September
07
2023
     11:51

Mulai 7 September 2023, Proyek KM 10 Jalan Tol Pondok Aren-Serpong Difungsionalkan

Mulai 7 September 2023, Proyek KM 10 Jalan Tol Pondok Aren-Serpong Difungsionalkan
ILUSTRASI. Proyek pembangunan tidak sebidang Ramp Junction Serpong dengan Exit Ramp Pamulang (Weaving) KM 10 Jalan Tol Ruas Pondok Aren-Serpong siap difungsionalkan mulai 7 September 2023.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Proyek pembangunan tidak sebidang Ramp Junction Serpong dengan Exit Ramp Pamulang (Weaving) KM 10 Jalan Tol Ruas Pondok Aren-Serpong yang diinisiasi oleh PT Bintaro Serpong Damai (BSD) anak usaha dari PT Margautama Nusantara (MUN) siap difungsionalkan pada 7 September 2023, setelah memenuhi persyaratan fungsional dari Bina Marga dan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Pengguna Tol BSD dari Arah Bandara, Kunciran/Pamulang/Cinere menuju ke Serpong/Serbaraja/Aeon Mall dapat langsung merasakan manfaat dari proyek ini.

Purwoto, Direktur Utama PT Bintaro Serpong Damai (BSD) mengungkapkan, “Proyek KM 10 Tol BSD ini merupakan bentuk kontribusi kami dalam meningkatkan faktor keselamatan (safety) bagi para pengguna jalan, khususnya saat pengendara menuju ke Arah Exit Ramp Pamulang dan ke Arah Aeon Mall.

Karena, sebelum adanya proyek, terdapat persilangan dari Arah Bandara, Kunciran/Pamulang/Cinere menuju ke Arah Serpong/Serbaraja/Aeon Mall yang berpotensi menimbulkan kecelakaan pada lokasi tersebut.”

Lingkup konstruksi penanganan weaving (persilangan) di KM 10 mulanya merupakan persilangan sebidang yang dapat berpotensi menimbulkan kecelakaan, sehingga kemudian diganti menjadi jalan layang (elevated) sepanjang kurang lebih 1 kilometer (Ramp 1) dan Jalan At Grade (jalan di atas tanah) sepanjang kurang lebih 1,5 kilometer (Ramp 2 dan 3). Untuk itu melalui proyek ini, potensi kecelakaan akibat adanya persilangan kendaraan di Ramp Junction Serpong dengan Exit Ramp Pamulang dapat dihilangkan.

Sejak Maret 2022, Manajemen Tol BSD telah menginisiasi tiga proyek dalam mendukung pembangunan infrastruktur di Wilayah Tangerang Selatan, yakni Proyek Konstruksi Penanganan Banjir di KM 8, Konstruksi tidak sebidang Ramp Junction Serpong dengan Exit Ramp Pamulang (Weaving) KM 10 serta pelebaran jalan pada arteri Exit Ramp Pamulang untuk mengurai kemacetan pada arteri Exit Ramp Pamulang.

Proyek Konstruksi Penanganan Banjir KM 8 Arah BSD telah difungsionalkan sebelumnya pada 24 Februari 2023 untuk arah Jakarta dan 26 Juni 2023 untuk arah BSD. Box culvert telah diganti menjadi jembatan dengan bentang sepanjang 20 meter agar aliran air Sungai Cibenda yang biasanya menggenangi Jalan Tol BSD dapat cepat mengalir.

Selain itu, peninggian jalan untuk kedua ruas juga dilakukan setinggi 2 meter disertai dengan pembangunan kolam retensi di sisi jalan untuk menambah area tampungan air sementara. Sehingga pengguna jalan dapat merasa aman dan nyaman ketika melewati jalan tol, meski dalam kondisi hujan deras untuk kedua arahnya.

Sementara, penataan jalan pada arteri Exit Ramp Pamulang juga telah selesai seluruhnya sejak 31 Juli 2023.  Penataan jalan arteri yang dilakukan yakni pelebaran jalan untuk pembuatan U Turn (putaran) baru untuk mengurai kemacetan akibat adanya konflik lalu lintas yang terjadi. Penataan saluran drainase untuk mencegah terjadinya genangan yang kerap terjadi di musim hujan juga dilakukan disertai dengan penataan trotoar yang mengedepankan ornamen Kota Tangerang Selatan.

Sekilas Mengenai PT Margautama Nusantara & PT Bintaro Serpong Damai
PT Margautama Nusantara (MUN) adalah Bisnis Unit Strategis dari PT Nusantara Infrastructure Tbk (NI), yang bergerak dalam sektor pengelolaan dan pengembangan jalan tol. MUN adalah induk perusahaan dari PT Bintaro Serpong Damai (BSD), PT Makassar Metro Network (MMN) dan PT Jalan Tol Seksi Empat (JTSE).

PT Bintaro Serpong Damai (BSD) yang mulai beroperasi pada 2 Februari 1999 merupakan pemegang konsesi jalan tol sepanjang 7,25 km yang menghubungkan antar daerah Serpong dan Pondok Aren, Jakarta. Jalan Tol Pondok Aren- Serpong merupakan jalan tol yang dibangun dan dilaksanakan oleh BSD dan pengoperasiannya bekerjasama dengan PT Jasa Marga. Saat ini, BSD Tol mempunyai 2 gerbang tol yakni Gerbang Tol Pondok Aren 1 dan Gerbang Tol Pondok Aren 2 yang terdiri dari 7 Gardu tol yang beroperasi (5 gardu GTO dan 2 gardu hybrid).

Baca Juga: Nusantara Infrastructure (META) Catat Serapan Capex Rp 447 Miliar di Semester I-2023

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved