July
08
2022
     18:46

Pelindo dan ASDP Kolaborasi Tingkatkan Layanan Kepelabuhanan

 Pelindo dan ASDP Kolaborasi Tingkatkan Layanan Kepelabuhanan
ILUSTRASI. Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Direktur Utama Pelindo, Arif Suhartono dan Direktur Utama ASDP, Ira Puspadewi yang disaksikan oleh Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) / Pelindo berkolaborasi dengan PT ASDP Indonesia Ferry (ASDP) dalam upaya peningkatan pelayanan jasa kepelabuhanan serta pemanfaatan aset. Aksi korporasi tersebut diwujudkan melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Direktur Utama Pelindo, Arif Suhartono dan Direktur Utama ASDP, Ira Puspadewi yang disaksikan oleh Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi. Selain itu, ASDP juga menjalin kerjasama dengan PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero).

“Ini merupakan sinergi yang baik dari tiga BUMN. Dimana ketiganya memiliki mandat yang tidak ringan, untuk melayani baik penumpang maupun barang ke pulau-pulau sampai ke pelosok wilayah Indonesia,” ujar Menhub.

Menhub berharap melalui kolaborasi ini, pergerakan penumpang maupun barang dapat semakin efisien dan memberikan nilai tambah bagi masyarakat.  

“Kita ingin ada kegiatan end to end yang baik. Pelni memiliki rute kapal sampai ke Papua, nanti ASDP yang meneruskannya sampai ke titik akhir. Kemudian, Pelindo memiliki pelabuhan yang memberikan dukungan kepada Pelni dan ASDP. Kita ingin semua kegiatan supply chain ini berjalan dengan baik,” tutur Menhub.

Sebelumnya, pada arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1443H/2022 lalu, Pelindo turut mendukung program Pemerintah dengan menjadikan Pelabuhan Ciwandan, Banten dan Pelabuhan Panjang, Lampung sebagai pelabuhan alternatif untuk aktivitas mudik guna mengurai kepadatan jalur penyeberangan Merak-Bakauheni.  

“Menindaklanjuti hal tersebut, kami menyepakati pemanfaatan dermaga Pelindo khususnya Pelabuhan Ciwandan dan Pelabuhan Panjang sebagai alternatif untuk mengantisipasi arus Lebaran, Nataru dan kebutuhan lainnya sesuai arahan Pemerintah yang secara formal dituangkan dalam MoU ini,” lanjut Arif.    

Sedangkan terkait pemanfaatan aset, rencananya diimplementasi pada Hak Pengelolaan Lahan (HPL) dari Pelindo di Pelabuhan Tanjung Perak dan Pelabuhan Bitung oleh ASDP, yang kedepan akan dilakukan pengembangan lanjutan sehingga mampu memberikan manfaat yang optimal.    

"Kami berharap rencana kerja sama ini dapat segera berlanjut ke tahap PKS, dan selain dapat mendukung kelancaran layanan penyeberangan dan pelabuhan bagi masyarakat, tetapi juga meningkatkan keunggulan layanan baik dari ASDP dan Pelindo," tutur Ira.

Disamping kerjasama di atas, Pelindo dan ASDP juga memiliki kolaborasi pelayanan jasa kepelabuhanan di wilayah timur Indonesia seperti Pelabuhan Waingapu – Pulau Sumba dan Pelabuhan Ende – Pulau Flores, dimana ASDP menggunakan Pelabuhan dari Pelindo untuk mendukung kegiatan dari ASDP.

“Sebagai partner yang sinergis, tentunya Pelindo siap mendukung berbagai kebutuhan operasional ASDP yang tidak terbatas pada kegiatan pelayanan kepelabuhanan, tetapi juga pada pelayanan kapal, bongkar muat, maupun penjualan tiket dan lainnya di Pelabuhan-Pelabuhan yang kami kelola,” tutup Arif.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved