December
11
2023
     22:06

Manfaatkan Harbolnas, Mendag Zulkifli Hasan Ajak Konsumen Belanja Produk UMKM

Manfaatkan Harbolnas, Mendag Zulkifli Hasan Ajak Konsumen Belanja Produk UMKM
ILUSTRASI. Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan melakukan live shopping bersama pelaku UMKM di platform Shopee, Jakarta, Senin (11 Des).Live shopping tersebut dilakukan dalam rangka menyambut Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2023 pada setiap tanggal 12 Desember.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan kembali mengajak masyarakat memanfaatkan Hari Belanja Nasional (Harbolnas) untuk berbelanja produk lokal, khususnya produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Pemerintah berharap UMKM semakin banyak bergabung ke platform niaga elektronik (e-commerce) agar semakin luas pemasarannya. Saat ini, pelaku UMKM sudah mulai merambah platform niaga elektronik dan mendapatkan berbagai macam manfaat terutama pasar yang semakin besar. Puncak Harbolnas diselenggarakan pada Selasa (12/12).

Hal ini disampaikan Mendag Zulkifli Hasan usai kegiatan 'Live Shoping Bareng UMKMHARBOLNAS 2023' di Jakarta, pada Senin (11/12). Pada acara ini, Mendag Zulkifli Hasan juga berdialog dengan pelaku UMKM yaitu, Gosisonline dan Mukhayla Shoes.

"Besok puncak Harbolnas mulai jam 12.00 malam sampai jam 12.00 malam hari berikutnya. Banyak produk UMKM yang bagus dengan harga ekonomis," ujar Mendag Zulkifli Hasan.

Dalam kegiatan tersebut, Mendag Zulkifli Hasan menyebut, perekonomian Indonesia ditopang oleh UMKM dengan kontribusi mencapai 60 persen dari produk domestik bruto (PDB) Indonesia. "Jadi UMKM sangat menentukan perekonomian Indonesia. Kuncinya UMKM maju, ekonomi maju," tegasnya.

Mendag Zulkifli Hasan menyatakan pelaku UMKM yang bergabung di lokapasar (marketplace) akan berkesempatan untuk mendapatkan pelatihan seperti pengemasan, peningkatan kualitas, dan pemasaran produk.

"Melalui e-commerce produk UMKM Indonesia bisa menembus pasar di manapun. Untuk itu, UMKM ayo ikut e-commerce," tambah Mendag Zulkifli Hasan.

Harbolnas 2023 dilaksanakan selama tiga hari, yang terdiri dari Hari Belanja Online Produk Nasional dilaksanakan pada 10--11 Desember 2023 dan puncaknya Harbolnas pada 12 Desember 2023. Kegiatan ini diikuti pelaku usaha yang berdagang melalui platform digital, dengan menyediakan berbagai bentuk fasilitas ruang promosi barang dan/atau jasa, khususnya produksi dalam negeri.

Baca Juga: Road to Harbolnas 2023, Momentum Bangga, Beli dan Pakai Buatan Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Tag

Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved