August
01
2024
     19:16

McDonald’s Indonesia Hadirkan Inovasi guna Perkuat Tujuan Pembangunan Berkelanjutan

McDonald’s Indonesia Hadirkan Inovasi guna Perkuat Tujuan Pembangunan Berkelanjutan
ILUSTRASI. McDonald?s Ampera berhasil mendapatkan sertifikat Bangunan Gedung Hijau (BGH) Tingkat Madya untuk tahap perencanaan yang diberikan oleh Dinas Cipta Karya, Tata Ruang, dan Pertanahan Provinsi Jakarta.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID -  McDonald’s Indonesia, di bawah naungan PT Rekso Nasional Food, terus memperkuat komitmennya dalam menerapkan prinsip-prinsip keberlanjutan. Selain ditujukan untuk memberikan dampak positif terhadap lingkungan, komitmen ini juga merupakan wujud kontribusi McDonald’s Indonesia dalam mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/ SDGs) yang dicanangkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan sejalan dengan agenda Pemerintah Indonesia, yakni penurunan sampah plastik dan nol emisi karbon pada 2060.

Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) adalah serangkaian tujuan yang ditetapkan pada tahun 2015 guna mencapai kehidupan yang lebih baik dan lebih berkelanjutan bagi semua orang di planet ini. Terdiri dari 17 tujuan, SDGs dimaksudkan untuk mengakhiri kemiskinan, melindungi planet, dan memastikan kesejahteraan bagi semua.

McDonald’s Indonesia telah melakukan berbagai aksi nyata untuk mendukung tercapainya Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), khususnya tujuan ke-12 tentang ‘Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab’ dan tujuan ke-13 tentang ‘Penanganan Perubahan Iklim’, melalui sistem operasional, skala bisnis, dan kolaborasi dengan berbagai pihak.

Ronni Rombe, Director of Supply Chain & QA PT Rekso Nasional Food menyampaikan, “Sebagai perusahaan asli Indonesia, PT Rekso Nasional memiliki peluang besar untuk memberikan dampak nyata terhadap pembangunan berkelanjutan melalui operasional bisnis kami.

Melalui keberadaan lebih dari 300 restoran McDonald’s di seluruh Indonesia, belasan ribu tenaga kerja lokal, dan puluhan mitra pemasok lokal, kami yakin berbagai upaya yang kami lakukan dapat memberikan kontribusi positif untuk mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Supaya memberikan dampak yang lebih besar, kami ingin mengajak semua pihak untuk bersama-sama berkontribusi demi masa depan dan lingkungan yang lebih baik.”

Berkenaan dengan upaya mendukung tercapainya Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) ke-12 yang berkaitan dengan ‘Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab’, sejalan dengan target pemerintah mengurangi sampah plastik, McDonald’s Indonesia telah melakukan berbagai perubahan kebijakan yang signifikan.

Restoran cepat saji keluarga yang telah beroperasi lebih dari 30 tahun di Indonesia ini telah mengurangi penggunaan kemasan plastik sekali pakai dan beralih kepada kemasan kertas bersertifikat Forest Stewardship Council (FSC) yang lebih memperhatikan lingkungan hidup. Contohnya dengan mengurangi penggunaan sedotan plastik dan menggantinya dengan tutup kemasan yang disegel (sealer) untuk minuman yang dibawa pulang (takeaway, Drive Thru, dan delivery).

Langkah McDonald’s Indonesia untuk mengurangi penggunaan kemasan plastik ini sukses mendapat apresiasi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia. Pada tahun 2020, McDonald’s Indonesia menerima penghargaan untuk kategori produsen yang berinisiatif mengurangi sampah dan telah mencapai pengurangan sampah plastik sebanyak 470 ton pada 2019.

Selain kemasan, McDonald’s Indonesia juga menunjukkan komitmennya terhadap pembangunan berkelanjutan melalui pemilihan bahan baku dan pengelolaan limbah. Salah satunya adalah penggunaan minyak sawit di restoran yang sudah disertifikasi dan memenuhi ketentuan lingkungan hidup.

Pengolahan minyak goreng bekas pun juga menjadi perhatian, yakni dengan mengubah minyak goreng bekas tersebut menjadi sumber energi terbarukan (biodiesel) yang sudah disertifikasi oleh pemerintah, sehingga tidak menyebabkan pencemaran lingkungan apabila dibuang begitu saja ataupun dijadikan pakan ternak apalagi dikonsumsi manusia.

Sementara untuk mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) ke-13 yang berkaitan dengan ‘Penanganan Perubahan Iklim’ dan sejalan dengan target pemerintah menuju nol emisi karbon pada 2060, McDonald’s Indonesia telah mengimplementasikan berbagai fasilitas dan inisiatif ramah lingkungan di sebagian besar restorannya. Beberapa inisiatif tersebut meliputi:

Pemasangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di beberapa restoran sebagai sumber energi terbarukan, seperti di McDonald’s Boulevard Barat, McDonald’s Ampera, dan McDonald’s Kemang,

Penggunaan lampu LED di semua restoran McDonald’s Indonesia untuk menghemat energi dan ramah lingkungan,

Pemasangan perangkat sanitasi hemat air (sanitary fixture) untuk mengurangi konsumsi air,

Penyediaan Stasiun Pengisian Daya Kendaraan Listrik Umum (EV charging) untuk motor dan mobil di beberapa restoran demi mendukung penggunaan kendaraan ramah lingkungan, seperti di McDonald’s Artha Gading, McDonald’s Alam Sutera, McDonald’s Puri Indah, McDonald’s Ampera, dan McDonald’s Ciputra International, dan

Efisiensi rute pengiriman bahan baku dari supplier ke restoran sebagai langkah untuk mengurangi emisi karbon.

Hadirkan McDonald’s Ampera, Restoran Pertama Bersertifikat Bangunan Gedung Hijau

Salah satu aksi nyata dari keseluruhan komitmen McDonald’s Indonesia terhadap pembangunan berkelanjutan adalah dengan meresmikan restoran terbarunya di Jalan Ampera, Jakarta Selatan, pada 21 Juni 2024 lalu. McDonald’s Ampera berhasil mendapatkan sertifikat Bangunan Gedung Hijau (BGH) Tingkat Madya untuk tahap perencanaan yang diberikan oleh Dinas Cipta Karya, Tata Ruang, dan Pertanahan Provinsi Jakarta.

Sertifikasi BGH pada McDonald’s Ampera merupakan sertifikasi pertama yang dilakukan untuk gerai Food and Beverage (FnB) dan Bangunan Gedung nonpemerintah di Jakarta. Bangunan restoran ini diharapkan dapat menghemat energi minimal 25%, sesuai target kinerja BGH yang ditetapkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Perencanaan McDonald’s Ampera yang menempati lahan seluas 3.478 meter persegi ini juga telah mematuhi Peraturan Menteri PUPR Nomor 21 Tahun 2021 tentang Penilaian Kinerja Bangunan Gedung Hijau.

Director of Store Development Group PT Rekso Nasional Food, Ratna Wirahadikusumah, mengatakan “Sebagai perusahaan sepenuhnya yang dimiliki oleh pengusaha Indonesia dan dikembangkan oleh tenaga kerja lokal, kami menaruh perhatian tinggi terhadap lingkungan tempat kami beroperasi. Restoran McDonald’s di Jalan Ampera dibangun sebagai wujud nyata komitmen kami terhadap pembangunan berkelanjutan.

Kami senang dan tentu bangga bahwa komitmen tersebut telah mengantarkan McDonald’s Ampera menjadi restoran cepat saji pertama yang mendapatkan sertifikat Bangunan Gedung Hijau Tingkat Madya untuk tahap perencanaan. Ini merupakan langkah awal yang ke depannya kami harapkan dapat diimplementasikan ke banyak restoran McDonald’s Indonesia lainnya.”

Menariknya, selain ramah lingkungan, McDonald’s Ampera juga menerapkan konsep interior dan eksterior terbaru yang menekankan pada desain ekonomis dan berorientasi pada keluarga lewat beragam pilihan furnitur yang memberikan kesan menyenangkan, nyaman, dan unik. Selain itu, McDonald’s Ampera juga menghadirkan area bermain anak outdoor pertama di Indonesia yang lima kali lebih luas dibandingkan area bermain indoor di restoran McDonald’s Indonesia pada umumnya.

Direktur Bina Teknik Permukiman dan Perumahan Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR,  Dian Irawati, mengungkapkan apresiasinya terhadap komitmen PT Rekso Nasional Food dalam mengimplementasikan konsep bangunan gedung hijau untuk McDonald’s Ampera.

“McDonald’s Indonesia telah melewati proses yang panjang demi mendapatkan sertifikat Bangunan Gedung Hijau ini, di antaranya penilaian kinerja bangunan yang mencakup beberapa aspek, yaitu pengelolaan tapak, efisiensi penggunaan energi, efisiensi penggunaan air, kualitas udara dalam ruang, pengelolaan sampah, pengelolaan air limbah, dan penggunaan material ramah lingkungan.

Sertifikat ini telah menjadi wujud nyata komitmen McDonald’s Indonesia terhadap pembangunan berkelanjutan dan merupakan bukti bahwa sektor swasta dapat berperan aktif dalam mendukung kebijakan pemerintah terhadap pelestarian lingkungan.”

“Kami berharap inisiatif ini dapat memacu industri lain untuk turut serta dalam upaya pelestarian lingkungan. Kontribusi seperti ini sangat penting dalam mendukung target pemerintah menuju nol emisi karbon pada 2060,” tutup Dian.

Tentang McDonald’s Indonesia

Lisensi McDonald’s Indonesia dimiliki oleh PT Rekso Nasional Food (RNF), salah satu anak perusahaan Rekso Group. Pada tahun 2009, PT Rekso Nasional Food menandatangani Master Franchise Agreement dengan McDonald’s International Property Company (MIPCO) yang memberikan izin untuk mengoperasikan semua restoran dengan brand McDonald’s dan membuka restoran baru di seluruh Indonesia. RNF adalah McDonald’s Indonesia.

Di bawah manajemen RNF, McDonald’s Indonesia akan mewujudkan komitmennya untuk melakukan pengembangan restoran ke berbagai wilayah di Indonesia. Dengan lebih dari 300 restoran yang tersebar di seluruh Indonesia hingga saat ini, RNF berharap McDonald’s Indonesia dapat menyuguhkan pelayanan yang terbaik bagi konsumen, menghadirkan kualitas makanan terdepan, serta memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat Indonesia.

Baca Juga: McDonald’s Indonesia Gelar Kelas Menulis Bersama 15 Komunitas Taman Bacaan se-Jakarta

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Tag

Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved