January
31
2023
     22:55

Luncurkan Aquaculture Technology & Development, STP Dorong Produksi Nasional Perairan

Luncurkan Aquaculture Technology & Development, STP Dorong Produksi Nasional Perairan
ILUSTRASI. Ardi Budiono, Direktur Utama STP (kiri) dan Itang Hidayat, Head of ATD (kanan) saat pemotongan tumpeng tanda peresmian layanan terbaru di bidang penelitian dan pengembangan yakni Aquaculture Technology and Development (ATD).

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - PT Suri Tani Pemuka (STP) anak usaha PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JAPFA) hari ini secara resmi meluncurkan layanan terbarunya di bidang penelitian dan pengembangan yakni Aquaculture Technology and Development (ATD). Saat ini, ATD telah memiliki 5 komponen layanan utama yang dirancang untuk mendongkrak produktivitas budidaya akuakultur. Keberadaan ATD selanjutnya diharapkan mampu mendukung unit bisnis JAPFA termasuk para pelanggan STP.

Itang Hidayat, Head of ATD mengungkapkan, “Kami menawarkan solusi terhadap permasalahan budidaya ikan dan udang dengan terobosan teknologi terkini yang mampu menjawab segala kebutuhan pengguna. Demi mewujudkan hal tersebut, kami berkolaborasi dengan sumber daya terbaik di bidang akuakultur serta bekerjasama dengan lembaga pendidikan nasional, seperti IPB University, ITB, Universitas Brawijaya dan juga kerjasama internasional seperti Kindai University di Jepang.”

ATD melakukan pengembangan teknologi akuakultur yang beragam, diantaranya riset dan produksi bahan aditif pakan, produk kimia untuk sterilisasi wadah dan media pemeliharaan, peralatan budidaya, analisis laboratorium, dan desain sistem pemeliharaan. Selain itu, ATD juga memiliki program spatial planning berbasis Geographic Information System (GIS) yang digunakan untuk menguji kelayakan suatu kawasan sebagai unit instalasi pemeliharaan ikan dan udang.

Pada kesempatan yang sama, Ardi Budiono, Direktur Utama STP menyampaikan “Sesuai dengan visi yang diasung STP yakni menjadi perusahaan solusi total di industri akuakultur, kolaborasi ATD dengan unit bisnis kami lainnya dapat menjadi center of excellence. Melalui ATD, kami berharap dapat mendukung kebutuhan unit-unit bisnis STP seperti Aquafeed, Shrimp Hatchery, Shrimp Pond, Fish Hatchery, Fish Pond, Processing Plant serta tidak menutup kemungkinan menawarkan layanan ini ke para pelanggan.”

Tidak hanya berfokus pada pengembangan di sektor perairan, ATD secara umum juga diharapkan dapat berkolaborasi dengan anak usaha JAPFA lainnya, seperti PT Vaksindo Nusantara dalam pengembangan vaksin dan obat-obatan, PT Agrinusa Jaya Sentosa yang bergerak pada penyediaan alat-alat peternakan dan peralatan pendukung lainnya, serta PT Ciomas Adisatwa yang saat ini telah memiliki sejumlah kandang komersil ternak di bidang perunggasan.

“Bersama dengan anak usaha lainnya, ATD berkolaborasi dalam mendukung peningkatan produktivitas budidaya baik bagi internal STP maupun para pelanggan kami. Dengan demikian, kami harap dapat turut andil dalam pencapaian target produksi nasional, utamanya pada sektor akuakultur,” tutup Ardi.

Tentang JAPFA

PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk merupakan perusahaan agribisnis terkemuka di Indonesia yang memiliki lini bisnis produksi pakan ternak, pembibitan unggas, peternakan komersial, pengolahan hasil peternakan dan produk konsumen, budidaya perairan, serta perdagangan dan lain-lain. Diiringi dengan program-program kegiatan sosial yang berkontribusi dalam pengembangan masyarakat, JAPFA terus mendukung pengembangan kualitas hidup, sesuai dengan nilai perusahaan “Berkembang Menuju Kesejahteraan Bersama”

Tentang STP

PT Suri Tani Pemuka merupakan salah satu anak usaha PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk yang fokus pada fokus pada integrasi budidaya perairan. Berdiri tahun 1987, STP memiliki pabrik pakan udang dan ikan, pembenihan dan pembesaran udang dan ikan serta pabrik pengolahan makanan laut. Dengan visi menjadi “Perusahaan Solusi Total di Industri Aquaculture”, STP terus mengedepankan budidaya perairan yang bertanggung jawab dan berkelanjutan bagi pelanggan dan industri budidaya perairan di Indonesia.

Baca Juga: Japfa Comfeed Indonesia Bukukan Pendapatan Ekspor Rp 812 Miliar Sepanjang 2022

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved