Meski Terus Ekspansi, CLEO Tetap Bagi Dividen Rp 60 Miliar
Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti
KONTAN.CO.ID - PT Sariguna Primatirta Tbk (Tanobel Group) emiten produsen Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) bagian dari Tanobel Group dengan IDX ticker code: CLEO:IJ, terus gencar ekspansi ke berbagai wilayah di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan konsumennya. Meski terus melakukan ekspansi, CLEO tetap membagikan dividen untuk para pemegang sahamnya dengan jumlah total lebih dari Rp60 miliar di tengah kebutuhan investasi penambahan jaringan pabrik dan jaringan distribusi untuk mendukung pertumbuhan yang kuat dan berkelanjutan.
Jumlah dividen yang dibagikan CLEO sekitar 20% dari total laba bersih yang diatribusikan kepada pemilik entitas induk di tahun 2023. Pada tahun 2023 CLEO berhasil mencatatkan kenaikan penjualan bersih sebesar 24,85% menjadi Rp2,09 triliun dari penjualan bersih tahun sebelumnya yang sebesar Rp1,67 triliun.
"Pembagian dividen ini merupakan bagian dari penghargaan dari Perseroan terhadap para pemegang saham yang telah berkenan menginvestasikan dananya pada saham CLEO. Berkat partisipasi dan kepercayaan para pemegang saham, CLEO dapat terus tumbuh berkembang secara berkesinambungan. Kami pastikan, pembagian sebagian laba bersih sebagai dividen ini tidak akan menghalangi kegiatan ekspansi yang terus gencar dilaksanakan," kata Melisa Patricia, CEO dari CLEO.
Dalam rangka terus memperluas jangkauan kepada para pelanggan sekaligus semakin mempersolid kerja tim distribusi, CLEO telah melakukan integrasi vertikal atas supply chain bisnis distribusi yang selama ini dijalankan PT Sentralsari Primasentosa (PT SPS). Integrasi vertikal ini diharapkan akan semakin meningkatkan efektivitas dan efisiensi kerja dari tim distribusi.
Selain itu, tahun ini CLEO akan melebarkan ekspansi di beberapa wilayah di Indonesia, diantaranya dengan membuka tiga pabrik baru, masing-masing ada di Pontianak, Pekanbaru, dan Palu. Dengan demikian, pada akhir 2024 total pabrik milik Perseroan yang beroperasi akan menjadi 35 pabrik. Untuk keperluan ekspansi tersebut, Perseroan telah menganggarkan belanja modal (capex) tahun 2024 sebesar Rp450 miliar.
Sejauh ini, di tahun 2024 perseroan terus menunjukkan kinerja yang positif. Pada kuartal pertama 2024 ini, penjualan bersih Perseroan meningkat 38% YoY, dari Rp455,4 miliar menjadi Rp 626,5 miliar. Sementara laba bersih juga tumbuh signifikan sebesar 92% YoY dari Rp59,9 miliar menjadi Rp115,3 miliar.
Sebagai salah satu Perusahaan Tbk yang senantiasa ingin berkontribusi untuk perekonomian Indonesia, CLEO turut mendukung bisnis UMKM lokal dengan menghadirkan festival kuliner yang diadakan secara tahunan di berbagai wilayah di Indonesia. Tahun ini festival kuliner CLEO diselenggarakan di Semarang pada 25-26 Mei 2024 dengan tema “Murni Rasa Nusantara”.
Festival ini menghadirkan 100 tenant kuliner dan UMKM lokal, serta dimeriahkan dengan acara fun walk dan pembagian doorprize. Festival kuliner serta acara lainnya yang rutin digagas merupakan upaya Perseroan untuk terus memperkenalkan brand CLEO kepada masyarakat.
Tentang PT Sariguna Primatirta Tbk
PT Sariguna Primatirta Tbk dengan identitas Tanobel Group, perusahaan publik yang sahamnya tercatat di Bursa Efek Indonesia sejak tahun 2017 (IDX: CLEO) merupakan produsen Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) pertama di Indonesia yang mendapatkan sertifikat food safety management ISO 22000 : 2005. Pada tahun 2004 Cleo hadir di Indonesia sebagai brand Air Minum dalam kemasan dengan diferensiasi Air Murni dan pembukaan pabrik pertama di Pandaan, Jawa Timur.
Hadir dengan inovasi pertama di Indonesia, yaitu Galon Cleo yang memiliki handle sehingga mudah untuk dibawa dan dipasang ke dispenser. Sejak diluncurkan di tahun 2004, galon CLEO sudah menggunakan bahan baku PET yang bebas dari BPA (Bisfenol A). Galon yang mengandung BPA berbahaya karena dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti kanker, autism, dan lainnya.
Baca Juga: Gelar RUPST, Sariguna Primatirta (CLEO) Tebar Dividen Rp 60 Miliar
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News