September
04
2024
     13:32

Mandiri Sekuritas Proyeksikan IHSG Lebih Kuat di Akhir 2024

Mandiri Sekuritas Proyeksikan IHSG Lebih Kuat di Akhir 2024
ILUSTRASI. PT Mandiri Sekuritas (Mandiri Sekuritas) pada 28 Agustus 2024 lalu menaikkan proyeksi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) akhir tahun 2024 menjadi 7.800 dengan bull case mencapai 8.000.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - PT Mandiri Sekuritas (Mandiri Sekuritas) pada 28 Agustus 2024 lalu menaikkan proyeksi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) akhir tahun 2024 menjadi 7.800 dengan bull case mencapai 8.000. Sebelumnya proyeksi Mandiri Sekuritas adalah 7.460 dengan bull case 7.640. Hal ini setelah memperhitungkan penurunan suku bunga The Fed dan BI yang lebih agresif.

Head of Equity Analyst and Strategy Mandiri Sekuritas, Adrian Joezer mengatakan,”Kuatnya imbal hasil lebih lanjut akan menjadikan IHSG sebagai kelas aset yang menarik saat ini dengan pendapatan 8% dan imbal hasil dividen 5%. Dengan membaiknya cakupan pasar dan revisi laba yang positif baik pada saham-saham berkapitalisasi besar maupun menengah, IHSG masih tetap menarik, terutama mengingat menguatnya nilai tukar Rupiah pada kuartal ini.

Di antara proksi yang sensitif terhadap tingkat suku bunga (rate sensitive proxies), posisi tetap ringan di sektor consumer cyclicals (retail, otomotif, teknologi), serta towercos.”

“Kami memproyeksikan IHSG bisa mencapai 7.800-8.000 pada akhir tahun 2024. Mandiri Sekuritas menaikkan target IHSG dari 7.460 karena kami menaikkan asumsi penurunan suku bunga The Fed dari 25bps menjadi 50-75bps, dengan penurunan suku bunga BI yang lebih agresif yaitu sebesar 50bps, bukan 25bps.

Pasar kini mengabaikan penurunan suku bunga Fed sebesar 100bps tahun ini, yang masih bisa berubah. Valuasi IHSG, khususnya saham-saham big caps, masih tergolong murah. Meskipun imbal hasil INDOGB10Y telah menurun dari 7,2% menjadi 6,6%, penurunan lebih lanjut ke level rendah -6% dan <6% akan menjadikan IHSG sebagai kelas aset yang menarik di dalam negeri, mengingat imbal hasil pendapatan 8% dan imbal hasil dividen 5%,” jelas Adrian.
 
Market breadth juga membaik tidak seperti pada tahun 2023 ketika 4 bank besar menjadi penggerak indeks, revisi pendapatan, dan arus asing. Perusahaan berkapitalisasi besar maupun berkapitalisasi kecil-menengah SMID mengalami peningkatan rasio revisi EPS dalam dua bulan terakhir. Sementara apresiasi rupiah sebesar 5% pada kuartal ini dan stabilnya penurunan harga batu bara year-on-year  akan membalikkan pertumbuhan year-on-year pada EBIT korporasi eks-bank menjadi positif.
 
Penguatan rupiah juga akan meningkatkan ruang bagi pelonggaran kebijakan dalam negeri, seperti penurunan suku bunga yang diperkirakan sebesar 50 bps tahun 2024 dan ekspansi likuiditas dibandingkan dengan Semester 1 2024. Hal ini akan berdampak positif terhadap biaya dana bank, dan juga bagi perusahaan yang memiliki leverage tinggi.
 
Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja (APBN) tahun 2025, dengan pertumbuhan pendapatan yang lebih kuat sebesar 6,9% dan pertumbuhan belanja yang lebih lambat sebesar 5,9%, menghasilkan defisit fiskal yang lebih rendah dari perkiraan sebesar 2,5%, menguntungkan bagi obligasi dan rupiah.

Meskipun proksi konsumsi beberapa saham tetap menjadi pilihan utama karena adanya jaring pengaman sosial yang mendukung, kehati-hatian fiskal menjadi pertanda baik bagi kuatnya nilai tukar rupiah, yang mendukung proksi pendapatan menengah ke atas, yang didorong oleh potensi diskresi pemulihan belanja.

Rencana kenaikan PPN dan reformasi perpajakan dapat menimbulkan hambatan pertumbuhan jangka pendek namun diperkirakan akan memperbaiki rasio pajak dan kekuatan ekonomi dalam jangka menengah dan panjang.
 
Reksa dana domestik, berdasarkan data bulan Juli 2024, memiliki posisi yang kuat pada sektor consumer non-cyclicals, infrastruktur, Big-4 Banks, dan properti, telekom, towercos, dan consumer cyclicals yang mendapatkan keuntungan dari penurunan suku bunga dan penguatan rupiah.
 
Tentang PT Mandiri Sekuritas

PT Mandiri Sekuritas (“Mandiri Sekuritas” atau “Perusahaan”) merupakan salah satu investment bank terdepan di Indonesia, anak perusahaan dari Bank Mandiri. Didirikan di Jakarta, pada 31 Juli, 2000, Mandiri Sekuritas menyediakan layanan sekuritas yang komprehensif, yaitu Underwriting, Advisory, Brokerage bagi nasabah korporasi, institusi dan retail melalui jalur distribusi konvensional dan digital. Dengan pengalaman lebih dari 23 tahun, Mandiri Sekuritas kini didukung oleh 2 anak perusahaannya, yaitu: PT Mandiri Manajemen Investasi (Mandiri Investasi) dan Mandiri Securities Pte. Ltd. (Mandiri Securities Singapore).

Bersama dengan anak-anak perusahaannya, Mandiri Sekuritas menyediakan produk dan layanan yang inovatif dengan jejak keahlian yang telah terbukti, termasuk Research Team yang profesional dan berpengalaman baik untuk bidang makroekonomi, saham maupun obligasi, serta dukungan teknologi informasi terkini, dan implementasi pengelolaan risiko yang menerapkan prinsip kehati-hatian.

Mandiri Sekuritas telah menerima berbagai penghargaan nasional dan internasional, diantaranya:
“Best Investment Bank 2011-2024” dari FinanceAsia
“Best Broker in Indonesia 2015-2022” dari Finance Asia
“Best DCM House in Indonesia 2018-2021, 2023, 2024 (highly commended)” dari FinanceAsia
“Best ECM House in Indonesia 2016-2018, 2023-2024” dari FinanceAsia
“Best Domestic Brokerage 2010-2023” dari Asiamoney
“Best Brokerage Transformation 2023” dari Asiamoney
“Best Securities House in Indonesia 2022” dari Asiamoney
“Best Corporate & Investment Bank 2019-2021” dari Asiamoney
“Best Equity House in Indonesia 2024” dari Alpha Southeast Asia
“Best Investment Bank and Best M&A House in Indonesia 2024” dari Alpha Southeast Asia
“Best Retail Broker in Indonesia 2024” dari Alpha Southeast Asia
“Best Islamic Finance Sukuk House in Indonesia 2023” dari Alpha Southeast Asia
“Best Local Currency Sukuk in Indonesia 2023” dari The Asset
“Best Corporate Sukuk in Indonesia 2023” dari The Asset
“Indonesia Most Trusted Company 2022 Based on Corporate Governance Perception Index (CGPI)” dari The Indonesian Institute for Corporate Governance (IICG) dan Majalah SWA

Baca Juga: Mandiri Sekuritas Kerek Target IHSG Menjadi 7.800 di Akhir 2024
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved