June
01
2024
     13:44

Pemimpin Bisnis Masa Depan Indonesia Bersaing di Final Regional FedEx Trade Chalenge

Pemimpin Bisnis Masa Depan Indonesia Bersaing di Final Regional FedEx Trade Chalenge
ILUSTRASI. FedEx Express (FedEx), anak perusahaan FedEx Corp. (NYSE: FDX) dan salah satu perusahaan transportasi ekspres terbesar di dunia, mengumumkan enam pemenang FedEx Express/Junior Achievement International Trade Challenge 2024 ( FedEx/JA ITC) pada tahap final di Indonesia.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - FedEx Express (FedEx), anak perusahaan FedEx Corp. (NYSE: FDX) dan salah satu perusahaan transportasi ekspres terbesar di dunia, mengumumkan enam pemenang FedEx Express/Junior Achievement International Trade Challenge 2024 ( FedEx/JA ITC) pada tahap final di Indonesia. Para pemenang akan maju ke tahap kompetisi regional FedEx/JA ITC Asia, Timur Tengah, dan Afrika (AMEA) yang akan diadakan pada Agustus 2024.

Selama empat tahun terakhir, FedEx telah bekerja sama dengan Prestasi Junior untuk mendorong pertumbuhan dan perkembangan generasi muda Indonesia. Melalui program ITC, FedEx dan Prestasi Junior membekali siswa dengan kegiatan tim dan lokakarya khusus yang berfokus pada perdagangan global, untuk membuka jalan bagi kesuksesan masa depan mereka sebagai pemimpin dalam dunia bisnis.
 
    Enam siswa yang akan mewakili Indonesia di final regional adalah:
1.    Tim            :  Underflow
Nama siswa        : Rashad Karushi Rundi dan Rafael Danish Attari

Asal sekolah        : SMA Labschool Cibubur
Ide produk    : Flow Guard adalah sebuah keran tambahan untuk mengatur aliran air, sehingga memungkinkan pengguna untuk memantau penggunaan air setiap jam. Para pengguna juga dapat menerima laporan harian, mingguan, dan bulanan tentang penggunaan air melalui ponsel cerdas mereka. FlowGuard bertujuan untuk mengatasi salah satu ancaman utama di Australia, yaitu krisis air, dengan meningkatkan kesadaran tentang konsep konservasi air di Australia. Perakitan dan pengaturan FlowGuard sangat mudah dan berbiaya rendah, tanpa memerlukan bantuan profesional. Hal ini bertujuan agar produk kami dapat menjangkau keseluruhan demografi Australia, memperkuat kesadaran mengenai konservasi air. Mengurangi penggunaan air sekaligus meningkatkan kesadaran.
Nama produk    : Flow Guard


2.    Tim            : AquiPlan
Nama siswa        : Jocely dan Grant Kenneth Lie       
Asal sekolah        : SMA Citra Kasih Jakarta
Ide produk    : AquiPlan adalah penanam sub-irigasi yang memanfaatkan aksi kapilaritas air untuk menjaga kelembapan tanah. Produk menggunakan material batu fiber yang tahan terhadap kondisi cuaca ekstrim seperti musim dingin atau kekeringan. Produk ini juga memiliki pelindung hujan tambahan yang juga berfungsi sebagai semi isi ulang untuk pot. Dengan penggunaan AquiPlan, air dapat dihemat 80% untuk berkebun.
Nama produk    : AquiPlan

3.    Tim            : Toya Team
Nama siswa        : Tanaya Nindya Triamirda dan Nidya Azza Nabila  
Asal sekolah        : SMAN 1 Wonosobo
Ide produk    : GREETER adalah filter air yang terbuat dari sampah plastik. Produk ini berbentuk bangku dan juga dapat digunakan sebagai pot tanaman. Produk multifungsi ini dibuat dengan teknik 3D print. GREETER dapat menyaring kembali air hujan atau air yang tercemar menjadi air tawar dengan menggunakan akar tanaman dan beberapa lapis penyaring organik (tanah, sabut kelapa, arang tempurung kelapa, pasir, batu).
Nama produk    : GREETER (Green filter water filter)

Final Regional kali ini akan diadakan secara tatap muka, yang akan berlangsung di Singapura pada bulan Agustus. Pemenang dari Indonesia berkesempatan untuk berkolaborasi dan berkompetisi dengan pelajar dari Hong Kong SAR, India, Jepang, Korea, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam. Format kompetisi ini memberikan siswa Indonesia kesempatan unik untuk bertukar pikiran secara kolaboratif, bertukar ide dan wawasan, dan terlibat dalam diskusi konstruktif dengan teman-teman yang memiliki ragam budaya berbeda dari seluruh wilayah.

Tahun ini, para siswa ditantang untuk mengembangkan strategi untuk memasuki pasar Australia dengan produk seputar konservasi air. Proyek ini relevan dengan panas ekstrem yang telah berdampak pada ekosistem dan infrastruktur Australia.

“FedEx percaya bahwa mendidik dan menginspirasi generasi muda sangat penting bagi masa depan kita,” kata Garrick Thompson, Managing Director FedEx Express Indonesia. “Kolaborasi antara FedEx dan Prestasi Junior menawarkan peluang untuk melahirkan generasi inovator masa depan, khususnya di bidang kewirausahaan dan perdagangan global. Kami yakin bahwa program ITC akan membantu menciptakan masa depan yang lebih cerah bagi semua orang, dan kami berkomitmen untuk melakukan bagian kami dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan para pemimpin masa depan.”

Sejak tahun 2021, lebih dari 800 pelajar Indonesia telah mengikuti kompetisi FedEx/JA ITC, dengan tiga pelajar menjadi pemenang di Final Regional pada tahun 2021 dan 2023.

FedEx Express adalah pendukung setia kewirausahaan. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana FedEx mendukung bisnis di Indonesia, baca di sini.

Tentang FedEx Express / Junior Achievement International Trade Challenge (FedEx/JA ITC)
Dirancang untuk mengembangkan pengetahuan bisnis melalui praktik kerjasama tim dan materi pembelajaran di kelas, program FedEx Express/JA terdiri dari dua kegiatan utama – International Trade Workshop dan International Trade Challenge. Untuk mengambil bagian dalam FedEx Express/Junior Achievement International Challenge, para siswa dalam tim yang terdiri dari dua orang harus mengembangkan produk atau layanan tertentu dan menciptakan strategi untuk memasuki pasar internasional yang orisinil untuk negara yang ditentukan. Melalui proses ini, para siswa mendapatkan pengalaman langsung tentang peran perdagangan dunia, distribusi produk, dan penjualan dalam lingkungan pasar. Selain kerja sama tim, para siswa/i yang berpartisipasi mempelajari dasar-dasar evaluasi risiko dalam dunia bisnis dan mendapatkan kepercayaan diri dalam kemampuan analisis mereka.

Tentang FedEx Express
FedEx Express adalah salah satu perusahaan transportasi ekspres terbesar di dunia, yang menyediakan pengiriman cepat dan andal ke lebih dari 220 negara dan wilayah. FedEx Express menggunakan jaringan udara dan darat global untuk mempercepat pengiriman kiriman yang sensitif terhadap waktu.

Tentang JA Indonesia
Junior Achievement (JA) Indonesia adalah sebuah LSM internasional yang melayani generasi muda dengan menyediakan edukasi gratis seputar karir, keuangan ekonomi, kewirausahaan, literasi digital untuk remaja, guna mengembangkan kemampuan mereka dan membantu mereka menjadi anggota masyarakat yang sukses. JA Worldwide dinobatkan sebagai LSM anak muda paling berpengaruh di dunia, mendidik sekitar 12 juta remaja setiap tahun, dan telah dinominasikan untuk mendapatkan penghargaan Nobel Peace Prize selama dua tahun berturut-turut.

Baca Juga: FedEx Buka Kantor Pusat Regional Baru di Singapura

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved