May
22
2022
     08:30

Mastercard Gandeng Ayoconnect Dorong Inklusi Keuangan Lewat Open Banking

Mastercard Gandeng Ayoconnect Dorong Inklusi Keuangan Lewat Open Banking
ILUSTRASI. Mastercard

Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Mastercard melakukan kerjasama dengan platform Open Finance Ayoconnect untuk meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia.

Seperti diketahui, jumlah pengguna internet di Indonesia yang mencapai 202 juta orang atau 73%  dari total penduduk pada 2020.

Berdasarkan Survei We Are Social pada April 2021, sebanyak 88,1% pengguna internet di Indonesia memakai layanan e-commerce untuk membeli produk tertentu, tertinggi di dunia.

Sayangnya, jumlah tersebut tidak sebanding dengan jumlah transaksi digital yang dilakukan masyarakat. Hal ini diakibatkan oleh rendahnya literasi finansial, tingkat penghasilan, dan modal bagi UMKM terutama di area non-urban. Dengan begitu, dibutuhkan solusi yang bisa meningkatkan inklusi keuangan.

Melalui jaringan embedded finance Ayoconnect, Mastercard menghadirkan insentif bagi masyarakat Indonesia untuk melakukan pembayaran tagihan di platform online. Kategori transaksi ini dipilih sebagai sasaran program karena dinilai dapat menyentuh seluruh lapisan masyarakat.

Baca Juga: Kerjasama Segitiga Antara KoinWorks, Bank BNI dan MasterCard

Pasalnya, Survei Nasional BPS di tahun 2021 menyatakan pengeluaran untuk tagihan rutin berkontribusi terhadap 24% pengeluaran rata-rata per kapita sebulan masyarakat Indonesia.

Insentif disalurkan melalui diskon senilai hingga Rp 50.000 untuk pembayaran 10 kategori produk digital dan produk tagihan di lima platform e-commerce dan dompet digital di Indonesia. Sepuluh kategori produk digital dan produk tagihan tersebut meliputi pulsa, paket data, listrik, air, internet, tv kabel, telepon, voucher game, BPJS Kesehatan, dan voucher digital.

Platform yang sudah berpartisipasi pada program ini adalah JD.ID dan DANA. E-commerce lain juga direncanakan untuk bergabung hingga akhir periode diskon pada Juni 2022.

Jakob Rost, CEO & Founder Ayoconnect mengatakan, kolaborasi yang terjalin antara Mastercard, e-commerce, dan dompet digital merupakan suatu sinergi yang dibutuhkan untuk menghadirkan pengalaman bertransaksi yang aman dan memudahkan pelanggan.

“Ayoconnect bangga dapat berperan menjembatani kerja sama antara Mastercard dengan lima platform e-commerce dan dompet digital melalui jaringan open banking kami. Ke depannya, kami akan terus menghadirkan inovasi untuk membangun infrastruktur teknologi finansial sebagai salah satu pilar pendukung pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia.” kata Jacob dalam keterangannya, Sabtu (21/5).

Baca Juga: Mastercard dan Nexo Kongsi, Terbitkan Kartu Kredit Pertama di Dunia Didukung Kripto

Navin Jain, Country Manager Indonesia Mastercard, mengatakan, kolaborasi dengan Ayoconnect bertujuan untuk menyediakan akses ke layanan perbankan digital yang dapat memenuhi kebutuhan konsumen di era digital.

Melalui kolaborasi ini, konsumen akan dapat melakukan pembayaran tagihan mereka dengan aman dan nyaman melalui platform daring. “Mastercard percaya bahwa digitalisasi sistem pembayaran akan dapat meningkatkan kecepatan dan efisiensi dari transaksi, sehingga mempercepat pertumbuhan ekonomi dan inklusi keuangan di Indonesia.” pungkasnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved