March
15
2024
     21:15

Mandala Finance dan Prestasi Junior Indonesia Gelar Edukasi Finasial untuk Pelajar

Mandala Finance dan Prestasi Junior Indonesia Gelar Edukasi Finasial untuk Pelajar
ILUSTRASI. Mendukung upaya peningkatan literasi dan inklusi keuangan masyarakat Indonesia, PT Mandala Multifinance Tbk (Mandala Finance) bersama Prestasi Junior Indonesia (PJI) mengimplementasikan program edukasi finansial bagi 332 siswa dari 35 SMA dan SMK di Padang dan Bandar Lampung. Foto: DOK. Mandala Finance dan Prestasi Junior Indonesia

Reporter: Ahmad Febrian | Editor: Ahmad Febrian

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Mendukung upaya peningkatan literasi dan inklusi keuangan masyarakat Indonesia, PT Mandala Multifinance Tbk bersama Prestasi Junior Indonesia (PJI) mengadakan program edukasi finansial bagi 332 siswa dari 35 SMA dan SMK di Padang dan Bandar Lampung. Berlangsung sejak Mei 2023, para siswa belajar membuat keputusan finansial pribadi yang efektif dan berkelanjutan dengan memahami konsep pengelolaan dan perencanaan keuangan secara konvensional dan syariah.

Di akhir pembelajaran, mereka berkompetisi untuk mengampanyekan topik-topik finansial dengan cara yang inovatif dan kreatif melalui beragam platform media sosial. Hasilnya, 317 proyek kampanye literasi keuangan yang dipublikasikan mampu menjangkau lebih dari 1,6 juta generasi muda selama dua bulan.

Regional Business Manager Mandala Finance, Hendri Saputra menjelaskan, pihaknya melihat pengetahuan dan kecakapan finansial setiap individu semakin penting untuk ditanamkan sejak usia sekolah. Hal ini dapat membekali generasi muda dengan kemampuan untuk merencanakan strategi pengelolaan keuangan pribadi yang tepat dan dapat memberikan manfaat ekonomi yang optimal secara jangka panjang.

"Oleh karena itu, kami berharap inisiatif ini dapat mendukung perwujudan generasi muda Indonesia yang terliterasi, terinklusi dan terlindungi secara finansial," terang Hendri, dalam rilis yang diterima Kontan.co.id, Kamis (14/3). 

Baca Juga: Adira Finance Kini Resmi Memiliki 10% Saham MFIN

Plt Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Provinsi Sumatera Barat, Guntar Kumala mengatakan, pemahaman keuangan yang memadai akan meningkatkan kepercayaan diri setiap individu untuk mengambil keputusan dan perilaku finansial yang tepat, termasuk dalam mengakses berbagai layanan keuangan yang tersedia di industri.

"Kondisi tersebut akan mengarahkan mereka untuk mencapai potensi dan kesejahteraan finansial yang lebih baik di masa depan serta secara masif berdampak pada stabilitas pertumbuhan ekonomi masyarakat," ujarnya. 

Academic Advisor and Operations Counsel PJI, Robert Gardiner mengatakan, wawasan dan keterampilan finansial dari program ini menjadi aset yang sangat berharga bagi para siswa yang sesaat lagi memasuki tingkat pendidikan yang lebih tinggi dan segera memperoleh pendapatan sendiri.

"Selain terampil, mereka juga diharapkan memiliki pola pikir untuk selalu membudayakan pengelolaan keuangan pribadi yang sehat, baik untuk diri sendiri, keluarga, dan juga komunitas, hingga mencapai kemapanan dan kemandirian finansial di masa depan," ujarnya. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved