May
20
2024
     17:22

MIND ID Perkuat Upaya Efisiensi Dorong Profitabilitas

MIND ID Perkuat Upaya Efisiensi Dorong Profitabilitas

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - BUMN Holding Industri Pertambangan Indonesia (MIND ID) memperkuat upaya efisiensi operasional bisnis Anggota Holding guna terus semakin memperkuat profitabilitas dalam mendukung penciptaan nilai tambah komoditas tambang Indonesia.

Sekretaris Perusahaan MIND ID Heri Yusuf menerangkan perusahaan sebagai strategic holding memiliki tanggung jawab untuk terus meningkatkan efisiensi produksi kepada seluruh Anggota Holding.

Selain untuk memberi ruang peningkatan profitabilitas, peningkatan efisiensi akan memberi kesempatan bagi perusahaan untuk lebih agaile dalam menghadapi berbagai tantangan industri pertambangan ke depan.

“Efisiensi merupakan ikhtiar kami dalam mengelola tambang negara. Kami konsisten memastikan operasional perusahaan berjalan efektif sehingga dapat menciptakan nilai tambah lebih secara berkelanjutan,” katanya.

Heri menjelaskan, dalam beberapa tahun terakhir, strategi meningkatkan efisiensi operasional terus dijalankan perusahaan.

Kinerja holding secara keseluruhan tetap mampu dijaga pada kondisi yang sehat pada masa pandemi Covid-19 dan bahkan terus menguat di periode pemulihan ekonomi nasional hingga saat ini.

Efisiensi operasional menjadi salah satu program kunci untuk memastikan perusahaan memperoleh keuntungan yang optimal sesuai target.

Di samping itu, MIND ID juga proaktif mendorong Anggota Holding menjalankan sejumlah inisiatif termasuk dalam menjalankan smart mining, menekan biaya tunai operasi hingga menciptakan ekosistem peleburan komoditas tambang yang lebih baik.

Anggota Grup MIND ID, PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) misalnya menciptakan perangkat lunak untuk pengisian data operasi dan komputer satuan kerja. Software tersebut akan meningkatkan efisiensi penginputan data untuk menghindari aktivitas penginputan data berulang.

Selain itu, PTBA memiliki proyek aplikasi SIB dan SIM DLT untuk pengurusan izin bekerja dan penggunaan alat berat di lokasi tambang. Sedangkan INALUM memiliki proyek digitalisasi sistem Human Capital untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi proses pengelolaan SDM di lingkungan kerja.

Proyek digitalisasi berupa aplikasi pun dimiliki PT Timah Tbk berupa aplikasi START yang berguna untuk menyimpan, mengelola, dan melacak dokumen elektronik.
“Efisiensi akan terus menjadi salah satu program kunci kami khususnya dalam menjaga kelangsungan bisnis pertambangan secara berkelanjutan,” tuturnya.

Baca Juga: MIND ID Optimalkan Program TJSL Untuk Pendidikan, Lingkungan, dan UMK Selama 2023

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Tag

Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved