU Suplai Tenaga Kerja ke Bulgaria, Potensi Membuka Lapangan Kerja
ILUSTRASI. Dubes RI untuk Bulgaria, Iwan Bogananta inspeksi ke perusahaan yang akan merekrut tenaga kerja Indonesia sekaligus menyaksikan langsung penandatanganan MoU antara Emona,Ltd & PT. Bali Duta Mandiri (BDM) oleh Founder / CEO Vaya Beach Resort Ivan Ivaniov.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Dalam rangka memaksimalkan peran Perwakilan RI sebagai pelindung WNI, pada hari Sabtu, 18 Juni 2022 Dubes RI Iwan Bogananta melakukan inspeksi ke perusahaan yang akan merekrut tenaga kerja Indonesia sekaligus menyaksikan secara langsung penandatanganan MoU kerja sama antara Emona,Ltd dan PT. Bali Duta Mandiri (BDM) oleh Founder / CEO Vaya Beach Resort Ivan Ivaniov terkait kerjasama suplai tenaga kerja pada sektor perhotelan dan pariwisata di Bulgaria.

Untuk diketahui Emona 2000, Ltd adalah perusahaan upper managemen pengolahan Vaya Beach Resort Bulgaria. Penandatanganan juga dillakukan secara daring pada Senin, 20 Juni 2022 dimana turut hadir menyaksikan penandatangan MoU, Rektor Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional (IPB-Intl), Dr. I Made Sudjana.,MM.,CHT.,CHA beserta jajarannya, Direktur Utama PT. Bali Duta Mandiri, Dr. I Nyoman Gede Astina, PF. Ekonomi, Bahana Menggala Bara, Kepala Kanselerai KBRI Sofia Murdi Primbani, Founder/CEO Vaya Beach Resort Ivan Ivanov, dan General Manager Mihail Banov.  

Penandatanganan MoU tersebut adalah tindak lanjut dari kunjungan pemilik Vaya Beach Resort, Ivan Ivanov ke Indonesia bersama Duta Besar LBBP RI, Iwan Bogananta pada bulan Maret 2022 lalu. Pada saat kunjungan ke Indonesia, Ivan Ivanov telah melakukan penjajakan pada sektor pariwisata dengan bertemu berbagai pihak diantaranya adalah PT. BDM dan IPB-Intl di Bali.

MoU tersebut menghasilkan kesepakatan antara kedua belah pihak untuk membuka peluang pengiriman tenaga profesional dibidang pariwisata seperti tenaga spa (therapist), food production, chef, housekeeping, dan tenaga perhotelan lainnya untuk Vaya Resort Bulgaria.

Dubes RI, Iwan Bogananta mengatakan bahwa penandatanganan MoU tersebut, adalah bagian dan upaya membuka lapangan kerja bagi para pencari kerja di Indonesia paska pandemi, lebih dari dua tahun terjadi resesi ekonomi, khususnya pada industri pariwisata sangat terdampak dan banyak Pemutusan Hak Kerja (PHK) di perhotelan.

Dengan adanya MoU kerjasama tenaga kerja, kami berharap akan kembali menggairahkan para expertise dan pekerja didunia pariwisata Indonesia untuk mencoba tantangan baru di Bulgaria dan negara kawasan Balkan.

Dengan melihat situasi dan peluang permintaan tenaga kerja yang akan semakin besar di masa-masa mendatang, Dubes Iwan berpendapat bahwa perlu dipikirkan mekanisme agar KBRI dapat diberikan peran lebih aktif dalam pengawasan penempatan tenaga kerja Indonesia sejak awal, seperti dengan melakukan legalisasi, endorsement perusahaan, dimana hal ini sangat penting bagi pendataan awal sebelum kedatangan, quality control dan mengurangi perselisihan perburuhan di luar negeri, khususnya antara perusahaan, employer di luar negeri dan pekerja Indonesia.

Pemilik Vaya Beach Resort, Ivan Ivanov mengatakan sejak kunjungannnya ke Indonesia bersama Dubes RI, ia sangat impresif dengan suasana, pelayanan dan bagaimana pemerintah Indonesia mengembangkan sistem di industri pariwisata Indonesia, semua tertata dengan baik dari infrastruktur sampai dengan pengolahan sumber daya manusia.

Ke depan Ivan menargetkan akan memperkejakan sebanyak 200 orang Indonesia untuk resornya karenan hunian resor sampai saat masih terus melakukan pengembangan.  
Sementara itu, perusahaannya juga tertarik untuk menjadi perusahaan agency dalam menyalurkan tenaga kerja pada Industri pariwisata, ‘Peluang sangat besar, Balkan memiliki potensi pariwisata namun minim sdm yang mampu menyajikan pelayanan terbaik dan SDM Indonesia saya akui mereka siap dengan touris' ujar Ivan.

Rektor IBP-Intl, Dr. I Made Sudjana.,MM.,CHT.,CHA dalam pertemuan sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan Dubes RI bersama Tim, dalam kesempatan tersebut Prof menyebutkan bahwa kampusnya rata-rata pertahun mampu mengeluarkan sebanyak 800-900 lulusan, dan para mahasiswanya juga melakukan job training di Amerika dan Jepang, harapanya dengan adanya MoU ini semoga dapat membuka peluang pelatihan baru bagi mahasiswanya di Bulgaria, Albania, dan Makedonia Utara.

Direktur Utama BDM, Dr. I Nyoman Gede Astina, M.Pd  mengucapkan terimakasih kepada Dubes RI beserta tim KBRI, dan Rektor IPB-Intl, Dr. I Made Sudjana, SE., MM., CHT., CHA yang telah menginisiasi pertemuan Emonaa 2000 Ltd, dan BDM sendiri bertekad untuk menyalurkan tenaga kerja yang bersertifikasi dan handal, saat ini, bekerjasama dengan IPB-Intl, perusahaannya telah menyalurkan tenaga di berbagai negara.

Vaya Beach Resort merupakan kawasan exclusive hunian bintang 5, dibangun dilahan seluas 18 hektar di wilayah sea coast black sea, tepatnya di kota Burgas, dengan jarak tempuh lebih kurang jam 3,5 jam dari ibukota Sofia. Vaya Beach Resort  menyajikan hunian pantai, river side dan green forest, kebun anggur dan winery (tempat pengolahan minuman anggur).

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Tag

Release Terkini


2022 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved