September
15
2022
     23:47

LinkAja Mempercepat Adopsi Pembayaran Digital UMKM Indonesia lewat E-Wallet

LinkAja Mempercepat Adopsi Pembayaran Digital UMKM Indonesia lewat E-Wallet
ILUSTRASI. Reza Ari Wibowo, Chief of Finance & Strategy Officer LinkAja bersama dengan Andi Haswidi, Head of ASEAN Research, DealStreetAsia menyampaikan pemaparan riset Indonesia Mobile Payment Review 2022.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Sejak pandemi berlangsung di awal tahun 2020 lalu, sistem pembayaran secara online atau pembayaran seluler menjadi alternatif pembayaran yang semakin banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia karena transaksi tatap muka banyak berkurang yang otomatis mengurangi penggunaan uang tunai.

Dalam rangka mendukung adopsi penggunaan e-wallet, khususnya untuk para pelaku UMKM, LinkAja sebagai salah satu layanan keuangan digital di Indonesia berkolaborasi dengan DealStreetAsia - perusahaan media yang berbasis di Singapura, untuk melakukan riset mengenai penggunaan pembayaran digital seluler Indonesia pada tahun 2022.

Menurut riset e-conomy SEA 2021 yang dirilis oleh Google, Temasek, dan Bain & Co., 1 dari 3 merchants di Asia Tenggara mengaku bahwa tanpa kehadiran platform digital, mereka tidak akan mampu mempertahankan operasi usaha selama pandemi.

Dalam riset tersebut, disebutkan juga bahwa sudah banyak merchants yang merasakan dampak positif dari pengaplikasian platform digital - terutama dari sisi bertambahnya peluang bisnis. Maka dari itu, penerapan platform digital, khususnya dari sisi pembayaran, akan semakin marak ditemui pada merchants - tak terkecuali UMKM.

Berdasarkan hasil riset ‘Indonesia Mobile Payment Review 2022’ yang dilakukan terhadap para pelaku usaha UMKM yang menjalankan usahanya secara offline, 97% responden yang di survei sudah pernah menggunakan setidaknya satu jasa e-wallet dan lebih dari setengah offline merchant - tepatnya sebesar 56% dari pengguna e-wallet baru mulai menggunakan e-wallet untuk pertama kalinya dalam masa pandemi.

Dalam hal peningkatan adopsi pembayaran seluler di antara rata-rata orang Indonesia, 76% responden setuju bahwa memiliki e-wallet sebagai sarana untuk memproses transaksi perannya semakin penting bagi para pelaku bisnis UMKM.

Temuan riset lainnya memperlihatkan bahwa meskipun uang tunai masih menjadi metode pembayaran utama, namun pembayaran secara digital kian menjadi alternatif pembayaran yang paling populer, dimana e-wallet menjadi alternatif pembayaran di luar cash yang paling populer di kalangan UMKM.

Hal ini terlihat dari 23% jumlah responden yang mengatakan bahwa mereka melayani transaksi digital melalui e-wallet dari pelanggan mereka setiap hari, yang mana porsi pembayaran melalui transfer bank sebesar 9% sedangkan porsi pembayaran melalui kartu debit dan tunai sebesar 5%.

Reza Ari Wibowo, Chief of Finance & Strategy Officer LinkAja memaparkan strategi LinkAja untuk tahun 2022 melalui 2-sided business model di sisi B2C atau Customer to Merchant (“C2M”) dan B2B atau Merchant to Merchant (“M2M”), yang akan meningkatkan profitabilitas perusahaan, antara lain disisi C2M melalui low cost user dan use-case yang profitable, dan di sisi M2M melalui fokus di rantai pasok digital dan tradisional, terutama di dalam ekosistem BUMN.

Di dalam ekosistem tradisional, LinkAja telah melakukan edukasi dan aktivasi terhadap para UMKM. Pada tahun 2021, LinkAja berhasil mencatatkan peningkatan kinerja QRIS, yakni 600% kenaikan user dan 280% kenaikan merchants.

“LinkAja juga senantiasa melakukan kolaborasi dengan perusahaan BUMN untuk melakukan digitalisasi pada rantai pasok ekosistemnya dengan menyediakan layanan keuangan (pembayaran dan pembiayaan), sekaligus menjadi penyedia produk digital bagi pelaku UMKM. Sebagai contoh, LinkAja telah melakukan digitalisasi terhadap lebih dari 300.000 warung pulsa di ekosistem tradisional Telkomsel. Digitalisasi rantai pasok ini akan direplikasi ke ekosistem BUMN seperti toko bangunan, agen LPG, dan lain-lain.

Dengan berkolaborasi dengan LinkAja, pelaku UMKM akan mendapatkan manfaat seperti meningkatkan penjualan, menyederhanakan penanganan uang tunai, mendapatkan pembayaran secara langsung dari para pembeli tanpa kasbon, hingga memantau kinerja bisnis mereka,” ujarnya.

Andi Haswidi, Head of Research ASEAN dari DealStreetAsia mengatakan “Riset yang dilakukan ini memberikan banyak masukan penting untuk pengadopsian e-wallet lebih luas lagi di Indonesia terutama di kalangan UMKM, karena kita dapat melihat potensi adopsi e-wallet sebagai salah satu metode pembayaran para pelaku UMKM tersebut.

Selain itu, kita juga dapat melihat apakah penggunaan transaksi e-payment menjadi lebih rutin, serta melihat perkembangan adopsi penggunaan QRIS di LinkAja mengingat QRIS juga menjadi salah satu agenda penting yang terus didukung oleh LinkAja”.

Melalui ekosistem layanan transaksi keuangan elektronik yang terintegrasi lengkap, konsistensi dan komitmen LinkAja dalam upayanya untuk #SatukanPotensiIndonesia semakin terealisasi. Dengan mengoptimalkan seluruh layanan yang diunggulkan oleh setiap BUMN yang merupakan pemegang sahamnya, LinkAja optimis dapat memenuhi kebutuhan transaksi digital yang aman dan nyaman, serta semakin mempercepat proses inklusi keuangan yang merata di Indonesia.

Baca Juga: LinkAja Syariah Konsisten Jadi Layanan Keuangan Digital Syariah di Indonesia

Tentang LinkAja

LinkAja merupakan penyedia jasa pembayaran berbasis server yang merupakan produk andalan dari PT Fintek Karya Nusantara (Finarya) dan telah terdaftar di Bank Indonesia. Berdasarkan Surat Izin Bank Indonesia Nomor 21/65/DKSP/Srt/B yang dikeluarkan pada tanggal 21 Februari 2019, Finarya secara resmi telah mendapat lisensi/izin dari Bank Indonesia sebagai Perusahaan Penerbit Uang Elektronik dan Penyelenggara Layanan Keuangan Digital Badan Hukum. PT Fintek Karya Nusantara juga telah menerapkan Sistem Manajemen Keamanan Informasi ISO/IEC 27001:2013 sebagaimana sesuai dengan sertifikat No IS 733702 yang diterbitkan pada tanggal 24 November 2020.

Finarya merupakan anak usaha dari 10 Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan anak perusahaan BUMN, yaitu PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel), PT Mandiri Capital Indonesia, PT BRI Ventura Investama, PT BNI Sekuritas, PT Jasamarga Toll Road Operator, PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Persero), PT Pertamina Retail (Persero), PT Kereta Commuter Indonesia, PT Asuransi Jiwa IFG dan PT Danareksa Capital, yang berdiri pada tanggal 21 Januari 2019 dalam semangat sinergi nasional. Sebagai anak usaha BUMN, Finarya juga terbuka untuk bersinergi dengan pihak swasta yang memiliki visi dan misi serupa. Di bulan Oktober 2020, Grab Pte.Ltd. resmi menjadi pemegang saham baru Finarya. Pada Maret 2021, PT Dompet Karya Anak Bangsa resmi terdaftar sebagai pemegang saham baru Finarya.

Didukung oleh Telkomsel selaku operator seluler terbesar di Indonesia dan jaringan besar Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) dengan ratusan ribu titik akses transaksi keuangan, keberadaan Finarya sebagai platform sistem pembayaran produk-produk BUMN akan membantu mendorong ekosistem transaksi keuangan non-tunai dan inklusi keuangan yang holistik di Indonesia, dengan fokus pada kebutuhan pembayaran mendasar seluruh kalangan masyarakat Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved