November
29
2022
     21:45

Operasional IPC TPK Catat Peningkatan yang Signifikan

Operasional IPC TPK Catat Peningkatan yang Signifikan
ILUSTRASI. Kegiatan bonngkar muat peti kemas di IPC TPK.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Pasca pengalihan pemegang saham dari PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) ke Subholding Pelindo Terminal Petikemas, hingga bulan Oktober 2022 IPC Terminal Petikemas mencatat peningkatan layanan petikemas sebesar 6,13% year on year dibanding kinerja di tahun sebelumnya. Sementara arus petikemas Indonesia pada triwulan III 2022 mengalami peningkatan hanya 2%.

“Peningkatan demi peningkatan terus kita wujudkan demi memberikan pelayanan yang terbaik bagi para pelanggan dalam rangka memberikan nilai tambah bagi para pemangku kepentingan. IPC TPK sebagai operator terminal yang di kelola 100% oleh Indonesia, bisa bersaing dengan terminal petikemas yg berafiliasi internasional.” tutur David Sirait, Direktur Utama IPC TPK.

IPC TPK berhasil melayani 2.381.706 TEUs petikemas periode Januari hingga Oktober 2022, dibanding tahun lalu periode yang sama sebesar 2.244.214 TEUs. Pada pelayanan petikemas Internasional, IPC TPK mencatatkan peningkatan 126,72% sementara pelayanan petikemas domestik meningkat 101,91% dibanding tahun sebelumnya. Hal ini menandakan kinerja operasi IPC TPK mengalami peningkatan secara signifikan.

Upaya peningkatan kinerja IPC TPK terus dilakukan diantaranya dengan memberikan pelayanan yang lebih kepada para pelanggan seperti Berthing on Arrival, ketika kapal tiba bisa langsung sandar di terminal selanjutnya kinerja bongkar muat yang baik dan kapal bisa langsung berlayar tidak lebih dari satu jam setelah selesai bongkar muat sehingga membuat waktu kapal di pelabuhan semakin efisien.

Hal ini sejalan dengan arahan Arif Suhartono, Direktur Utama Pelindo untuk fokus pada pemangkasan waktu Port Stay dan Cargo Stay di Pelabuhan. Dari pelayanan yang baik itu IPC TPK juga di percaya oleh Shipping Line untuk melayani 10 layanan baru baik feeder maupun pelayaran langsung atau Direct Call.

Sepanjang tahun 2022, pelayanan bongkar muat petikemas IPC TPK ini mendapatkan 18 penghargaan dari 9 ajang penganugerahan di dalam hingga luar negeri. Pada awal November 2022, IPC TPK raih penghargaan Port Operator of The Year pada ajang Bisnis Indonesia Logistics Awards (BILA) 2022.

Penghargaan Internasional juga belum lama ini diraih IPC TPK, dengan memboyong penghargaan Customer Value Creator Port/Terminal of The Year 2022 pada ajang The Sixth Global Ports Forum Awards 2022 yang diselenggarakan di Dubai bulan September 2022 lalu.

Baca Juga: IPC TPK Jadi Operator Terminal Petikemas Terbaik di Ajang BILA 2022

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved