November
06
2023
     19:09

Mandiri Capital Indonesia & Investible Teken Term Sheet Pendanaan Global Climate Tech

Mandiri Capital Indonesia & Investible Teken Term Sheet Pendanaan Global Climate Tech
ILUSTRASI. Aktivitas karyawan PT Mandiri Capital Indonesia (MCI) di Jakarta, Rabu (29/3). Anak usaha Bank Mandiri ini bergerak di bidang usaha modal ventura atau corporate venture capital yang berfokus pada pembiayaan kepada  startup teknologi finansial potensial. Total aset Mandiri Capital Indonesia (MCI) pada tahun 2022 mencapai Rp 5,8 triliun atau tumbuh 56,9% secara tahunan. (KONTAN/Carolus Agus Waluyo)

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID -  Mandiri Capital Indonesia (MCI) dan Investible telah menandatangani term sheet untuk melakukan kerja sama dalam pengelolaan dana (Co-GP) yang berfokus pada identifikasi dan investasi pada sektor Climate Tech. Sebagai pengelola, MCI merupakan Corporate Venture Capital yang berada di bawah naungan lembaga keuangan terbesar di Indonesia, Bank Mandiri, dan Investible, merupakan perusahaan Venture Capital yang berfokus pada pendanaan tahap awal di wilayah Asia-Pasifik.

Pada pelaksanaanya, Mandiri Investible Global Climate Tech Fund ini akan berkolaborasi, berinvestasi, sekaligus memberikan dukungan kepada startup yang fokus pada sektor Climate Tech di wilayah Asia Tenggara dan Oceania. Rencana pendanaan ini akan didukung oleh jaringan yang kuat antara Australia, Indonesia, Singapura, dan negara-negara lain di kawasan Asia Tenggara, menciptakan peluang inovasi dan investasi untuk solusi perubahan iklim di wilayah tersebut.

Pendanaan ini akan memberikan diversifikasi yang luas, dimana berpotensi meningkatkan keuntungan portofolio investor. Sebanyak 30% dari investasi akan secara eksklusif dialokasikan untuk proyek di Indonesia.

Strategi Climate Tech yang dimiliki oleh Investible telah mengevaluasi lebih dari 3.200 peluang pendanaan di 20 negara sejak tahun 2021, dan berhasil mendanai 19 investasi hingga saat ini. Melalui kolaborasi antara dua perusahaan Venture Capital ini, diharapkan dapat memberikan kontribusi dan mengakselerasi inisiatif Net Zero Emission di Indonesia, Asia Tenggara, dan Australia sekaligus memberikan kontribusi yang signifikan terhadap perubahan masa depan dengan emisi karbon yang lebih rendah.

Sebagai pioneer di pendanaan Climate Tech, pendanaan ini tidak hanya menawarkan investasi di wilayah yang menghadapi permasalahan lingkungan, namun juga ditujukan untuk memenuhi kebutuhan pasar serta mendukung keberlanjutan di wilayah Indonesia, Asia Tenggara dan Australia.

Dengan adanya pertumbuhan pasar Indonesia yang pesat dan lanskap startup yang dinamis, serta adanya dukungan dari Australia dengan keahlian teknologinya, kerja sama antara MCI dan Investible ini diyakini akan mampu menciptakan sinergi yang kuat.

Pendanaan ini memperkuat komitmen Indonesia Impact Fund untuk mendukung upaya menuju emisi net zero. Dalam kerjasama dengan APEC Business Advisory Council (ABAC) dan UNDP, pendanaan ini ditujukan untuk mendukung pertumbuhan berkelanjutan di Indonesia.

Fokusnya adalah pada sektor-sektor esensial yang ditetapkan oleh United Nations, diantaranya adalah: Energy, Transportation, Building & Cities, Industry, Food, Agriculture, and Forest & Land use. Pendanaan ini diharapkan mampu menciptakan kolaborasi untuk mencapai masa depan yang lebih berkelanjutan.

Inisiatif ini mencakup dukungan terhadap Governments' Nationally Determined Contributions (NDCs) yang tercantum dalam Paris Agreement, dimana hal ini memiliki pengaruh yang signifikan dalam membentuk lanskap investasi di sektor Climate Tech. Sejalan dengan hal tersebut, adanya momentum ekonomi makro saat ini juga turut mendorong upaya untuk mencapai target emisi net zero.

“Kami sangat antusias dengan rencana kolaborasi bersama Investible, karena hal ini sejalan dengan kekuatan dan visi kami untuk mencapai masa depan yang berkelanjutan. Dengan memanfaatkan dukungan kuat dari Bank Mandiri Group, MCI akan terus berkomitmen dalam memperkuat ekosistem startup Indonesia.

Pendanaan ini sekaligus menunjukkan dedikasi kami dalam mencari dan mengembangkan inovasi untuk kondisi iklim yang lebih baik. Dengan memanfaatkan relasi yang kuat antara MCI dengan para investor di seluruh Indonesia, kolaborasi ini akan meningkatkan dukungan bagi para perusahaan yang bergerak di sektor Climate Tech untuk mulai menjajaki pasar internasional,” ungkap Dennis Pratistha - Chief Investment Officer Mandiri Capital Indonesia.

Kolaborasi ini juga mendapatkan dukungan dari stakeholder lainnya, yakni APEC Business Advisory Council (ABAC) yang mengapresiasi inisiatif dari MCI dan Investible sebagai kelanjutan dari pendanaan Indonesia Impact Fund.

“Kami begitu antusias dengan rencana kolaborasi ini, hal ini tentu memberikan kami kesempatan untuk membangun landasan yang sebelumnya telah ditetapkan oleh Indonesia Impact Fund (IIF) dengan memperluas portfolio kami ke kawasan Indo-Pasifik. Melalui langkah inovatif ini, kami menyambut dengan antusias untuk melanjutkan upaya yang telah diinisiasi oleh IIF, hal ini merupakan kerja sama kolektif yang kami lakukan demi mencapai masa depan yang berkelanjutan," ungkap Anindya Bakrie - Chairman ABAC.

Pendanaan oleh MCI dan Investible ini membuka peluang bagi investor untuk berkontribusi menangani isu perubahan iklim. Pendanaan ini juga selaras dengan misi menyelesaikan permasalahan lingkungan, sekaligus meningkatkan peluang ekspansi di sektor Climate Tech.

CEO Investible, Rod Bristow, turut menyampaikan antusiasmenya terhadap kerja sama ini. Sebagaimana yang disampaikan "Kami di Investible sangat senang bisa berkolaborasi dengan MCI dan Bank Mandiri Group, dalam Mandiri - Investible Global Climate Tech Fund.

Dalam diskusi ini, MCI sangat memahami peluang yang ditawarkan oleh Investible, mulai dari metodologi yang kami gunakan pada saat melakukan investasi di tahap awal, sekaligus pengalaman Investible sebagai investor di sektor Climate Tech. Kami percaya bahwa pendanaan ini akan menghasilkan kombinasi berkelanjutan antara net zero outcomes dan keuntungan finansial bagi investor,” tutupnya.

Tentang Mandiri Capital Indonesia

PT Mandiri Capital Indonesia (“MCI”) adalah anak perusahaan Bank Mandiri yang bergerak di bidang venture capital yang bertindak sebagai penghubung atau jembatan antara Mandiri Group dan startup untuk memfasilitasi inisiatif inovasi dan sinergi. MCI berkomitmen untuk membangun kemitraan strategis guna mempercepat inovasi dalam ekosistem digital Indonesia. Selain itu, MCI juga berinvestasi pada startup yang memiliki keselarasan inovasi dan sinergi dengan Mandiri Group.

Sejak didirikan pada tahun 2015, MCI telah memfasilitasi investasi dan membina kemitraan antara portfolionya dan juga Mandiri Group. Saat ini, MCI memiliki beberapa pendanaan, yakni Balance Sheet Fund, Merah Putih Fund dan Indonesia Impact Fund. Beberapa nama perusahaan terkemuka yang menjadi bagian dari portofolio MCI saat ini meliputi: AgriAku, Amartha, Ayoconnect, Bukalapak, Cakap, Cashlez, Crowde, FitAja!, GoTo, Greenhope, Halofina, Investree, iSeller, Kecilin, Koinworks, LinkAja, Mekari, PrivyID, PTEN, Qoala, Sinbad, Yokke. Selain itu, MCI juga mendukung startup melalui beberapa program unggulan seperti Xponent untuk kolaborasi dan Zenith untuk akselerasi.

Tentang Investible

Investible merupakan perusahaan venture capital tahap awal yang berbasis di Asia-Pasifik dengan visi untuk mendukung para pemimpin visioner untuk memajukan umat manusia lewat teknologi. Misi kami adalah menghubungkan perusahaan yang inovatif dengan modal, keahlian serta jaringan yang mereka butuhkan untuk mengaktifkan potensi mereka secara global.

Didirikan pada tahun 2014 dengan kantor pusat di Sydney dan Singapura, Investible memiliki pendekatan yang unik terhadap investasi teknologi tahap awal yang melibatkan pendanaan venture capital lintas sektor dan teknologi iklim yang berinvestasi bersama anggota club Investible Portfolio Investible mencakup lebih dari 130 perusahaan tahap awal dan 11 negara dan 20 sektor, termasuk Canva, Ipsy, Car Next Door, Quantum Brilliance, Eden Farm, Applied EV, Renewable Metals dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Mandiri Capital dan Investible Kerja Sama Pendanaan Global Climate Tech

Selanjutnya: Perkuat Distribusi di Sumatera, Segar Kumala (BUAH) Siapkan Cabang di Palembang

Menarik Dibaca: 5 Tips Memilih Foundation untuk Kulit Kuning Langsat, Mudah Moms!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini

BCA Life Pelindung Penyakit Kritis

23 FEBRUARI 2024 / 15:02 WIB

2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved